ANALISIS PENERAPAN DIGITAL MARKETING TERHADAP CITRA PERUSAHAAN MELALUI KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
SURVEY PADA NASABAH PT BANK JABAR BANTEN SYARIAH, PERSERO, TBK
Abstract
Terbentuknya lembaga-lembaga perbankan syariah tidak terlepas dari kemajuan teknologi digital yang memacu berkembangnya bank-bank syariah. Salah satu bank syariah diantaranya PT Bank Jabar Banten Syariah (BJBS) yang terus berinovasi dalam menerapkan penggunaan Digital Marketing untuk memberikan citra yang baik bagi nasabah melalui kepuasan nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Digital Marketing terhadap Citra Perusahaan PT Bank Jabar Banten Syariah (BJBS) melalui Kepuasan Nasabah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan verifikatif. Dalam penelitian ini terdapat tiga variable yaitu variable independen yaitu Digital Marketing, Variabel dependen yaitu Citra Perusahaan dan Kepuasaan Nasabah sebagai variable intervening. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Digital Marketing memberikan pengaruh tehadap Citra Perusahaan pada PT BJBS dengan besarnya pengaruh langsung sebesar 22,7%, pengaruh tidak langsung sebesar 15,8%, total pengaruhnya sebesar 38,4% dari maksimal 100%. Terdapat pengaruh Kepuasan Nasabah terhadap Citra Perusahaan, dengan besarnya pengaruh langsung sebesar 17,2%, pengaruh tidak langsung sebesar 15,8%, total pengaruhnya sebesar 33,0%. dari maksimal 100%. Terdapat pengaruh Digital Marketing terhadap Citra Perusahaan PT BJBS, melalui kepuasan nasabah dengan besarnya pengaruh simultan sebesar 71,4% dari maksimal 100%.
References
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). eMarketing eXcellence: Planning and optimizing your digital marketing. Routledge.
Haida, N., Pratama, G., Sukarnoto, T., & Widiawati, W. (2021). Pengaruh Pemahaman Masyarakat Tentang Riba terhadap Minat Bertransaksi di Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 131-139.
Hidayat, A. R., & Junianto, E. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya dengan Metode TAM. Jurnal Informatika, 4(2).
Kasali, R. (2003). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. pustaka utama grafiti.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 penerbit Erlangga. Kotler, P. Dan K.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid 1. Penerbit: PT. Indeks. Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 2.
Kriyantono, R. (2008). PR Writing: Media public relations membangun citra korporat. Jakarta: Kencana.
Lee, C. Y. (2019). Does Corporate Social Responsibility Influence Customer Loyalty in the Taiwan Insurance Sector? The Role of Corporate Image and Customer Satisfaction. Journal of Promotion Management, 25(1), 43-64.
Lindestad, B., & Andreassen, T. W. (1997). Customer Loyalty and Complex Services: The Impact of Corporate Image on Quality, Customer Satisfaction and Loyalty for Customers with Varying Degrees of Service Expertise. The International Journal of Service Industry. Management, 8(4).
Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. (2010). Pemasaran Jasa Perspektif Indonesia. Surabaya: Erlangga.
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Mitra Wacana Media, Jakarta. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Permanasari, I. A. S., & Darma, G. S. (2013). Pengaruh Penggunaan Internet Banking terhadap Rasa Aman, Rasa Percaya dan Loyalitas Nasabah Dalam Meningkatkan Saldo Bank. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 186-204.
Runtunuwu, J. G. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna Café dan Resto Cabana Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1803- 1813.
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press.
Soemirat, S. (2012). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Roesdakarya.
Sulianti, W. M. (2018). Customer’s Satisfaction as a Mediator of the Effect of Product Attributes on the Loyalty of Hypermarket Customers in Malang City. International Journal of Economics, Business and Management Research, 2(5), 204-215.
Sunyoto, D. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakan ke-1. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik, Edisi 2, Yogyakarta, CV. Andi offset.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.