PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK DAN KEPEMILIKAN NPWP TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI MELALUI RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

(Studi Kasus di KPP Pratama X)

  • Ernawati Ernawati STIE Muhammadiyah Bandung
  • Yuniati Yuniati STIE Muhammadiyah Bandung
  • Rustandi Rustandi STIE Muhammadiyah Bandung
Keywords: Pengetahuan Pajak, Kepemilikan NPWP, Religiusitas, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pibadi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh pengetahuan pajak dan kepemilikan NPWP terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi melalui religiusitas sebagai variabel intervening. Manfaat penelitian ini untuk menambah ilmu pengetahuan bagi penulis, memberikan masukan kepada Kantor Pelayanan Pajak Pratama X di Jawa Barat, tentang pengetahuan pajak dan kepemilikan NPWP terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi melalui religiusitas sebagai variabel intervening, dan manfaat bagi akademis menjadi referensi dalam melakukan penelitian-penelitian selanjutnya.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analitis, dan teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan metode statistik nonparametrik dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) dimana analisis jalur tidak hanya menguji pengaruh langsung saja, tetapi juga menjelaskan tentang pengaruh tidak langsung yang diberikan variabel bebas melalui variabel intervening terhadap variabel terikat.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara tidak langsung pengetahuan pajak dan kepemilikan NPWP melalui religiusitas mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada kantor pelayanan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama X di Jawa Barat.

References

pada KPP Pratama Bandung Cicadas. Jurnal Riset Akuntansi - Volume VII/ No.2/ Oktober 2015 ISSN 2086-0447. Program Studi Universitas Komputer Indonesia.

Febriyanti, Irna. (2013). Pengaruh Kewajiban Kepemilikan NPWP, Pemeriksaan Pajak dan Penagihan Pajak terhadap Penerimaan Pajak (Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama di Wilayah Jakarta Selatan).

Gunandi. (2003). Kebijaksanaan Penagihan Pajak. Jakarta : BP. Cipta Karya.

Handayani, Sapti Wuri, Faturokhman, Agus & Pratiwi, Umi. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan membayar pajak wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Simposium Nasional Akuntansi XV.

Hardiningsih, Pancawati & Yulianawati, Nila. (2011). ). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan membayar pajak. Dinamika Keuangan dan Perbankan, 3(2).

http://jabar.tribunnews.com/2018/03/08/kepala-kanwil-ditjen-pajak-jabar-i-sebut-kepatuhan-pajak-masyarakat-masih-rendah. (diunduh 30 Mei 2018 jam 12.30).

http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2017/12/06/kepatuhan-wajib-pajak-lapor-spt-rendah-415321. (diunduh 30 Mei 2018 jam 12.45).

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3744743/tingkat-kepatuhan-pajak-orang-ri-masih-kalah-dari-malaysia. (diunduh 30 Mei 2018 jam 13.00).

Mardiasmo. (2011). Perpajakan Edisi Revisi 2009. Yogjakarta. Penerbit Andi.

Marsono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. In Media. Bogor.

Neng Siti RW, Bagianto, Agus dan Yuniati Yuniati. (2018). Pengaruh Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dan Dampaknya Terhadap Efektivitas Penerimaan Pajak Penghasilan Badan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 2.2 e-ISSN : 2621-5306 Hal 115-143.

Nurjannah, Intan. (2017). Pengaruh Dimensi Konsekuensi Religiusitas dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan dalam Perpajakan (studi kasus pada KPP Pratama Kabupaten Boyolali), Doctoral Dissertation. IAIN Surakarta.

Nurmantu, Safri. (2010). Pengantar Perpajakan. Jakarta: Kelompok Yayasan Obor.

Putri, Wike Puspasari. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pemilik Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) (Survey Pada Wajib Pajak Pemilik UMKM Yang Terdaftar Di Kpp Pratama Batu). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Univers.

Rahayu, Siti Kurnia. (2013). Perpajakan IndonesiaKonsep dan Aspek Formal.

Rahmawaty, Stella. (2014). Pengaruh Pengetahuan Modernisasi Strategi Direktoral Jenderal Pajak, Sanksi Perpajakan dan Religiusitas yang Dipersepsikan Terhadap Kepatuhan Perpajakan”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Vol 3, No 1.

Resmi, Siti. (2005). Perpajakan Teori dan Kasus Edisi 4. Jakarta : Granit.

Siti Masruroh, Zulaikha. (2013). Pengaruh Manfaat NPWP, Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada WP OP di Kabupaten Tegal), Diponegoro Journal Of Accounting 435-449. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Suandy, Erly. (2011). Hukum Pajak Edisi 5.Salemba Empat: Jakarta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tansuria, Billy Ivan. (2010). Pokok-Pokok Ketentuan Umum Perpajakan, Edisi Pertama, Graha Ilmu. Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 Tentang “Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan. (n.d.).

Wati, Reny Eka. (2016). Pengaruh Pengetahuan Modernisasi Strategi Direktorat Jenderal Pajak, Sanksi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus dan Religiusitas yang Dipersepsikan Terhadap Kepatuhan Perpajakan. Naskah Publikasi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Widayanti & Nurlis. (2010). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas Pada KPP Pratama Gambir Tiga. Diambil dari: ejournal.unri.ac.id (5 April 2016).

Widodo, Widi. (2010). Moralitas, Budaya dan Kepatuhan Pajak. Bandung: Alfabeta.

Yuniati. (2016). "Perpajakan Teori, Konsep & Praktik. Diliengkapi aplikasi e-spt, e-billing, dan e-filling dan soal soal USKP". Bandung: Children Book Multimedia. ISBN 978-602-60112-0-6

Yuniati.(2017).Pemotongan/Pemungutan PPH. Konsep, Contoh, dan Studi Kasus. Children Book Multimedia . Bandung.

Published
2019-08-25
How to Cite
Ernawati, E., Yuniati, Y., & Rustandi, R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK DAN KEPEMILIKAN NPWP TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI MELALUI RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(2), 121-133. Retrieved from https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/178

Most read articles by the same author(s)