PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, FREE CASH FLOW, DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET ATAS NILAI PERUSAHAAN
Abstract
Nilai perusahaan direfleksikan atas harga saham yang merupakan gambaran kinerja perusahaannya dimana akan mencerminkan respon dari investor. Bertambah besar nilai perusahaan, investor akan bertambah merespon positif. Riset ini memiliki maksud meneliti pengaruh secara simultan dan parsial pertumbuhan perusahaan, free cash flow, dan investment opportunity set atas nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Teknik sampel yang dijalankan dalam riset ini adalah purposive sampling. Berdasarkan purposive sampling didapatkan 31 sampel perusahaan. Metode analisis data pada riset ini adalah analisis statistik deskriptif dan regresi data panel dengan menggunakan software eviews 12. Hasil riset ini menampakkan pertumbuhan perusahaan (GROWTH), free cash flow (FCF), dan investment opportunity set (MVBVA) berpengaruh secara simultan atas nilai perusahaan. Variabel pertumbuhan perusahaan dan investment opportunity set secara parsial berpengaruh signifikan atas nilai perusahaan. Sedangkan variabel free cash flow tidak berpengaruh signifikan atas nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020.
References
Anggraeni, S. B., Paramita, P. D., & Oemar, A. (2018). Pengaruh Free Cash Flow, Risiko Bisnis, dan Investment Opportunity Set Atas Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Hutang Sebagai Variabel Intervening. Journal of Accounting, 4(4), 1–18.
Dewi, D. K., Tanjung, A. R., & Indrawati, N. (2018). "Analisis pengaruh free cash flow, investment opportunity set, ukuran perusahaan dan kepemilikan manajerial atas nilai perusahaan dengan kebijakan hutang sebagai variabel moderating." Jurnal Ekonomi, 26(2), 101–121.
Dewi, I. A. M. C., Sari, M. M. R., Budiasih, I. G. A. ., & Suprasto, H. B. (2019). Free cash flow effect towards firm value. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 6(3), 108–116. https://doi.org/10.21744/irjmis.v6n3.643
Fadly Bahrun, M., Tifah, T., & Firmansyah, A. (2020). Pengaruh Keputusan Pendanaan, Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, Dan Arus Kas Bebas Atas Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8(3), 263–276. https://doi.org/10.37641/jiakes.v8i3.358
Franita, R. (2018). Mekanisme Good Corporate Governance dan Nilai Perusahaan: Studi untuk Perusahaan Telekomunikasi. Lembaga Riset dan Penulisan Ilmiah AQLI. https://books.google.co.id/books?id=fxeZDwAAQBAJ
Fu, L., Parkash, M., & Singhal, R. (2017). Tobin’s q Ratio and Firm Performance. International Research Journal of Appllied Finance, June. https://doi.org/10.0704/article-2
Gumanti, T. A. (2009). Teori Sinyal Dalam Manajemen Keuangan. Manajemen Dan Usahawan Indonesia, September, 1–29.
Gustian, D. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Keputusan Investasi, Dan Keputusan Pendanaan Atas Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi., 3(2), 84–100.
Hoque, M., & Rakow, K. C. (2016). Do voluntary cash flow disclosures and forecasts matter to value of the firms? Managerial Finance, 42(1), 3–12. https://doi.org/10.1108/MF-09-2015-0253
Khoeriyah, A. (2020). Pengaruh Size, Leverage, Sales Growth Dan IOS Atas Nilai Perusahaan. Profita: Komunikasi Ilmiah Akuntansi Dan Perpajakan, 13(1), 96–111. http://dx.doi.org/10.22441/profita.2020.v13i1.005
Muamar, Y. (2018). Pertumbuhan Industri Barang Konsumsi Dinilai Melambat. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20181019191302-17-38252/pertumbuhan-industri-barang-konsumsi-dinilai-melambat
Muamar, Y. (2019, November). Anjlok Hampir 20%, Indeks Sektor Konsumer Belum Juga Bangkit. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20191115140836-17-115584/anjlok-hampir-20-indeks-sektor-konsumer-belum-juga-bangkit
Nazilah, E. R., & Isynuwardhana, D. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Perusahaan Dan Struktur Modal Atas Profitabilitas Atas Nilai Perusahaan. 6(3), 5833–5839.
Pasaribu, U. R., Nuryartono, N., & Andati, T. (2019). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Perusahaan Atas Nilai Perusahaan. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 5(3), 441–454. https://doi.org/10.17358/jabm.5.3.441
Putri, R. A. A., & Setiawan, M. A. (2019). Pengaruh Investment Opportunity Set (IOS), Kebijakan Dividen, Dan Opportunistic Behavior Atas Nilai Perusahaan. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1392–1410. https://doi.org/10.24036/jea.v1i3.150
Qolbi, N., & Rahmawati, W. . (2020, November). Pendapatan emiten barang konsumsi yang masuk sektor defensif turun, ini prospeknya. Investasi Kontan. https://investasi.kontan.co.id/news/pendapatan-emiten-barang-konsumsi-yang-masuk-sektor-defensif-turun-ini-prospeknya
Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Atas Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 67–82. https://doi.org/10.17509/jrak.v7i1.15117
Saputra, A. H. R. (2019). Pengaruh Faktor Fundamental, Investment Opportunity Set, Dan Pertumbuhan Perusahaan Atas Harga Saham Yang Dimediasi Oleh Putusan Investasi Sektor Perkebunan Pada Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, 13(2), 169–195. https://doi.org/10.25170/10.25170/jara.v13i2.480
Stephani Dwi Erlinda Jenali, L. A. (2019). Kebijakan hutang, kebijakan dividen, profitabilitas dan free cash flow atas nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 8(1), 1–16.
Suartawan, I. G. N. P. A., & Yasa, G. W. (2017). Pengaruh Investment Opportunity Set dan Free Cash Flow Pada Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 63. https://doi.org/10.24843/jiab.2016.v11.i02.p01
Suastini, N. M., Ida, B. A. P., & Henny, R. (2016). Pengaruh kepemilikan manajerial dan pertumbuhan perusahaan atas nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia (Struktur modal sebagai variabel moderasi). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(1), 143–172.
Sudiani, N., & Darmayanti, N. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan, Dan Investment Opportunity Set Atas Nilai Perusahaan. None, 5(7), 245861.
Sugeng, B. (2017). Manajemen Keuangan Fundamental. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=TJvFDwAAQBAJ
Sugiyono. (2018). Metode Riset Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryanawa, I. K. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Investment Opportunity Set Pada Nilai Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi, 20(2), 1534–1563. https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v20.i02.p24
Susanti, A., Wafirotini, K. Z., & Hartono, A. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Atas Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode Tahun 2011-2016. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 11. https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.236
Syahrial, M. S., Yuliansyah, Y., & Sudrajat, S. (2020). The Effect of Company Growth on Firm Value with Debt Policy as Moderation in Service Sector Industries. International Journal for Innovation Education and Research, 8(8), 445–453. https://doi.org/10.31686/ijier.vol8.iss8.2538
Ukhriyawati, Catur F dan Dewi, R. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Atas Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Lq-45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Equilibiria, 6(1), 1–14.
Widayanthi, N. M. D. G., & Sudiartha, G. M. (2018). Pengaruh Tingkat Pertumbuhan Atas Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Moderasi. 7(4), 2196–2225.
Zurriah, R. (2021). Pengaruh free cash flow atas nilai perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 21(1), 101–106.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.