ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SONGKET DI KOTA SOLOK DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Eka Hendrayani Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi

Abstract

Tujuan penelitian adalah menguji pengaruh (1) motif produk terhadap promosi (2) harga terhadap promosi (3) bahan dasar terhadap promosi (4) lokasi terhadap promosi (5) hubungan promosi dengan keputusan pembelian  (6) motif produk dengan  keputusan pembelian (7) harga dengan keputusan pembelian (8) bahan dasar dengan keputusan pembelian (9) lokasi terhadap keputusan pembelian  (10) promosi sebagai variabel intervening antara motif produk dan keputusan pembelian (11) promosi sebagai variabel intervening antara harga produk dan keputusan pembelian (12) promosi sebagai variabel intervening antara bahan dasar dan keputusan pembelian (13) promosi sebagai variabel intervening antara lokasi dan keputusan pembelian. Penelitian bersifat kuantitatif dengan 200 responden sampel yang telah memakai songket di Kota Solok. Alat uji yang digunakan melihat hasil kuesioner yaitu validitas dan reliabilitas. Hasil dengan menggunakan analisis jalur atau part analisis peroleh pengaruh langsung variabel motif produk (X1), harga (X2), bahan dasar (X3), lokasi (X4) terhadap variabel promosi (Y) berpengaruh signifikan. Secara tidak langsung motif produk (X1), harga (X2), bahan dasar (X3), lokasi (X4) terhadap variabel promosi (Y) melalui variabel keputusan pembelian (Z) maka diperoleh hasil yang signifikan. Nilai 2,44% dipengaruhi oleh hal lain diluar variabel.

 

 

 

References

Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Dharu Kusuma Wardani, Patricia Diana Paramitha, Maria M. Minarsih, 2016. Pengaruh produk, harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen yang berdampak pada repurchasing intention padapelanggan PT. Nitronik Lintas Nusantara Semarang, Journal of Management, Vol 02, No.02, Maret 2016,4
Isoraite,M. 2016. Marketing Mix Theorical Aspects. International Journal of research –Granthaalayah, 4(6),p 25-37.https://doi.org/10.29121/dranthaalayah.v4,i6.2016.2633
I Gede Deva Darmawan dan Komang Agus Satria Pramudana. 2022. Pengaruh iklan, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kain songket Bali. E-jurnal manajemen, Vol 11 No. 2, 2022: 255-276. DOI : http://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i02.p03.
Ma’rufah,N.A,. Deuranto,P,. Dan Silalahi,R.L.R 2014. Analisis bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian Keripik kentang Agronas Gizi Food dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) . hal 1-8. https://skripsiftp.staff.ub.ac.id/files/2014/10/JURNAL-Nur - Amalia-Ma’rufah.pdf
Prasad,S.,Garq.A & Prasad,S. 2019. Purchase decision of generation Y in an online environment .Marketing intelegence & Planning, 37(4), 372-385. http://doi.org/https://doi.org/10.1108/MIP-02-2018-0070
Rissa Mustika sari dan Prihartono. 2021. Pengaruh harga dan kualitas terhadap keputusan pembelian (Survey pelanggan produk sprei Risk). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi) Vol 5. No. 3. 2021.
Sri Umariyah, Mokh Rum, Teti Sugiarti. 2022.Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap strategi keputusan pembelian dan alternatif strategi kaeripik Gedebok Pisang (studi kasus IKM Saeeku Kecamatan Soko Kabupaten Tuban). Jurnal agriscience, Vol 3 No. 1, Juli 2022. Hal 39-57. ISSN : 2745-7427. https ://journal.trunojoyo.ac.id/agriscience.
Susanti, F. dan Gunawan.A.C. 2019. Pengaruh bauran promosi dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Maybeline di Kota Padang. https ;//doi.org/10.31227/osf.oi/npjqh
Buku
BPS 2021, Solok dalam angka 2021
Kotler Phillip dan Amstrong Gary.2013. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.
Rambat Lupiyoadi. 2013. Manajemen Pemasaran jasa. Jakarta : Salemba empat
Basso,K, Duschitz,C.d.C.,Giacomazzi,C.M.,Sonego,M.,Rossi,C.A.V &Rock D. 2019. Purchase decision and purchase delay of hedomic and utilitarian product in the face of time pressure and multiplicity of option . Revista de gestao , 26(2), 112-125. https ://doi.org/https://doi.org/10.1108/REGE-01-2018-002
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi analisis Mulivariate dengan program SPSS. Edisi Keempat. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Sanusi. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat
Sunyoto Danang. 2013. Teori,Kuesioner dan analisis data untuk pemasaran dan perilaku konsumen, Yogyakarta, Graha Ilmu, Cetakan 1
Sugiono. 2015. Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Cetakan ke 17. Bandung : Alfabeta
Published
2022-11-14
How to Cite
Hendrayani, E. (2022). ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SONGKET DI KOTA SOLOK DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1263-1282. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2482