INOVASI PRODUK DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF: STUDI PADA USAHA CATERING DI KOTA MAKASSAR
Abstract
Usaha catering menjadi tren bisnis dan jumlah pengusaha catering terus meningkat sehingga persaingan di dalam bisnis catering ini cukup ketat. Makassar sebagai kota besar yang terus berkembang, laju pertumbuhan perekonomian serta perubahan teknologi dan informasinya pun semakin cepat sehingga banyak lapangan usaha yang bermuculan, hal ini juga terjadi pada usaha bisnis catering di kota makassar yang mengakibatkan persaingan bisnis yang semakin kompetitif. Dalam kompetisi semakin ketat, bisnis catering harus memiliki daya saing yang cukup kuat untuk dapat terus bersaing dengan pesaingnya. Oleh karena itu bisnis catering harus memiliki banyak cara dalam mencapai keunggulan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi bisnis terhadap keunggulan kompetitif pada usaha catering di Kota Makassar. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan hasil bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara inovasi produk terhadap keunggulan kompetitif pada usaha catering di Kota Makassar. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi inovasi produk, maka keunggulan kompetitif yang diukur dengan harga, kualitas, dan Time to Market semakin menurun.
References
Kharisma, F. (2017). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Toyota All New Avanza ( Studi Pada Pelanggan Di Dealer Auto 2000 A.yani). Jurnal Ilmu Manajemen, 05(2), 1–7
Milati. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handycrafts Pada Sentra Kerajinan Bambu Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis, 3(2), 19–34.
Noviani. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Kerajinan Tikar Eceng Gondok” Liar”. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(01), 2076–2086.
Priharti dkk. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Usaha Rumah Kreatif Pt. Semen Baturaja Rr. 9(1), 45–59.
Rahmadi dkk. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM Di Jalanan Kota Kediri. Jurnal Ekbis, 21(2), 178–188. https://doi.org/10.30736/je.v21i2.510
Riany dan Dahmiri. (2020). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Wedding Organizer Hastina Puspita Decoration Kota Jambi). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 9(02), 94–104
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititatif Dan R &. D. Alfabeta.
Sultoni, M., & Sudarmiatin, S. (2021). Loyalty as Affecting Mediator of Service Quality And Customer Satisfaction Towards Competitive Advantage. MBIA, 20(1), 91–99. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i1.1310
Widjaja dan Winarso. (2019). Bisnis Kreatif Dan Inovasi (1st ed.). Yayasan Barcode.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.