EFEK BAURAN PEMASARAN PADA NIAT BELI ULANG KONSUMEN UMKM MAKANAN DAN MINUMAN GEREJA SANTO PAULUS BANDUNG

  • Meiliana Suherman Universitas Katolik Parahyangan Bandung
  • Marcellia Susan Universitas Kristen Maranatha, Bandung

Abstract

Sasaran dari penelitian ini adalah untuk menganalisa adakah efek bauran pemasaran secara bersama-sama dan individual pada niat beli ulang konsumen pada UMKM makanan dan minuman Gereja Santo Paulus Bandung. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang responden yang telah membeli produk secara online dalam kurun waktu kurang dari satu tahun pada UMKM makanan atau minuman Gereja Santo Paulus Bandung. Seluruh data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran angket kuesioner. Pengujian dan analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Metode pengolahan data dilakukan dengan uji regresi melalui uji F dan uji t. Peneliti menyimpulkan bahwa setiap elemen dalam bauran pemasaran memiliki efek secara bersama-sama pada niat beli ulang konsumen. Sementara itu dari seluruh elemen bauran pemasaran, hanya elemen tempat yang tidak memiliki efek secara individual pada niat beli ulang konsumen UMKM makanan dan minuman Gereja Santo Paulus Bandung.

References

Abdullah, Thamrin & Tantri, Francis. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Alfonsius, Genesis Sembiring Depari, dan Jen Peng Huang. 2021. Marketing Mix and Repurchase Intention of Café Industry During Covid 19 : A Statistical and Data Mining Analysis. Jurnal Minds : Manajemen Ide dan Inspirasi Vol 8 No. 2.
Angipora, Marius P. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Bilson, S. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Buchari, Alma. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Dahono, Yudo. 2021. Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021. Diakses pada 27 November 2021.
Dirgantara, Ganet. 2021. Usaha Makanan dan Minuman Penyelamat Ekonomi Jakarta. https://www.antaranews.com/berita/2447469/usaha-makanan-dan-minuman-penyelamat-ekonomi-jakarta. Diakses pada 29 November 2021.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : Universitas Diponegoro.
Hellier. 2003. Customer Repurchase Intention : A General Structural Equation Model. European Journal of Marketing, 37(11), 1762.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Manumpil Anggraini. et al. 2021. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Produk Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA Vol 9 No 3.
Nuseir, M., & Madanat, H. 2015. 4Ps : A Strategy to Secure Customer Loyalty via Customer Satisfaction. International Journal of Marketing Studies, 7(4), 78.
Sekaran, Uma, dan Roger Bougie. 2017. Research Methods For Business: A Skill Building Approach. New York: John Wiley & Sons.
Sulaiman, Yaty. et al. 2017. The Influence of Marketing Mix and Perceived Risk Factors on Online Purchase Intentions. International Journal of Research in Business Studies and Management, Vol 4 No 9.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Undang-Undang No 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2022-03-10
How to Cite
Suherman, M., & Susan, M. (2022). EFEK BAURAN PEMASARAN PADA NIAT BELI ULANG KONSUMEN UMKM MAKANAN DAN MINUMAN GEREJA SANTO PAULUS BANDUNG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(1), 421-431. https://doi.org/10.31955/mea.v6i1.1874