CITRA PRODUK THE BODY SHOP MELALUI STRATEGI 4P GREEN MARKETING

  • Nikita Salsabila Salsabila Universitas Telkom, Bandung
  • Rd. Nurafni Rubiyanti Universitas Telkom, Bandung

Abstract

Alasan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari faktor green showcasing yang mempengaruhi citra merek The Body Shop. Pelaksanaan kampanye The Body Shop menggunakan prosedur "Green Marketing" dengan lima kualitas positif yang dicoba untuk diterapkan di semua jenis latihan waktu terbatas. Teknik pemeriksaan yang digunakan adalah kuantitatif dengan sifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik yang jelas dan metodologi kuantitatif dengan contoh 100 responden. Prosedur pemeriksaan yang digunakan dalam eksplorasi ini adalah non-probability sampling. Berdasarkan hasil pemeriksaan ilustrasi, cenderung diasumsikan bahwa tingkat normal variabel green marketing (X) adalah 70,32% dan variabel brand image (Y) adalah 68,70%. Hasil uji-t menunjukkan bahwa green promotion secara tegas mempengaruhi brand image. Penyelidikan terhadap koefisien assurance harus dilihat dari nilai R square sebesar 52,2%, variabel green marketing dapat mempengaruhi variabel brand image. Kelebihan 47,8% disebabkan oleh berbagai faktor di luar pameran hijau.

References

Aldoko, D., & Yuliyanto, E. (2016). Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merek dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian ( Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi 2012 / 2013 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Produk Tupperware ). Jurnal Administrasi Bisnis, 40(2), 17–23.
Arseculeratne, D., & Yazdanifard, R. (2013). How Green Marketing Can Create a Sustainable Competitive Advantage for a Business. International Business Research, 7(1), 130–137. https://doi.org/10.5539/ibr.v7n1p130
Boztepe, A. (2012). European Journal of Economic and Political Studies Green Marketing and Its Impact on Consumer Buying Behavior. European Journal of Economic and Political Studies, 5(1), 5–21. https://pdfs.semanticscholar.org/cfa6/1e98d7e1fe74ddedd579949a2b226f985a2f.pdf
Choudhary, A., & Gokarn, S. (2019). Green Marketing : a Means for Sustainable Development. Journal of Arts, Science & Commerce, 3(August), 26–32. https://www.researchgate.net/profile/Samir-Gokarn/publication/328332065_Green_Marketing_A_means_for_sustainable_development/links/5d59b014299bf151badea9f8/Green-Marketing-A-means-for-sustainable-development.pdf
Dangelico, R. M., & Vocalelli, D. (2017). “Green Marketing”: An analysis of definitions, strategy steps, and tools through a systematic review of the literature. Journal of Cleaner Production, 165, 1263–1279. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2017.07.184
Green, H., Terhadap, M., & Konsumen, P. (2015). Dr. Ir. O. Esry H. Laoh, MS 3. Ir. Mex L. Sondakh, MSi.
Kim, A. J., & Ko, E. (2010). Impacts of luxury fashion brand’s social media marketing on customer relationship and purchase intention. Journal of Global Fashion Marketing, 1(3), 164–171. https://doi.org/10.1080/20932685.2010.10593068
Kumar, P. (2016). State of green marketing research over 25 years (1990-2014): Literature survey and classification. Marketing Intelligence and Planning, 34(1), 137–158. https://doi.org/10.1108/MIP-03-2015-0061
Marketing, G., & Sustainable, P. F. O. R. (2015). Green marketing development policies and practices for sustainable. 1(3). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23593.34403
Mathur, L. K., & Mathur, I. (2000). An analysis of the wealth effects of green marketing strategies. Journal of Business Research, 50(2), 193–200. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(99)00032-6
Mühlbacher, H., Raies, K., Grohs, R., & Koll, O. (2016). Drivers of brand strength: Configural paths to strong cognitive brand equity. Journal of Business Research, 69(8), 2774–2780. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2015.11.013
Papadas, K. K., Avlonitis, G. J., & Carrigan, M. (2017). Green marketing orientation: Conceptualization, scale development and validation. Journal of Business Research, 80(November 2016), 236–246. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.05.024
Polonsky, M. J. (2011). Transformative green marketing: Impediments and opportunities. Journal of Business Research, 64(12), 1311–1319. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.01.016
Rachmawati, M., & Hasbi, I. (2020). Pengaruh green marketing dan brand image terhadap minat beli amdk ades (Studi pada Konsumen Produk Air Minum dalam Kemasan Ades di Indonesia). Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 71–79.
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di ITC Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Published
2022-09-30
How to Cite
Salsabila, N., & Rubiyanti, R. N. (2022). CITRA PRODUK THE BODY SHOP MELALUI STRATEGI 4P GREEN MARKETING. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(3), 225-239. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2345