ANALISA KINERJA DOSEN BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA DI POLITEKNIK MANUFAKTUR BANDUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kinerja dosen berdasarkan tingkat kepuasan mahasiswa di Politeknik Manufaktur Bandung (Polman Bandung). Metode penelitian adalah metode deskriptif, dengan mengumpulkan data survei melalui kuesioner. Responden adalah mahasiswa Polman Bandung berjumlah 387 mahasiswa terdiri dari 18 kelas mewakili semua jurusan. Untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap dosen, penelitian menggunakan analisis tingkat harapan dan tingkat kinerja (informance—performance analysis) dengan skala Likert. Data dari hasil kuesioner terhadap 387 reponden, kepuasan mahasiswa dapat diketahui dari selisih antara kinerja dosen dengan harapan mahasiswa. Secara keseluruhan dari 10 indikator yang dinilai, rerata kesesuaian kinerja dosen adalah 85,71 %. hal ini berarti kinerja tersebut belum memenuhi harapan mahasiswa karena kurang dari 100%. Tingkat kesesuaian yang tertinggi adalah dosen memberi tes singkat dan atau tugas-tugas yang dinilai selain nilai UAS dan UTS sebesar 92, 81 %, sedangkan tingkat kesesuaian yang terendah adalah tidak semua dosen mengembalikan hasil tes/tugas mahasiswa yang telah diberi nilai sesuai dengan waktu yang diharapkan, tanggapan dari hal tersebut dari 387 responden diperoleh hasil tingkat kesesuaian sebesar 76,16%, indikator ini mempunyai tingkat kesesuaian yang paling rendah dikarenakan beberapa dosen tidak mengembalikan hasil tes/tugas mahasiswa yang telah diberi nilai sesuai dengan waktu yang diharapkan oleh mahasiswa, dengan adanya informasi terkait hasil tes/tugas mahasiswa, maka mahasiswa tersebut akan dapat mengevaluasi kekeurangan-kekurangannya untuk melakukan perbaikan dimasa yang akan datang.
References
Artopo, VEA (2016). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Fakultas Psikologi dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadyah Surakarta di : http://eprints.ums.ac.id/43918/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf [Diakses pada tanggal 23-4-2019]
Sulastri, Tuti (2016). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen di:
https://media.neliti.com/media/publications/154569-ID-analisis-kepuasan-mahasiswa-terhadap-kin.pdf [Diakses pada tanggal 25-4-2019]
Hidayat, Amir (2012). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Proses Belajar Mengajar Di Jurusan Kemaritiman Politeknik Negeri Samarinda:
http://karyailmiah.polnes.ac.id/images/Download-PDF/Arsip%20Jurnal/EKSIS-VOL.08-NO.1-APRIL-2012/no%2008%20-%20amir%20hidayat%202060%20-%20%202065%20-%20ANALISIS%20KEPUASAN%20MAHASISWA%20TERHADAP%20PROSES%20BELAJAR%20MENGAJAR%20DI%20JURUSAN%20KEMARITIMAN%20POLITEKNIK%20NEGERI%20SAMARINDA.pdf [Diakses pada tanggal 10-5-2019]
Eko, dkk. (2012). Penelitian Ex post facto, deskriptif dan Historis. Universitas Sebelas Maret: Surakarta. [On line] Tersedia di: http://www.penalaran-unm.org/artikel/penelitian [Diakses pada tanggal 12-7-2018]
.Nasution, M.N. (2001). Manajemen Kualitas Terpadu.
Jakarta: Ghalia Indonesia.
Umar, Husein. (2005). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sunarni, (2015) Analisis Pelaksanaan Beban Kerja Dosen (BKD) tersedia di : http://ap.fip.um.ac.id/wp- content/uploads/2015/05/07- sunarni.pdf [Diakses pada tanggal 22-5-2019]
Sukardi ,dkk. (2006). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk Cornet Produksi PT. CIP, Denpasar, Bali. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. Vol.18 (2). Hal 106- 117
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.