PENGARUH MANFAAT DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL SEBAGAI ALTERNATIF PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA
Abstract
Era digital saat ini telah membuka banyak peluang penggunaan media digital guna membantu pemasaran produk maupun jasa. Banyak manfaat dan kemudahan yang ditawarkan oleh media digital. Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat pengaruh penggunaan media digital guna membantu memasarkan produk dan jasa usaha mikro, kecil, dan menengah khususnya yang tergabung dalam Koperasi Berkah Rindang Kinasih (BRK) Kabupaten Banyumas. Pengambilan data kepada responden melalui wawancara singkat dan pengisian kuisioner skala likert 5 tingkat diperkuat dengan studi literatur terhadap penelitian-penelitian sebelumnya. SmartPLS digunakan sebagai alat Analisa data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat dan persepsi kemudahan berpengaruh terhadap sikap positif pelaku usaha dan akan mendukung keberlangsungan usaha. Implikasi manajerial penelitian ini adalah semakin efektifnya penggunaan media digital untuk memasarkan produk dan jasa UMKM sehingga akan menunjang keberlangsungan usaha pelaku UMKM.
References
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3). https://doi.org/10.2307/249008
Effendi, M. I., Sugandini, D., & Istanto, Y. (2020). Social Media Adoption in SMEs Impacted by COVID-19: The TOE Model*. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(11), 915–925. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no11.915
Hair, Joseph F., et al. (2010). Multivariate Data Analysis. Pearson Prentice Hall.
Han, H., Xiong, J., & Zhao, K. (2021). Digital inclusion in social media marketing adoption: the role of product suitability in the agriculture sector. Information Systems and E-Business Management. https://doi.org/10.1007/s10257-021-00522-7
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business horizons, 53(1), 59-68.
Kieso, D.E. et al 2010. Intermediate Accounting (13th ed.). New York: John Wiley & Sons, Inc.
Larcker, D. F. (1981). CLAES FORNELL Structural Equation Models With Unobservable Variables and Measurement Error: Algebra and Statistics. In Journal of Marketing Research: Vol. XVIII.
Lesmono, I. D. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE BAGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL. III(1). www.depkop.go.id
Mas-verdú, F., Ribeiro-soriano, D., & Roig-tierno, N. 2015. Firm survival : The role of incubators and business characteristics. Journal of Business Research.68(4), 793–796. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.11.030.
Musa, H., Rahim, N. A., Azmi, F. R., Shibghatullah, A. S., & Othman, N. A. (2016). Social Media Marketing and Online Small and Medium Enterprises Performance: Perspective of Malaysian Small and Medium Enterprises. International Review of Management and Marketing, 6(S7), 11–13. http:www.econjournals.com
Najib, M., & Fahma, F. (2020). Investigating the Adoption of Digital Payment System through an Extended Technology Acceptance Model: an Insight from the Indonesian Small and Medium Enterprises. 10(4).
Wijaya, T., & Budiman, S. (2019). The intention of adopting information technology for SMES in Special Region of Yogyakarta. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 10(2), 205-215.
Yusuf, S., & Fashanah Hadining, A. (2021). Use of Modified Technology Acceptance Models to E-business for MSMEs. Jurnal SIstem Teknik Industri (JSTI), 23(2), 190–203. https://doi.org/10.32734/jsti.v23i2.6298.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.