PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI OLEH BRAND TRUST PADA BUKALAPAK

  • Nugraha Maulana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iin Juliana Saftari Universitas Tadulako
  • Reminta Lumban Batu Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Elektronic word-of-mouth (E-WoM), ialah pernyataan yang berpotensial serta prkatis dikonumikasikan sama pelanggan yang menggunkan barang atau layanan.  Brand trust ialah  kemauan klien untuk pada merek yang Anda temui karena harapannya terhadap merek akan mengarah pada hasil yang lebih baik. Keputusan pembelian merupakan perilaku konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli setelah mempertimbangkan pemilihan dari berbagai aspek seperti: pemilihan produk, merek, kondisi, dan jumlah barang yang dikehendaki. Tujuan diadakan penelitian ini untuk pengetahuan sebarapa besar pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM) terhadap Brand Trust pada Bukalapak, untuk mengetahui sebarapa besar pengaruh Brand Trust kepada Purchase Decision pada Bukalapak, serta mengetahui besarnya pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM) terhadap Purchase Decision Dimediasi oleh Brand Trust pada Bukalapak. Sampel penelitian ini menggunakan 110 responden serta menggunatakan tekniik sempel Hair.et.al. Data diolah menggunakan sofware SPSS 21 dan LISREL 9.30 Student. Hasil penelitian ini adanya pengaruh signifikan dan positif pada elektronic word of mouth berpengaruh terhadap brand trust. terdapat adanya pengaruh signifikan dan positif pada brand trust terhadap keputusan pembelian. Adanya pengaruh secara tidak langsung secara signifikan serta positif pada elektronic word of mouth (E-WoM) kepada Keputusan pembelian dimediasi oleh brand trust.

References

Auliannisa Gifani, & Syahputra. (2017). Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk smartphone oppo pada mahasiswa universitas telkom, 81–94.
Delgado-Ballester, E., & Munuera-Alemán, J. L. (2005). Does brand trust matter to brand equity? Journal of Product and Brand Management. https://doi.org/10.1108/10610420510601058
Dharmaresta, B. S., & Handoko, H. (2018). Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku Konsumen.
Kotler & Keller. (2016). Kotler & Keller - Marketing Management. Boletin cultural e informativo - Consejo General de Colegios Medicos de España (Vol. 22).
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). prinsip-prinsip pemasaran.
Makmur, T. (2019). TEKNOLOGI INFORMASI. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.24036/ib.v1i1.12
Nasution, S. L., & Limbonong, Christine Herawati Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan Kemudahan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Journal Ecobisma.
Rahayu, N. (2019). 4 Faktor Ini Penyumbang E-Commerce Indonesia Tumbuh Cepat. (Rosmayanti, Ed.).
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Published
2021-11-17
How to Cite
Maulana, N., Saftari, I., & Batu, R. (2021). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI OLEH BRAND TRUST PADA BUKALAPAK. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 2327-2341. https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1668