ANALISIS PERENCANAAN STRATEGI TERHADAP DAMPAK TRANSFORMASI DI KOPERASI TELEKOMUNIKASI SELULAR REGIONAL JAWA BARAT MENGGUNAKAN QSPM

  • Ismail Fahmi Universitas Katolik Parahyangan

Abstract

Globalisasi, persaingan, dan teknologi telah mengubah perilaku manusia, dengan dampak interaksi manusia di hubungan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan. Itu implikasi dari setiap organisasi bisnis yang harus beradaptasi dengan perubahan lingkungan, melalui perubahan organisasi, dan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia sebagai aset penting organisasi. Tujuan penelitian adalah pengembangan strategi manajemen yang berlaku bagi Koperasi Telekomunikasi Seluler (KiSEL). Alternatif strategi yang dapat diperoleh menggunakan Matriks SWOT dan Matriks Perencanaan Strategis Kuantitatif (QSPM) adalah: Penetrasi pasar dan pengembangan produk. Tujuan penelitian yang ingin penulis capai dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan lingkungan internal dan eksternal yang menentukan strategi pengembangan bisnis Koperasi Telekomunikasi Seluler (KiSEL). (2) Mengetahui usulan strategi yang dapat dibangun pada Koperasi Telekomunikasi Seluler (KiSEL).

Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada hasil analisis faktor internal dan eksternal yang timbul dari perbedaan bisnis, dan menggunakan analisis SWOT dan  analisis data kualitatif sebagai analisis dominan. Sebaliknya, analisis kuantitatif data melalui perhitungan faktor strategis eksternal (EFAS) dan faktor strategis internal (IFAS) merupakan kombinasi dari perhitungan faktor eksternal dan internal (IE).

References

Abdul Basith, S.pd., M. S. (2008). Islam dan Manajemen Koperasi.
Barney, J. B., & Hesterly, W. S. (2019). Strategic Management and Competitive Advantage: Concepts and Cases, 6th Edition. In Strategy.
David, F. R. (2017). Strategic Management: A Competitve Advantage Approach. In Pearson Education Limited: Vol. Global Edi (Sixteenth). Pearson Education Limited.
Handoko, T. H. (2012). Manajemen. BPFE Yogyakarta.
KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM. (2020). LAPORAN KINERJA TAHUN 2019. In DEPUTI BIDANG PENGEMBANGAN SDM KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM REPUBLIK INDONESIA. http://www.depkop.go.id/read/menkop-dan-ukm-akan-jadikan-kisel-prototype-koperasi-moderen
Kuncoro, M. (2020). Strategi Meraih Keunggulan Kompetitif Di Era Industri 4.0. Andi Publisher.
O’Sullivan, A. (2003). Economics: Principles in action. Pearson Prentice Hall.
Pardede. (2011). Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahan. Mitra Wacana Media.
Priyambada, R. (2019). Produk Domestik Bruto Indonesia. https://www.indonesia-investments.com/id/keuangan/angka-ekonomi-makro/produk-domestik-bruto-indonesia/item253?
Sarjono, B. (2013). Pengelolaan strategi dalam persaingan bisnis. Jurnal Manajemen Strategi, 9(1), 58–61.
Sattar. (2017). Ajar Ekonomi Koperasi. Deepublish.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wahyuningtias. (2011). Perencanaan Strategis Usaha Kecil Menengah Jenis USaha Kue Dan Roti. Binus Business Review.
Wheelen, T. L., & Hunger, D. J. (2012). Strategic Management and Business Policy Toward Global Sustainability (Thirteenth). Pearson Prentice-Hall.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2022-10-06
How to Cite
Fahmi, I. (2022). ANALISIS PERENCANAAN STRATEGI TERHADAP DAMPAK TRANSFORMASI DI KOPERASI TELEKOMUNIKASI SELULAR REGIONAL JAWA BARAT MENGGUNAKAN QSPM. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 746-760. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2407