PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN M3 VISION MALANG

  • Roni Angger Aditama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indocakti Malang
  • Yudhi Anggoro Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indocakti Malang
  • Tasnim Nikmatullah Realita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indocakti Malang

Abstract

Karyawan merupakan asset yang dimiliki oleh sebuah organisasi, pengelolaan organisasi yang baik dan benar melalui gaya kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja akan berdampak positif terhadap kinerja karyawan. Sebagaimana penelitian yang telah diadakan dengan judul “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan”. Dengan dimensi gaya kepemimpinan transformasional mencakup, Inspirational Motivation, Idealized Influence, Individualized Consideration, Intelectual Simulation, dimensi motivasi kerja mencakup, Need for Achievement, Need for Power, Need for Affiliation, dan dimensi kinerja karyawan meliputi, Quantity, Quality, Cost Effectiveness, Timeliness, Interpersonal Impact, Need for Supervision. Jenis penelitian ini ialah eksplanatori yang bersifat asosiatif dengan menggunakan 33 sampel karyawan M3 Vision Malang. Metode pengambilan data dengan observasi, interview, dan kuesioner, serta telah diuji validitas dan reliabilitas terhadap 41 butir pertanyaan dengan hasil valid (r hitung > r tabel 0,334) dan reliabel (Croncbach Alpha dengan koefisien ≥ 0.6). Untuk berikutnya, diadakan serangkaian proses analisis dengan metode analisis linier regresi berganda diperoleh hasil persamaan , uji asumsi klasik, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, uji T partial, uji F simultan, uji multikolinieritas, dan Koefisien Determinasi (R²), dimana proses pengolahan data mempergunakan software IBM SPSS versi 25 dan diperoleh hasil terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan.

References

Aditama, Roni Angger. (2020). Pengantar Manajemen Teori dan Praktek, Malang: AE Publishing.
Bass, B.M. (1985). Leadership and Performance Appraisal Beyond Expectation. New York, Free Press
Dessler, Gary. (2006). Manajemen Sumberdaya Manusia Jilid 1. Jakarta, PT. Indeks
Kharis, Indra. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Karyawan Bank Jatim Cabang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Volume 3 Nomor 1 Maret 2015. Universitas Brawijaya, Malang.
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2009). Manajemen Sumberdaya Manusia Perusahaan. Rosdakarya, Bandung.
Robbins, Stephen. P. (2006). Perilaku Organisasi Edisi Bahasa Indonesia. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Robbins, Stephen. P, & Judge, T.A (2015). Perilaku Organisasi. Salemba 4 Edisi 16, Jakarta Selatan
Saputri, Rahayu, & Nur Rahmah Andayani. (2018). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Departemen Production di PT Cladtek Bi-Metal Manufacturing Batam. Journal of Applied Business Administration Vol.2 No. 2.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian:Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung
Suranta, Sri. (2002). Dampak Motivasi Karyawan Pada Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Dengan Kinerja Karyawan Perusahaan Bisnis. Empirika, Volume 15 Nomor 2.
Tampi, Bryan.J. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Negara Indonesia, Tbk (Regional Sales Manado). Journal “Acta Diurna” Volume III, Nomor 4.
Yukl, Gary. (2010). Leadership in Organization. Alih Bahasa oleh Udaya Jusuf: Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta, Prehallindo.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I. D., & Widia, R. (2018). The Influence of Work Motivation to Work Achievement of Employees in PT. Alva Karya Perkasa Bandung. Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, 1(1), 42-62.
Published
2022-03-10
How to Cite
Aditama, R., Anggoro, Y., & Realita, T. N. (2022). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN M3 VISION MALANG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(1), 404-422. https://doi.org/10.31955/mea.v6i1.1856