PENEGAKAN HUKUM PERSAINGAN USAHA DALAM SEKTOR EKONOMI DIGITAL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penegakan hukum persaingan usaha dalam sektor ekonomi digital. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris. Jenis bahan hukum dalam penelitian ini adalah bahan hukum sekunder yang dikumpulkan dengan metode studi literatur. Jenis penelitian ini mengacu pada penelitian hukum sosiologis, mengacu pada hukum yang telah berlaku dan terjadi dalam kehidupan bermasyarakat serta dengan mengumpulkan berbagai fakta serta teori yang dibutuhkan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil analisa sumber hukum, dapat disimpulakan bahwa regulasi yang digunakan di Indonesia untuk mengatur persaingan usaha dalam era digital ini belum secara khsusus dirumuskan. Belum adanya regulasi yang mengatur tentang pasar digital sangat disayangkan mengingat hal ini sangat urgent untuk diperhatikan oleh pemerintah sebab struktur pasar ini sangat berbeda dalam segala aspeknya dengan pasar konvensional yang telah dikenal, dan sangat berpotensi untuk dikembangkan
References
Agustina, M. (2020). Persaingan Usaha Tidak Sehat Antar Online Shop Dalam Kondisi Covid-19 Terhadap Kebijakan Yang Dikeluarkan Oleh Presiden. Res Judicata, 3(1), 15-25.
Bangun, D. A., & Sunaryanto, L. T. (2020). Analisis Karakteristik Kewirausahaan Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Online Di Bale Hidroponik Salatiga. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(1), 11-26.
Chen, Y. (2020). Improving market performance in the digital economy. China Economic Review, 62, 101482.
Efendi, S. (2020). The Role of Human Capital in the Education Sector in Efforts to Create Reliable Organizational Human Resources. International Journal of Science and Society, 2(1), 405-413.
Efendi, S., Sugiono, E., Guritno, E., Sufyati, & Hendryadi. (2020). Building innovation and competitiveness for low technology manufacturing SMEs through imitating capability and learning: The case of Indonesia. Cogent Social Sciences, 6(1), 1803515.
Efendi, S., Sugiono, E., Guritno, E., Sufyati, & Hendryadi. (2020). Building innovation and competitiveness for low technology manufacturing SMEs through imitating capability and learning: The case of Indonesia. Cogent Social Sciences, 6(1), 1803515.
Effendi, B. (2020). Pengawasan Dan Penegakan Hukum Terhadap Bisnis Digital (E-Commerce) Oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Dalam Praktek Persaingan Usaha Tidak Sehat. Syiah Kuala Law Journal, 4(1), 21-32.
Effendi, B. (2020). Pengawasan Dan Penegakan Hukum Terhadap Bisnis Digital (E-Commerce) Oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Dalam Praktek Persaingan Usaha Tidak Sehat. Syiah Kuala Law Journal, 4(1), 21-32.
Handayani, O., & Sulistiyono, A. (2020). Pembadanan Hukum Fintech Sebagai Instrumen Pengaturan Persaingan Usaha Yang Sehat. Masalah-Masalah Hukum, 49(3), 244-255.
Handayani, O., Al Adawiah, R., Sulistiyono, A., & Pamungkas, A. J. (2020). Analisis Pasar Bersangkutan Dalam Hukum Persaingan Usaha Pada Era Disrupsi 4.0 (Bisnis Online Versus Bisnis Konvensional). Soumatera Law Review, 3(2), 156-172.
Hasan, F., Zubaedah, R., & Apriani, R. (2020). Penyelesaian Perkara Persaingan Usaha Berdasarkan Sikap Inisiatif Komisi Pengawas Persaingan Usaha. Singaperbangsa Law Review (SILREV), 1(1), 105-126.
Li, K., Kim, D. J., Lang, K. R., Kauffman, R. J., & Naldi, M. (2020). How should we understand the digital economy in Asia? Critical assessment and research agenda. Electronic commerce research and applications, 44, 101004.
Litvinenko, V. S. (2020). Digital economy as a factor in the technological development of the mineral sector. Natural Resources Research, 29(3), 1521-1541.
Mafulah, H. (2020). Pengecualian Perjanjian yang Berkaitan Paten dan Lisensinya dalam Pengawasan Persaingan Usaha. SIGn Journal of Law (SIGn Jurnal Hukum), 1(2), 87-103.
Maheswari, A. A. (2020). Batasan, Wewenang dan Keterlibatan KPPU Dalam Kasus Persekongkolan Tender Menurut Hukum Persaingan Usaha. Jurist-Diction, 3(5), 1581-1596.
Malau, P., Ambarita, L. M., & Sinaga, N. A. (2020, October). Sosialisasi Strategi Persaingan Bisnis Online Di Era Pandemi Covid 19 Di Fakultas Hukum Universitas Simalungun. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian (Vol. 3, No. 1, pp. 432-435).
Paparang, J. A. (2020). Tugas dan Wewenang Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Dalam Penanganan Pelanggaran Hukum Persaingan Usaha Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999. Lex Privatum, 7(7).
Rombot, R. J. T. (2020). Peranan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Dalam Menyelesaikan Sengketa Usaha Perdagangan Menurut Undang-Undang No. 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Lex Privatum, 8(4).
Santoso, R., Munawi, H. A., & Nevita, A. P. (2020). Analisa Perilaku Konsumen: Strategi Memenangkan Persaingan Bisnis di Era Ekonomi Digital. Jurnal G-Tech, 4(1), 286-293.
Tan, G., & Zhou, J. (2021). The effects of competition and entry in multi-sided markets. The Review of Economic Studies, 88(2), 1002-1030.
Yanuarsi, S. (2020). Akuisisi Bank Asing Terhadap Perbankan Nasional Ditinjau dari Aspek Hukum Persaingan Usaha. Solusi, 18(3), 419-432.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.