PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT HARJAGUNATAMA LESTARI (TOSERBA BORMA) CABANG DAKOTA

  • Budi Prasetio Universitas Nasional Pasim
  • Yunita Rismawati Universitas Nasional Pasim
Keywords: Promosi penjualan, keputusan pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi promosi penjulan,keputusan pembelian di PT. Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota.  Selain itu, untuk mengetahui berapa besar pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian di PT. Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota.  .

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah berbelanja di PT. Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota.  Ukuran sampel sebanyak 88 responden, pengambilan sample menggunakan teknik simple random sampling.  Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner yang telah lulus uji validitas dan reliabilitas.  Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis asosiatif (regresi linear berganda). 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) promosi penjualan dalam indikasi lemah khususnya pada alat insentif yang ditawarkan (2) Secara umum keputusan pembelian cukup baik (3) Terdapat Pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian.