FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP REPURCHASE INTENTION

KASUS: CHICAGO POPCORN DI INDONESIA

  • Revel Gabriel Universitas Pelita Harapan
  • Innocentius Bernarto Universitas Pelita Harapan

Abstract

Peningkatan tren mengkonsumsi makanan ringan menjadi fenomena menarik bagi para pelaku usaha makanan ringan. Namun meskipun demikian, tren tersebut tidak berpengaruh secara signifikan pada pencapaian target penjualan dari PT. Chicago Popcorn, terutama pada saat perusahaan dilanda pandemi. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas produk, keterjangkauan harga, dan promosi terhadap minat pembelian ulang. Penelitian ini menargetkan populasi yaitu masyarakat Indonesia yang pernah mengkonsumsi produk dari Chicago Popcorn. Penelitian ini berhasil mendapatkan 202 responden yang pernah berbelanja di Chicago Popcorn. Dan dianalisis menggunakan pendekatan partial least square-structural equation modeling di SmartPLS. Hasil yang didapatkan menunjukan bahwa kualitas produk, keterjangkauan harga, dan promosi berpengaruh positif terhadap minat pembelian ulang. Serta variabel promosi memiliki pengaruh tertinggi terhadap minat pembelian ulang.

References

Alli, I. 2004. Food quality assurance: Principles and practices, Boca Raton. Florida: CRC Press.
Annur, C.M. 2022. Belanja Makanan Mendominasi Pengeluaran Konsumen pada Kuartal I-2021. Pusat Data Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/. Diakses 11 September 2022.
Black, K., Asafu-Adjaye, J., Burke, P., Khan, N., King, G., Perera, N., Papadimos, A., Sherwood, C., Wasimi, S., & Verma, R. 2017. Australasian Business Statistics. John Wiley & Sons Australia.
Gatot, W., MD. Rahadhini, & Sunarso. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Membentuk Niat Beli Ulang. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol. 17, No. 1. 1-9.
Ghozali, I. & Latan, H. 2015. Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi menggunakan SmartPLS 3.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Ghozali, I. & Latan, H. 2017.  Partial Least Square: Konsep, Metode, dan Aplikasi menggunakan program SmartPLS 5.0, Edisi ke-3, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hair Jr, J. F., Black, W.C., Babin, B.J., & Anderson, R.E. 2019. Multivariate Data Analysis. Annabel Ainscow: Hampshire, United Kingdom.
Hamid, M. R., Sami, W., & Sidek, M. M. 2017. Discriminant validity assessment: Use of Fornell & Larcker criterion versus HTMT criterion. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 890, No. 1, p. 012163). IOP Publishing.
Henseler, J. 2017. Bridging design and behavioral research with variance-based structural equation modeling. Journal of advertising, 46(1), 178-192.
Henseler, J., Ringle, C.M. & Sarstedt, M. 2015. A New Criterion for Assessing Discriminant Validity in Variance-Based Structural Equation Modeling. 43, 115–135. 
Hidayat,  D.,  Bismo,  A.,  Basri,  A.R. 2020. “The  Effect  of  Food Quality  and  Service  Quality  Towards Customer  Satisfaction  and  Repurchase  Intention  (Case  Study  of  Hot  Plate  Restaurants)”. Manajemen Bisnis. Vol. 10, No. 01, pp.01-09.
Hidayat, R.R. 2018. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pembeli Gula Aren Sawit di Desa Simpang Empat Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Sergai Provinsi Sumut). Skripsi. UIN Sumatera Utara.
Kim, Y., Kwangsun, L. & Naeyang, J. 2013. A Social Commerce Customers’ price fairness perception affects their repurchase intention. University of Science and Technology.
Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kusdyah, I. 2012. Persepsi Harga, Persepsi Merk, Persepsi Nilai, dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol.7. No. 7.
Lidwina, A. 2022. Proporsi Konsumen Makanan Ringan di Indonesia Berdasarkan Usia. Katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id. Diakses pada 11 September 2022. 
Murti, W.W. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Masyarakat Terhadap Produk Handphone. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang. Vol.8, No.2.
Nazulis, M.I. & Syafrizal. 2021. The Influence of Food Quality and Price Fairness on Customer Satisfaction and Repurchase Intention at Manangkabau Satay Restaurant in Padang, Indonesia. European Journal of Business and Management. Vol. 13, No. 14. 
Paksi, Y.R. & Tias,A.I. 2021. Peran Sales Promotion dan Brand Equaity Dalam Memengaruhi Re-purchase Intention Produk Fashion di Marketplace. Univertas Negeri Surabayar. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 9, No. 4. 
Rijswijk, W. V, & Frewer, L. J. 2008. Consumer perceptions of food quality and safety and their relation to traceability. British Food Journal, 110(10), 1034–1046. 
Santoso, J.E. 2016. Pengaruh Food Quality, Service Quality, Price Promotion, dan Customer Satisfaction Terhadap Repeat Purchase Intention Restoran Solaria. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 53. No. 12 : 70-87.
Sari, N.A. 2021. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Intensi Membeli Ulang Produk Snack DS. Pucangtelu Kalitengah Lamongan. Jurnal Ekonomi Mahasiswa (JEKMA). Vol.2. No.2. 
Sekaran, U., & Bougie, R. 2016. Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi, E., Scolastika, M., & Sugiman. 2017. Perbandingan Metode Partial Lease Square (PLS) & Principal Component Regression (PCR) untuk Mengatasi Multikolinearitas Pada Model Regresi Linear Berganda. Universitas Negeri Semarang.
Swastha, B. & Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta
Xia, L., Kent, B.M., & Jennifer, L. 2004. The Price is Unfair! A Conceptual Framework of Price Fairness Perceptions. Journal of Marketing. 68(4):1-15.
Zulganef, Muhamad, R., Regina, A., Cici, C., Muhamad, F.F. 2020. The Impact of Online Sales Promotion and E-Service Quality on The Repurchase Intention of Shopee Customers (A Case Study on Buyers at Shopee Marketplace). Universitas Widyatama. 
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2022-10-20
How to Cite
Gabriel, R., & Bernarto, I. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP REPURCHASE INTENTION. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 845-856. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2426