GENERASI Z MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL DALAM MENENTUKAN PULAU TUNDA SEBAGAI TUJUAN WISATA PASCA PANDEMI COVID-19 .
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari sosial media terhadap keputusan generasi Z memilih Pulau Tunda sebagai tujuan wisata. Hal ini dikarenakan setelah dua tuhun pariwisata di Indonesia menurun secara signifikan, salah satunya di Pulau Tunda. Pasca pandemi covid-19 ini, pariwisata mulai menggeliat dan berlomba-lomba menarik wisatawan khususnya generasi Z yang jumlahnya sangat banyak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode regrisi berganda. Variabel kepercayaan media sosial sebagai X1, informasi media sosial X2, dan keputusan generasi Z memilih Pulau Tunda sebagai variabel Y. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepercayaan dan informasi sosial media mempengaruhi generasi Z dalam memilih Pulau Tunda sebagai tujuan wisata pasca pandemi. Hal tersebut ditunjukan dari hasil analisis data yang menunjukan nilai P value lebih kecil dari nilai alpha 0,02. Kedepannya dapat dilakukan penelitian secara kualitatif dengan metode wawancara mendalam kepada para wisatawan generasi Z Pulau Tunda, untuk mengetahui faktor-faktor lain yang mempengaruhi generasi Z dalam menentukan tujuan wisata.
References
Bahrul Ulumi, H. F., & Syafar, M. (2021). Pengembangan Ekowisata Pulau Tunda Berbasis Komunitas dalam Era Industri 4.0. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 23(1), 118. https://doi.org/10.25077/jantro.v23.n1.p118-120.2021
Berhanu, K., & Raj, S. (2020). The trustworthiness of travel and tourism information sources of social media: perspectives of international tourists visiting Ethiopia. Heliyon, 6(3), e03439. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03439
Dadová, I., & Soviar, J. (2021). The application of online marketing tools in marketing communication of the entities with the tourism offer in 2020 in Slovakia. Transportation Research Procedia, 55(2019), 1791–1799. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2021.07.170
Damasdino, F. (2021). Dinamika Akses Informasi Wisatawan antar Generasi pada Obyek Wisata Minat Khusus di Kabupaten Bantul. Media Wisata, 15(1), 587–594. https://doi.org/10.36276/mws.v15i1.91
Dewi, I. C. (2022). Pengaruh Strategi Digital Marketing Desa Wisata (Deswita) Di Jawa Timur. JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 335–350.
Dewi, N. P. A. L. (2022). Pangaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan ke Daya Tarik Wisata Sukawana Sunrise. 01(02), 276–285.
Grover, P., Kar, A. K., & Dwivedi, Y. (2022). The evolution of social media influence - A literature review and research agenda. International Journal of Information Management Data Insights, 2(2), 100116. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2022.100116
Hertina, D., Sahid, A., & Kadiman, Y. A. B. (2022). Pengaruh kepercayaan media sosial dan promosi terhadap penjualan sepatu akasafootstore Bandung. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(9), 4005–4012. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i9.1582
Indrajaya, S. E., & Lukitawati, L. (2019). Tingkat Kepercayaan Generasi Z terhadap Berita Infografis dan Berita Ringkas di Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 11(2), 169. https://doi.org/10.24912/jk.v11i2.5045
Kavoura, A., & Stavrianea, A. (2014). Economic and Social Aspects from Social Media’s Implementation as a Strategic Innovative Marketing Tool in the Tourism Industry. Procedia Economics and Finance, 14(14), 303–312. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(14)00717-5
Kitsios, F., Mitsopoulou, E., Moustaka, E., & Kamariotou, M. (2022). User-Generated Content behavior and digital tourism services: A SEM-neural network model for information trust in social networking sites. International Journal of Information Management Data Insights, 2(1), 100056. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2021.100056
Liliani, H. (2018). Motivasi dan Perilaku Penggunaan Media Sosial Generasi Z dalam Melakukan Perjalanan Wisata. Ultimacomm, 10(1), 23–32. https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v10i1.886
Lovena, L., & Prasastyo, K. W. (2021). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Generasi Z Dalam. 1(3), 89–98.
Nasution, O. B., & Rohman, I. Z. (2022). Peran Akun Media Sosial Berbasis Konten Pariwisata Pendahuluan. 8, 774–789.
Nurlaela Anwar, R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Fashion Muslim Hijup Di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 75–85. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i1.169
Pachucki, C., Grohs, R., & Scholl-Grissemann, U. (2022). Is nothing like before? COVID-19–evoked changes to tourism destination social media communication. Journal of Destination Marketing and Management, 23(February), 100692. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2022.100692
Sjaida Gheya, 2021. (2021). Stragtegi Komunikasi Pariwisata Taman Air Mancur Sri Baduga. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 7, 386.
Syahreza, K., & Wibisono, N. (2021). Pengaruh Konten Media Sosial Terhadap Destination Image dan Minat Berkunjung Lembang Park & Zoo. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung, 4-5 Agustus 2021, 4–5.
Umam, C. (2019). Strategi Pengembangan Ekowisata Bahari Di Pulau Tunda. Jurnalis, 2(1), 13–22.
Zhu, M., & Lai, S. (2009). A Study about the WOM Influence on Tourism Destination Choice. In Proceedings - 2009 International Conference on Electronic Commerce and Business Intelligence, ECBI 2009. https://doi.org/10.1109/ECBI.2009.104.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.