ANALISIS SWOT PENGGUNAAN MEDIA ONLINE INSTAGRAM SEBAGAI ALAT PROMOSI DI CAFE KOPIPAPI JAKARTA SELATAN

  • Joko Edwin Saputra Universitas Nasional, Jakarta
  • Anisa Putri Kusumaningrum Universitas Nasional, Jakarta

Abstract

Media online memainkan peran yang penting dari pengembangan cafe. Di zaman sekarang media online dan suatu sistem aplikasi banyak dimanfaatkan untuk menyampaikan suatu berita yang ada, dan berbagai fungsi aplikasi telah dikembangkan dapat digunakan oleh semua orang melalui koneksi internet. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal berdasarkan analisis SWOT. Rencana penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini membahas hasil yang didapat dari kunjungan langsung, wawancara, dan pengarsipan yang selanjutnya dijadikan sebagai kesimpulan yang relevan dalam rumusan masalah yang ada. Hasil penelitian ini bahwa Cafe Kopipapi memiliki :Strength (S) Harga yang diberikan terjangkau bagi masyarakat, Lokasi yang strategis, Memiliki suasana yang kekinian, Bermitra dengan Instagram, Grab, GoFood, dan Zoomato, Fasilitas yang disediakan cukup baik, Memberikan rasa kopi yang enak. Weakness(W) Kurangnnya Staf, Tidak tersedianya ruang meeting, Promosi hanya dilakukan dimedia social instagram. Opportunities(O) Kemampuan pengembangan membuka inovasi baru dan membuka cafe ditempat lain, Memanfaatkan teknologi untuk memperomosikan produk, Loyalitas pelanggan, Ekonomi yang baik disekitar lokasi cafe, Memanfaatkan pembayaran non tunai yang ada. Threats(T) Adanya persaingan pasar, Adanya peraturan larangan berkumpul seperti saat kondisi covid 19.

References

Amalina Mubarokah, Sri Wahyuni, Mukhamad Zulianto. 2022. “Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Osingdeles).” Pendidikan Ekonomi 16 Nomor 1: 98–104.
Fadly, Hawangga Dhiyaul, and Sutama. 2020. “Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Ecoment Global 5(2): 213–22. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG/article/view/1042.
Jatra, I Made, and Surya Inten Ayu Ida Utami. 2015. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pelanggan Restoran Baruna Sarnur.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis 4(7): 1984–2000.
Firmansyah, Muhammad Anang. 2020. Buku Komunikasi Pemasaran. https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Firmansyah-4/publication/342644678_Buku_Komunikasi_Pemasaran/links/5efe789b299bf18816fcce6a/Buku-Komunikasi-Pemasaran.pdf.
Maghfiroh, Meilinda Fitriani Nur, Dian Janari, Sri Indrawati, and Muhammad Ridwan Andi. 2022. “Analisis SWOT Untuk Digitalisasi Strategi Pemasaran Usaha Kecil Dan Menengah Kerajinan Bambu.” Journal of Appropriate Technology for Community Services 3(2): 1–11.
Mahendra, Bimo, Markerting Communications, and Garda Perdana Security. 2017. “Eksistensi Sosial Remaja Dalam Instgram.” Jurnal Visi Komunikasi 16(01): 151–60. www.frans.co.id.
Nasution, Asrindah. 2021. “Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram.” Jurnal Bisnis Corporate 6(1): 11–18.
Nisak, Zuhrotun. 2013. “Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif.” Academia: 468–76.
Kusumaningrum, Anisa Putri, and Kumba Digdowiseiso. 2009. “Existing Conditions of Tourism Destinations in Indonesia.” : 18541–46.
Rulli Nasrullah, 2016, Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi, Cet.kedua, Simbiosa Rekatama Media, Bandung
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit
Salemba Empat. Jakarta.
Pamela Montung, Jantje Sepang, Decky Adare. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 15(5): 678–89.
Puguh Kurniawan et al. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @Vapormxpku Dalam Meningkatkan Promosi Penjualan.” Jurnal Bisnis Terapan 3(9): 25–32. http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/3533.
Putri, Novia Ayu. 2016. “Desain Strategi Pemasaran Online Pada Fullus Fashion.” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 1(1): 118–27.
Rachmawati, Rina. 2011. “Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan.” Jurnal Kompetensi Teknik 2(2): 143–50.
Rahman, Iik Arif, and Redi Panuju. 2017. “Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fair N Pink Melalui Media Sosial Instagram.” WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 16(2): 214.
Setiawati, Ira. 2017. “Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm.” Strategi Komunikasi pemasaran (20): 1–5. file:///C:/Users/BAYU/Downloads/Documents/263-760-1-PB.pdf.
Shiratina, Aldina et al. 2020. “Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital.” Jurnal Sain Manajemen 2(1): 2685–6972. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index.
Untari, Dewi, and Dewi Endah Fajariana. 2018. “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik).” Widya Cipta 2(2): 271–78. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta.
Gagih Pradini, Frita Pratami. 2022. “DAMPAK BRAND IMAGE, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITASPRODUKTERHADAPLOYALITASCUSTOMERDIOMA KOPIDEPOK.” Syntax Literate 7(8.5.2017): 2003–5.
Ramang H Demolingo, Rafitra Amira Putri, Kumba Digdowiseiso. 2022. “Analisis Efektivitas Iklan Digital Terhadap Minat Pembelian Tiket Masuk Pada Kalangan Generasi Y Dan Z Di Desa Penglipuran Bangli, Bali.” Syntax Literate 7(8.5.2017): 2003–5.
Nugraha, Rizki Nurul. 2019. “Pengaruh Rich Media Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Paket Bulan Madu Bali Kerobokan-Seminyak-Petitenget Di Bulanmadu.Com.” Oikonomia: Jurnal Manajemen 14(1): 63–75.
Soeswoyo, Dina Mayasari, Liliana Dewi, and Putu Swasti Asaparini. 2018. “Promosi Melalui Media Sosial Berbasis Partisipasi Masyarakat Dan Peranannya Dalam Pariwisata Kota.” Jurnal Pariwisata 5(2): 156–64.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2022-12-10
How to Cite
Saputra, J., & Kusumaningrum, A. (2022). ANALISIS SWOT PENGGUNAAN MEDIA ONLINE INSTAGRAM SEBAGAI ALAT PROMOSI DI CAFE KOPIPAPI JAKARTA SELATAN. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(3), 1802-1818. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2542