DAMPAK KUALITAS PRODUK TERHADAP PERSEPSI NILAI, KEPERCAYAAN DAN NIAT MAHASISWA MEMBELI GADGET ELEKTRONIK
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir perhatian para peneliti tentang pengaruh yang diberikan oleh kualitas produk terhadap perilaku pelanggan telah menjadi titik fokus yang selalu diteliti. Namun demikian, ada masalah signifikan yang belum ditangani dan diselesaikan, salah satunya berkaitan dengan pengaruh kualitas gadget elektronik terhadap nilai yang dirasakan mahasiswa, kepercayaan dan niat mereka untuk membeli. Oleh sebab itu peneliti mencoba mengangkat masalah ini menjadi tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data analisis menggunakan SEM software. Mengingat masih terbatasnya penelitian tentan hal ini maka, lima hipotesis yang diajukan diuji secara empiris menggunakan sampel 150 mahasiswa yang ada di kota Bandung. Hasilnya mendukung semua hipotesis yang diajukan kecuali hipotesis empat yang meskipun positif seperti yang didalilkan, tidak signifikan.
References
Alamsyah, R. A. (2016). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap niat pembelian ulang di toko online. Manajemen Bisnis, 6(2).
Amanah, D. (2010). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang HM Yamin Medan. Jurnal keuangan & bisnis, 2(1), 71-87.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 14(2), 155-168.
Apriliani, E. P. (2013). Pengaruh Risiko Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 4(2).
Ardhanari, M. (2012). Customer Satisfaction Pengaruhnya terhadap Brand Preference Dan Repurchase Intention Private Brand. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 58-69.
Cahya, N., & Shihab, M. S. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Smartphone Asus. Studi Kasus di PT. Datascrip. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 1(01), 34-46.
Curatman, A. (2016). Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 61-75.
Haekal, A., & Widjajanta, B. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko terhadap Minat Membeli Secara Online pada Pengunjung Website Classifieds di Indonesia. Journal of Business Management Education (JBME), 1(1), 183-195.
Hardjanti, A., & Amalia, D. (2014). Pengaruh Customer Service Quality, Customer Perceived Value, Customer Satisfaction, Customer Trust Dan Switching Barriers Terhadap Customer Retention. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 5(1), 17898.
Hidayat, R. (2009). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 11(1), 59-72.
Kusuma, R. W., & Suwitho, S. (2015). Pengaruh Kualitas produk, harga, fasilitas dan emosional terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).
Meinar, T., & Suryani, T. (2019). Persepsi Nilai dan Kualitas Layanan terhadap Perilaku Kewarganegaraan Pelanggan Aplikasi Go-Jek. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 12(2), 77-78.
Picaully, M. R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Gadget Di Shopee Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1), 31-40.
Purbarani, V. H., & Santoso, S. B. (2013). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Diferensiasi Produk, Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Larissa Aesthetic Center Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Puspita, R., & Yunus, M. (2017). Pengaruh Faktor Sosial, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepercayaan Merek serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Telepon Selular (Studi Kasus pada Pengguna Samsung di Kota Banda Aceh). Jurnal Magister Manajemen, 1(1), 46-58.
Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 1-10.
Rafiah, K. K. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Berbelanja Melalui E-Commerce di Indonesia. Al Tijarah, 5(1), 46-56.
Ruhamak, M. D., & Rahayu, B. (2016). Pengaruh word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image pada Lembaga kursus Bahasa inggris Dynamic English Course Pare. EKONIKA Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2).
Sanjaya, W., Rahyuda, I. K., & Wardana, I. M. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Reputasi Merek terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Mie Instant Merek Indomie di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(4), 877-904.
Suandana, N. P. W., Rahyuda, K., & Yasa, N. N. K. (2016). Pengaruh Pengalaman Membeli Produk FashionTerhadap Niat Membeli Kembali Melalui Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 10(1), 85-97.
Subagio, H., & Saputra, R. (2012). Pengaruh Perceived Service Quality, Perceived Value, Satisfaction Dan Image Terhadap Customer Loyalty (Studi Kasus Garuda Indonesia). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 42-52.
Syaroh, A. U. (2019). Faktor Kontrol Diri Dalam Penggunaan Gadget (Smartphone) Pada Siswa. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 69-78.
Tiong, P. (2017). Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan PT Mitra Phinastika Mustika Tbk. SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 1-25.
Tjahjaningsih, E., & Yuliani, M. (2009). Analisis Kualitas Produk dan Citra Merek dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Merek HP Nokia. Telaah Manajemen, 6(2), 249314.
Vidyawati, P. (2009). Pengaruh Kepercayanan Merek Terhadap Loyalitas Merek (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Pengguna SIM Card Merek IM3) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Wijaya, A. (2013). Analisa Pengaruh Perceived Quality terhadap Perceived Value Konsumen Pengguna Internet Mobile XL di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(1).
Wulandari, N. L. P. S., & Ekawati, N. W. (2015). Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Persepsi Nilai Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan (Doctoral dissertation, Udayana University).
Yunita, D., Nazaruddin, A., & Nailis, W. (2019). Pengaruh Youtube Advertising terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7(1), 36-46.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.