PENGARUH PENILAIAN PELANGGAN, PERSAINGAN HARGA, DAN TARIF LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN PENGGUNA MODA TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE DI KOTA MEDAN
Abstract
Skripsi ini berjudul: Pengaruh Penilaian Pelanggan, Persaingan Harga, dan Tarif Layanan Terhadap Keputusan Pelanggan Pengguna Moda Transportasi Berbasis Online di Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan pelanggan dalam menggunakan tranportasi online khususnya di kota Medan. Populasi yang diambil adalah masyarakat Medan Helvetia yang berjumlah 164.910 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cara pengambilan sampel menggunakan rumus slovin yang dimana membutuhkan 100 responden untuk penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah jika menggunakan uji parsial diperoleh nilai persepsi memiliki nilai Thitung. Nilai Thitung penilaian pelanggan berjumlah 0.227 > T tabel 1.66105 lalu jumlah nilai signifikan 0.821 > 0.1 yang akhirnya membuat nilai Ha diterima, artinya penilaian pelanggan mempengaruhi keputusan pelanggan dalam menggunakan transportasi online. Nilai T hitung persaingan harga berjumlah 3.320 > T tabel 1.66105 lalu jumlah signifikannya 0.001 < 0.1 akhirnya membuat Ha diterima, artinya persaingan harga mempengaruhi keputusan pelanggan. Nilai Thitung tarif layanan berjumlah 4.680 > T tabel 1.66105 lalu jumlah nilai signifikan 0.000 < 0.1, yang berarti ini menunjukkan tarif layanan mempengaruhi keputusan pelanggan. Sedangkan menggunakan uji simultan nilai Fhitung sebesar (97.310) > Ftabel sebesar (2.14) dengan nilai signifikan 0.000 < 0.1. Keputusan pelanggan, terhadap tarif layanan, penilaian pelanggan dan persaingan harga mempengaruhi terhadap keputusan pelanggan.
References
Ambarwati, N. S., Yuniarta, G. A., AK, S., & SINARWATI, N. K. (2015). Pengaruh modal kerja, likuiditas, aktivitas dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 3(1).
Annisa Fauziah Tuasikal, R. T. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pt. Sari Ater Hot Spring Hotel & Resort Ciater- Subang (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung).
Djaharuddin, D., Irawati, A., Ridjal, S., & Fachri, D. (2022). Keputusan Belanja Online: Mengukur Pengaruh Penilaian Pelanggan Dan Pengalaman Berbelanja. YUME: Journal of Management, 4(2).
Faadhilah, F. N. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif Dan Beauty Vlogger Sebagai
Faustyna, F., & Jumani, J. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 15(1).
Galuh, S. D. (2018). Analisis Kualitas Layanan, Fasilitas Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jalan Tol Semarang-Salatiga (Studi Kasus PT. Trans Marga Jateng). SKRIPSI.
Gunawan, M. (2012). Analisis Pengaruh Faktor Kontekstual, Kesetiaan Terhadap Merek, Dan Perilaku Berpindah Merek Pada Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Pengguna Handphone Gsm Di Surakarta).
Halimah, M. A., & Yanti, R. D. (2020). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Kilat Khusus Mitra Korporat Kantor Pos
Irsyad, M. R., & Wahyuati, A. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Waroenk Andya Sidoarjo. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(5).
Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Studi Kasus Pada Remaja Perempuan Pengguna Kosmetik Korea Di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 133-142. Purwokerto. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 5(1), 70-79.
Khakim, L., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan variabel kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada pizza hut cabang simpang lima. Journal of Management, 1(1).
Kusumowardhani, D. (2021). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Pendapatan Perusahaan Pada Pelayanan Laboratorium Kesehatan. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 23(1), 74-91.
Mardikawati, W., & Farida, N. (2013). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan, melalui kepuasan pelanggan pada Pelanggan bus efisiensi (studi po efisiensi jurusan yogyakarta-cilacap). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 64-75.
Morrisan, M. A. (2012). Metode penelitian survei. Kencana.
Parengkuan, V., Tumbel, A., & Wenas, R. S. (2014). Analisis pengaruh brand image dan celebrity endorsment terhadap keputusan pembelian produk shampo Head and Shoulders di 24 mart Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di ITC Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.