PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP BELANJA MODAL

  • Nissa Anggit Pratiwi Universitas Padjajaran

Abstract

 Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang merupakan sumber penerimaan asli daerah dan Dana Alokasi Umum (DAU) yang merupakan dana transfer dari pusat terhadap Belanja Modal pada Kabupaten dan Kota se-Indonesia Tahun Anggaran 2012-2014.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikasi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purporsive sampling. Adapun data penelitian yang diambil adalah 318 kabupaten dan kota yang tersebar di Indonesia yang diperoleh dari data sekunder yaitu dari Direktorat Jenderal Primbangan Keuangan Departemen Keuangan berupa Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Modal pada periode 2012-2014. Data tersebut akan dianalisis melalui uji asumsi klasik untuk memaksimalkan keakuratan dalam pengelolaan data. Sedangkan dalam menguji hipotesis menggunakan analisis regresi data panel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial PAD berpengaruh terhadap belanja modal, dan Dana Alokasi Umum berpengaruh terhadap belanja modal. Ini mengindikasikan bahwa PAD dan DAU yang besar dalam proporsi penerimaan daerah sangat mampu berpengaruh pada alokasi belanja modal

References

Ajija, S. R., Sari, D. W., Setianto, R. H. dan Primanti M. R.. (2011). Cara Cerdas Menguasai Eviews. Jakarta: Salemba Empat.

Darwanto dan Yulia Yustikasari. (2007) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, dan Dana Alokasi Umum terhadap Pengalokasian Belanja Modal. Simposium Nasional Akuntansi X, Unhas Makasar 26 – 28 Juli 2007.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan program IBM SPSS 21. Semarang: Universitas Diponegoro.

¬¬Halim, A. (2004) Seri Bunga Rampai Manajmenen Keuangan daerah Pengelolaan Keuangan Daerah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Harianto, D dan Adi, P. H. (2007) Hubungan Antara Dana Alokasi Umum, Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah, dan Pendapatan Per Kapita. Simposium Nasional Akuntansi X, Makassar.

Nachrowi, D. N., & Usman, H. (2006). Pendekatan Populer dan Praktis Ekonometrika Untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Prakosa, Kesit Bambang, 2004. “Analisa Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap prediksi Belanja Daerah (Studi Empirik di Provinsi Jawa Tengah dan DIY”. JAAI Vol. 8 No. 2, 101-118.

Rohmana, Y. (2013). Ekonometrika: Teori dan Aplikasi dengan Eviews. Bandung: Laboratorium Pendidikan Ekonomi dan Koperasi FPEB UPI.

Sanusi, A. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Soleh, C dan Rochmansjah, H. (2010) Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Bandung: Fokusmedia.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tuasikal, A. (2008) Pengaruh DAU, DAK, PAD, dan PDRB Terhadap Belanja Modal Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia. Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi. Vol. 1, No. 2. Hal.142-155

Umar, H. (2008). Desain Penelitian Akutansi Keprilakuan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Widarjono, A. (2013). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya.Yogyakarta: Ekonosia

Widayat, Wahyu, 1994, Maksimalisasi Pendapatan Asli Daerah sebagai Kekuatan Ekonomi Daereah, Jurnal Akuntansi dan Manajemen, STIE YKPN, XXI/No.3, 28-34.

www.djpk.depkeu.go.id

www.keuda.kemendagri.go.id

Published
2019-08-25
How to Cite
Pratiwi, N. (2019). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP BELANJA MODAL. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(2), 105-120. Retrieved from https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/177