KEPERCAYAAN PELANGGAN DAN KUALITAS LAYANAN DALAM MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN DI MEOWW PETSHOP GRESIK
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan guna mengetahui apakah kepercayaan pelanggan (X1) dan kualitas0layanan (X2) mempunyai pengaruh terhadap loyalitas0pelanggan (Y). dimana kepercayaan pelanggan dan kualitas layanan menjadi variabel bebas sedangkan loyalitas pelanggan menjadi variabel terikat. Tempat dilakukannya penelitian bertempat di Meoww Petshop Gresik. Kuisioner digunakan sebagai metode pengumpulan data yang sudah diisi oleh responden yaitu pelanggan Meoww Petshop Gresik. Mengambil sampel sebanyak 100 (Seratus) orang0responden. dengan metode purposive sampling. menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Kesimpulan Penelitian ini variabel bebas yakni kepercayaan pelanggan(X1) mempunyai pengaruh parsial terhadap variable terikat loyalitas pelanggan(Y) di Meoww Petshop Gresik dengan hasil uji t sebanyak 3.170 dengan taraf signifikansi sebesar 0,002. Sedangkan variabel kepuasan pelanggan(X2) juga mempunyai pengaruh parsial terhadap loyalitas pelanggan di Meoww Petshop Gresik dengan hasil uji t sebesar 5.810 pada taraf signifikansi 0,000.
References
Darsono, L. I., & Dharmmesta, B. S. (2005). Kontribusi Involvement Dan Trust In A Brand. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 20(2005).
Erviana, O. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Dr. Soewondo Kendal. Universitas Negeri Semarang.
Hidayat, R. (2009). Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk dan nilai nasabah terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), 59–72.
Jill, G. (n.d.). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan (2005). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, P. (n.d.). Keller (2009). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1. In Jakarta. Erlangga.
Lita, R. P. (2014). Pengaruh kepercayaan pada komitmen loyalitas pelanggan. Trikonomika Journal, 8(2), 71–77.
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran jasa, Salemba Empat. Jakarta.
Maria, W. (2012). Pengaruh Kualitas Relationship Marketing -Oriented Promotion Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Lion Air di Surabaya dan Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(1).
Saputro, R., & Lataruva, E. (2010). Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada PT. Nusantara Sakti Demak). UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Septria, R. (2013). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Atas Pengembangan Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Honda Vario Techno di Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Manajemen, 2(01).
Setyawan, B. D. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi pada PDAM Tirta Moedal Semarang). Universitas Negeri Semarang.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta, 1.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2009). Manajemen jasa. cetakan kedua. edisi kesatu. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Umar, H. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 2. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Wulandari, W. (2016). Analisis Kualitas pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Ahass Motor Jl. Kalimantan No. 13 Jember).
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.