PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, CITRA MEREK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP NIAT BELI APARTEMEN DI JAKARTA

  • Soegeng Wahyoedi Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta

Abstract

Karena popularitas apartemen di Indonesia, investasi di pasar ini terus tumbuh dari tahun ke tahun, dan pasar apartemen menjadi sangat kompetitif. Penelitian saat ini sangat penting karena akan menginformasikan pengembang apartemen tentang jenis apartemen yang disukai calon pembeli di pasar yang kompetitif seperti Jakarta. Oleh Sebab itu Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor-faktor produk yaitu kualitas produk, kualitas layanan, citra merek, dan desain produk apartemen terhadap niat beli apartemen di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif  dengan pengambilan data primer dengan kuisioner.Kuisioner di lakukan secara online. Data dikumpulkan dari sampel 400 orang di Jakarta yang sedang mempertimbangkan untuk membeli sebuah apartemen. Menurut temuan penelitian ini, desain produk, kualitas produk, dan citra merek semuanya merupakan prediktor niat beli yang signifikan secara statistik. Pengembang dan pemasar apartemen disarankan untuk membuat rekomendasi kritis dan praktis untuk memastikan daya saing mereka di pasar apartemen.

References

Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103.
Anggraeni, A. D. (2011). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (\ (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).
Aryadhe, P., & Rastini, N. M. (2016). Kualitas pelayanan, kualitas produk dan citra merek terhadap niat beli ulang di PT AGUNG TOYOTA Denpasar (Doctoral dissertation, Udayana University).
Aryani, D., & Rosinta, F. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 17(2).
Farhan, M. Y., & Kamal, M. (2015). Analisis Pengaruh Citra Merek, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus pada Konsumen Nike di Kota Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Fauzia, L. R. (2019). Determinan Harga Rumah Di Indonesia. DINAMIKA: Jurnal Ekonomi Pembangunan, 11(1), 61-68.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Hansudoh, S. A. (2012). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Melalui Perceived Value pada Produk Top Coffee di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(5).
Hidayat, R. (2009). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 11(1), 59-72.
Ismayanti, N. M. A., & Santika, I. W. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Sepatu Olahraga Nike di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(10), 5720-5747.
Junaedi, M. S. (2015). Pengaruh Kesadaran Lingkungan Pada Niat Beli Produk Hijau: Studi Perilaku Konsumen Berwawasan Lingkungan. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9(2), 189-201.
Kennedy, R., Buys, L., & Miller, E. (2015). Residents’ Experiences of Privacy and Comfort in Multi-Storey Apartment Dwellings in Subtropical Brisbane. Sustainability, 7(6), 7741-7761.
Khasanah, I. (2013). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Sedaap di Semarang. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 4(1).
Kotler, P. & Keller, (2012). Marketing Management, 14th Global Edition. Prentice Hall International, Inc., USA.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: Prehallindo.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of Marketing. Pearson Education.
Lisa, D. (2011). Kajian Pengembangan Apartemen Wisata Sebagai Hunian Sementara Wisatawan. Jurnal Arsitektur, 2(1).
Maslow, A., & Lewis, K. J. (1987). Maslow's Hierarchy of Needs. Salenger Incorporated, 14(17), 987-990.
Mufreni, A. N. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48-54.
Pandesia, A. E., Saerang, I. S., & Sumarauw, J. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Perumahan Griya Paniki Indah Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).
Paramita, N. D., & Yasa, N. N. K. (2015). Sikap Dalam Memediasi Hubungan Kesadaran Lingkungan Dengan Niat Beli Produk Kosmetik Ramah Lingkungan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17(2), 187-195.
Permana, M. V. (2013). Peningkatan Kepuasan Pelanggan melalui Kualitas Produk dan Kualitas Layanan. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 4(2).
Pratomo, G., & Kristiyanto, S. (2013). Analisis Sistem dan Peranan Kelembagaan Sektor Perumahan di Kabupaten Jember: Paradigma New Institutional Economics (NIE). Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 11(1), 42-56.
Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-9.
Samad, A., & Wibowo, I. (2016). Pengaruh Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Specs di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(3), 1-9.
Santoso, I. (2016). Peran Nilai Utilitarian dan Hedonis Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Minuman Probiotik. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 13(3), 183-183.
Shahnaz, N. B. F., & Wahyono, W. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Toko Online. Management Analysis Journal, 5(4).
Suciningtyas, W. (2012). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Media Communication terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 1(1).
Wicaksono, S. A. (2015). Pengaruh Merek dan Desain Terhadap Minat Beli Konsumen (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).
Published
2021-12-04
How to Cite
Wahyoedi, S. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, CITRA MEREK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP NIAT BELI APARTEMEN DI JAKARTA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 2622-2633. https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1744