ANALISIS PENGARUH UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI TERHADAP BRAND AWARENESS PADA MEDIA PEMASARAN YOUTUBE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh elemen komunikasi (komunikator, pesan, komunikan, media, dan umpan balik) secara parsial dan simultan terhadap kesadaran merek konsumen melalui media pemasaran di YouTube. Data diperoleh dari kuesioner yang disampaikan kepada 89 responden mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta di Makassar. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan probability sampling yaitu cluster random sampling. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji-F SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat elemen komunikasi (pesan, komunikan, media, dan umpan balik) secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness konsumen melalui media pemasaran di YouTube sedangkan Communicator sebagai salah satu elemen komunikasi lainnya. tidak memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek. Studi saat ini menyetujui bahwa semua perusahaan memiliki kesempatan untuk mengembangkan komunikasi mereka ke titik di mana nilai pesan mereka mewakili keunggulan kompetitif mereka.
References
Belinda, A., & Loisa, R. (2019). Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasus Partipost). Prologia, 3(1), 9. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6112
Buttle, F. A. (1995). Marketing Communication theory: What do the Texts Teach Our students? 14, 297–313.
Cahyani, K. I., & Sutrasmawati, R. E. (2016). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis, 5(Vol. 5 No. 4, 2016), 281–288. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/8350
Febriyantoro, M. T. (2020). Exploring YouTube Marketing Communication: Brand awareness, brand image and purchase intention in the millennial generation. Cogent Business and Management, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1787733
Fill, C. (2009). Marketing Communications: Interactive... 5th Ed.
Holdford, D. A. (2015). Chapter 14 Marketing Communication. Marketing for Pharmacist: Providing and Promoting Pharmacy Services, 281–305.
Kevin, K., & Paramita, S. (2020). Komunikasi Pemasaran Terhadap Brand Awareness Brand Rockickz. Prologia, 4(1), 147. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6456
Sandra Cleary. (2008). The elements of communication. The Communication Handbook: A Student Guide to Effective Communication, 1–10. http://aslect.eu/documents/case1_Doing2learn/Doing2learn_Communication_Handbook.pdf
Tulasi, D. (2012). Marketing Communication dan Brand Awareness. Humaniora, 3(1), 215. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i1.3253
Wasil, M. (2017). Pengaruh brand awareness brand association dan percieved quality. FORUM EKONOMI, 19(2), 2017.
Berlo, D K. (1960). The process of communication. Holt Rinechart and Winston, New York.
Kaplan, A. (1964). The Conduct of Inquiry: Methodology for Behavioral Science, Chandler, San Francisco.
Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, Jr., Joseph F., et. al. (2011). Multivariate Data Analysis. Fifth Edition. New Jersey: PrenticeHall, Inc.
Suciningtyas, W. 2012. Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal. 1(1).
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.