PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT DAN DAMPAKNYA TERHADAP CITRA PERUSAHAAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh Kawasan Industri X di Kabupaten Gresik terhadap persepsi masyarakat dan dampaknya terhadap citra kawasan tersebut. Teori yang digunakan sebagai landasan penelitian yaitu Corporate Social Responsibility, persepsi masyarakat dan citra perusahaan. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan metode nonprobability sampling. Dari 100 kuisioner yang dibagikan pada 3 desa yang berada di sekitar Kawasan Industri X, terpilih 74 sampel yang relevan dan memenuhi kriteria. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa secara ekonomi, Kawasan Industri X di Kabupaten Gresik memperoleh keuntungan karena biaya CSR yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit karena dibagi dengan seluruh tenan yang berada didalam kawasan, namun mengalami kerugian secara sosial, dimana persepsi masyarakat sekitar dan citra perusahaan menjadi kurang baik dikarenakan pihak kawasan arikry dianggap kurang memberikan CSR pada masyarakat.
References
Aryawan, M., Rahyuda, I. K., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Faktor Corporate Social Responsibility (Aspek Sosial, Ekonomi dan Lingkungan) Terhadap Citra Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud Vol 6 No 2, 604-633.
Hamluddin, Sarwoprasodjo, S., & Purnaningsih, N. (2019). Konflik Sosial Kawasan Industri Jababeka Dalam Persepektif Komunikasi. Jurnal Makna Volume 4 No 1, 1-19.
Meliawati, T., Fadillah, A., & Gerald, S. C. (2021). Pengaruh Kegiatan Corporate Social Responsibility Local Farmer Empowerment Terhadap Citra Pizza Hut. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol 5 No 2, 1702-1711.
Murtadlo, K. (2014). Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility terhadap Citra Perusahaan PT Tirta Investama Keboncandi pada Masyarakat Desa Jeladri Winongan Pasuruan. Jurnal Sketsa Bisnis Vol 1 No 1 , 1-15.
Mustika, S., & Perwito, W. A. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Citra Perusahaan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung 40000. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol 5 No 2, 1543-1553.
Parawangsa, R., & Lestari, I. (2020). Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Semen Tonasa Dalam Pemberdayaan Kelompok Usaha Perempuan di Wilayah Pesisir Desa Bulu Cindea Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 1766-1783.
Saragih, B. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT ABC President Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana.
Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.