STRATEGI MANAJEMEN PASOKAN DAN BIAYA PRODUKSI DI KEDAI KOPI

  • Julianti Julianti Magister Management Universitas BudiLuhur Jakarta
  • Nanang Djunaedi Magister Management Universitas BudiLuhur Jakarta

Abstract

Ngopi, merupakan trend baru yang tengah digandrungi oleh berbagai kalangan di Indonesia. Dengan meningkatnya minat ngopi dan nongkrong dari semua kalangan, banyak pengusaha yang kemudian berbondong-bondong mendirikan cafe atau warung kopi, terutama di kawasan dengan sebagian besar penduduknya adalah pelajar atau mahasiswa. Hal ini membuat banyak kedai ataupun kafe yang sudah didirikan sejak lama mendapatkan banyak pesaing. Begitu pula yang terjadi dengan Aroem Kopi, Aroem kopi dituntut untuk menerapkan berbagai strategi agar tetap bertahan di pasaran, salah satunya melalu strategi manajemen. Dengan desain produk yang menarik, maka penelitian ini bertujuan meneliti tentang strategi manajemen yang diterapkan oleh kedai Aroem Kopi untuk mempertahankan eksistensinya di pasaran. Dengan menggunakan desain penelitian deskriptif analitis, penelitian yang mengambil lokasi penelitian di kawasan Bantul ini mendapatkan hasil bahwa dalam hal inventory control, kedai Aroem kopi perlu melakukan sedikir perubahan metode agar dapat menghemat biaya serta membuat perputaran modal lebih efektif dengan sistem inventory control ABC. Keputusan manajemen biaya produksi yang diambil juga memberikan dampak yang positif bagi coffee shop ini sehingga memberikan keuntungan yang stabil.

References

Anthony, R.N. dan Reece, J.S. 1989. Accounting, Text, and Cases. 8 th ed. Romewood, Richard D. Irwin.

Chopra, Sunil, Meindl, Peter. 2004. Supply Chain Management: Strategy, Planning and Operations, 2nd edition. Prentice-Hall. Ner Jersey

Chow, V. T. et al. 1998. Monitoring of Dengue Viruses in Field Cought Aedes Aegypti and Aedes Albopictus by A Type-Specific PCR and Cycle Squencing. American Journal of Tropical Medicine and Hygiene 58(5): 578-586.

Hansen & Mowen. 2004. Manajemen Biaya, Edisi Bahasa Indonesia. Buku Kedua. Jakarta: Salemba Empat

Hansen, Don R. Dan Mowen, Maryanne M. 2009. Akuntansi manajareial. Buku satu. Diterjemahkan Deny Arnos Kwary. Jakarta: Salemba Empat

Heizer, Jay dan Barry Rander. 2014. Manajemen Operasi. terjemahan Chriswan Sungkono. ed. 9. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat

Indrajit, R.E dan Djokopranoto. 2003. Konsep Manajemen Supply Chain: Cara Baru Memandang Mata Rantai Penyediaan Barang. Jakarta: Grasindo

Kieso, Donald E., Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield. 2002. Akuntansi Intermediete. Terjemahan Emil Salim. Jilid 1. Edisi Kesepuluh. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Levi, et al. 2000. Designing And Managing The Supply Chain Management. U.S: St. Lucie Press.

Marossa, Jenny dan Calvin Riedel F. W. 2016.“Analisis Perhitungan Biaya Produksi Pada PT. Manado Nusantara Informasi (Koran Sindo)”. Jurnal EMBA. Vol. 4 No. 1 Maret. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurusan Akuntansi. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Mengenal jenis-jenis kopi terbaik di Indonesia, https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190723142646-262-414729/mengenal-jenis-jenis-kopi-terbaik-dari-indonesia (25/11/2019, 10:05 WIB).

Mulyadi. 2009. Akuntansi Biaya. Edisi kelima. Cetakan kesembilan. Yogyakarta: BPFE.

Mulyadi. 2014. Sistem Akuntansi. Cetakan Keempat. Jakarta : Salemba Empat.

Pujawan, I.N. 2005. Supply Chain Managemet. Guna Widya

Sari, Dian Indah. 2018. Analisis Perhitungan Persediaan Dengan Metode FIFO dan Average Pada PT. Harapan.. Vol. XVI No. 1 Maret. AMIK BSI Bekasi

Schroeder, Goldstein and Rungtusanatham. 2010. Operations Management: Contemporary Concepts and Cases. 5th ed.. McGraw-Hill

Siregar, Baldric dkk. 2013. Akuntansi Biaya. Edisi Kedua. Salemba Empat, Jakarta

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: EKONISIA.

Turban, Efraim et al. 2004. Information Technology For Management: Transforming Organizations In The Digital Economy. 4th Edition, Hoboken, N.J: Wiley.

Usry, dan Carter. 2005. Akutansi Biaya: Anggaran dan Biaya standar. edisi 13, Buku 2. Jakarta : Salemba Empat.

Zahroh, dkk. 2014. Penerapan Activity Based Costing (ABC) System Untuk Menentukan Harga Pokok Produksi (Studi Pada PT. Indonesia Pet Bottle Pandaan Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 10 No. 1 Mei. Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya Malang.

Published
2019-06-16
How to Cite
Julianti, J., & Djunaedi, N. (2019). STRATEGI MANAJEMEN PASOKAN DAN BIAYA PRODUKSI DI KEDAI KOPI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(2), 191-205. https://doi.org/10.31955/mea.v3i2.251