KEMAMPUAN, MOTIVASI DAN KINERJA SISWA PKL TERHADAP PERSIAPAN KARIR SISWA
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan adalah pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang profesional dalam bidang tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh positif kemampuan, motivasi dan kinerja siswa PKL terhadap persiapan karir siswa di SMKN 1 Pacet jurusan agrobisnis pengolahan hasil pangan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 12 jurusan agrobisnis pengolahan hasil pangan dengan jumlah sampel sebanyak 31 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan metode mediasi analisa outer model, analisa inner model dan uji hipotesa menggunakan alat bantuan program pengelolaan data SMARTPLS 3. Hasil Penelitian menunjukan kemampuan tidak terdapat pengaruh signifikan (positif) terhadap persiapan karir siswa. Motivasi memiliki pengaruh signifikan (positif) terhadap persiapan karir siswa dan kinerja tidak memiliki pengaruh signifikan (positif) terhadap persiapan karir siswa.
References
[2] B. Yusadinata, A.S; Machmud, A; Santoso, “Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri (Prakerin), Informasi Dunia Kerja dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK,” Edukatif J. Ilmu Pendidik. J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 6, pp. 4108–4117, 2021.
[3] P. Praktik et al., “Pengaruh Praktik Kerja Industri, Prestasi Akademik, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Akuntansi Kelas Xii Smk Negeri 1 Brebes Tahun Ajaran 2013/2014,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 4, no. 2, pp. 404–413, 2015.
[4] I. M. Sirsa, N. Dantes, and I. G. K. A. Sunu, “Kontribusi Ekspektasi Karier, Motivasi Kerja, Dan Pengalaman Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Seririt,” J. Adm. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2014.
[5] Z. Zuniarti and B. T. Siswanto, “Pengaruh motivasi belajar, kinerja intensitas pembimbingan prakerin terhadap kesiapan kerja siswa SMK Pariwisata DIY,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 3, no. 3, pp. 405–415, 2013, doi: 10.21831/jpv.v3i3.1852.
[6] S. R. Abubakar, “Pelaksanaan Bimbingan Karir Bagi Siswa Sma Sebagai Persiapan Awal Memasuki Dunia Kerja1,” Neliti, vol. 01, no. 34, pp. 137–144, 2011.
[7] S. Iswa, B. Anderson, and D. Pembinaan, “Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa,” vol. 6, pp. 255–266, 2017.
[8] L. Journal, “Lantanida Journal,” vol. 7, no. 1, 2019.
[9] K. A. Lestari and N. Fauziah, “Hubungan Antara Konformitas Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Di Sma Muhammadiyah Kudus,” Empati, vol. 5, no. 4, pp. 717–720, 2016.
[10] I. Sari, “Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris,” Manaj. Tools, vol. 9, no. 1, pp. 41–52, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/191.
[11] I. Syatoto, “Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada PT . Wahana Ottomitra Multiartha Tbk),” Univ. Pamulang, pp. 1–25.
[12] Illanisa, N., Zulkarnaen, W., & Suwana, A. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Sekolah Dasar Islam Binar Indonesia Bandung. Jurnal Semar: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 16-25.
[13]J. W. Laksana, “Mempersiapkan Karir Siswa Di Era Digital Melalui,” vol. 8, no. 2, pp. 119–124, 2019.
[14] M. P. Kuantitatif, M. Praktis, and P. Deskriptif, “BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3.1 Paradigma,” no. 29, pp. 37–42, 2013.
[15] Y. Yuniarti, “Metode Penelitian,” Perpustakaan.Upi.Edu Repos., p. 24, 2016, [Online]. Available: http://repository.upi.edu/25735/6/T_PEKO_1402072_Chapter 3.pdf.
[16] Gani, “Belajar Alat Analisis Data,” p. 278, 2014.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.