PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA BOGOR

  • Wanda Intan Aghitsni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Nur Busyra Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Untuk mengetahui keberadaan variabel mandiri, baik hanya pada suatu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan variabel itu sendiri dan mencari pengaruh dengan variabel lain, maka peneliti menggunakan penelitian kuantitatif, metode penelitian survey, analisis deskriptif dan verifikatif. Peneliti menggunakan teknik sampling purposive sampling, sebanyak 96 responden pengguna kendaraan bermotor Yamaha Aerox 155 di Kota Bogor. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan mencari koefisien determinasi untuk mengetahui besaran variabel independen mempengaruhi variabel dependen. Hasil penelitian  pengaruh atau yang disebut koefisien determinasi ditunjukkan oleh variabel Kualitas Produk (X) terhadap Keputusan Pembelian (Y) adalah sebesar 0,677 atau 67,7%, sedangkan sisanya 32,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian.

References

Abdullah, T., & Tantri, F. (2018). Manajemen Pemasaran. PT RajaGrafindo Persada.
Adindo, A. W. (2021). Kewirausahaan dan Studi Kelayakan Bisnis Untuk Memulai dan Mengelola Bisnis. CV Budi Utama.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Astuti, M., & Matondang, N. (2020). Manajemen Pemasaran: UMKM dan Digital Sosial Media (R. H. M. Meutia (ed.); Cetakan Pe). Deepublish.
Barcelona, O., Tumbel, T. M., & Kalangi, J. A. F. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Justiti Motor Lembata. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 34. https://doi.org/10.35797/jab.8.2.2019.23560.34-42
Damiati, Masdarini, L., Suriani, M., Adnyawati, N. D. M. S., Marsiti, C. I. R., Widiartini, K., & Made Diah Angendari. (2017). Perilaku Konsumen. PT RajaGrafindo Persada.
Djohan, A. J. (2016). Manajemen & Strategi Pembelian (R. Adhani (ed.); Cetakan 1). Media Nusa Creative.
Dr. Riduwan, M. B. A., & Dr. H. Sunarto, M. S. (2019). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis (M. P. Prof. Dr. H. Akdon (ed.)). Alfabeta.
Firmansyah, F., & Haryanto, R. (2017). Manajemen Kualitas Jasa Peningkatan Kepuasan & Loyalitas Pelanggan (A. Fauzi (ed.)). Duta Media Publishing.
Harjadi, D., & Arraniri, I. (2021). Experiantal Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial. Insania.
Julian, M. (2019). Begini strategi APM dalam menghadapi ketatnya persaingan pasar skutik. Kontan.Co.Id. https://industri.kontan.co.id/news/begini-strategi-apm-dalam-menghadapi-ketatnya-persaingan-pasar-skutik
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (J. Purba (ed.); Kedua Bela). PT Indeks.
Krisna, A., Agus, Adetiya, L., Nur, F., Marina, & Shodikin, R. (2021). Riset Populer Pemasaran (G. Rahmawan (ed.); Jilid 1). Media Sains Indonesia.
Mangkunegara, A. A. P. (2019). Perilaku Konsumen (A. Gunarsa (ed.); Keenam). PT Refika Aditama.
Purboyo, Hastutik, S., Kusuma, G. P. E., Sudirman, A., Sangadji, S. S., Wardhana, A., Kartika, R. D., Erwin, Hilal, N., Syamsuri, Siahainenia, S., & Marlena, N. (2021). Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual dan Praktis) (Hartini (ed.)). Media Sains Indonesia.
Purwadinata, S., & Batilmurik, R. W. (2020). Pengantar Ilmu Ekonomi Kajian Teoretis dan Praktis Mengatasi Masaalah Pokok Perekonomian (Cetakan 1). CV Literasi Nusantara.
Sari, R. M., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5, 1172. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1573
SastroAtmodjo, S. (2021). Manajemen Pemasaran (Marketing) (R. R. Rerung (ed.)). Media Sains Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.)). CV Alfabeta.
Tebe. (2019). Selalu Berinovasi dengan Trend Terkini, Bikin Yamaha AEROX Terus di Minati! Terasbiker.Com. https://terasbiker.com/2019/03/21/selalu-berinovasi-dengan-trend-terkini-bikin-yamaha-aerox-terus-di-minati/
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. CV Andi.
Published
2022-09-25
How to Cite
Aghitsni, W., & Busyra, N. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA BOGOR. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(3), 38-51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271