PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA BANDUNG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari brand equity terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian deskriptif. Teknik sampling menggunakan teknik non probability sampling jenis purposive sampling dengan total responden sebanyak 400. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara parsial, brand equity berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di kota Bandung. Selain itu, hasil penelitian menyatakan bahwa brand equity yang terdiri dari brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand royalty secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk tersebut.
Referensi
Adam, M. A., & Akber, S. N. 2016. “The Impact of Brand Equity on Consumer Purchase Decision on Cell Phones”. European Journal of Business and Innovation Research, 4.
Ariestonandri, P. 2006. Marketing Research for Beginner. Yogyakarta: ANDI
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2018. BULETIN APJII. https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI23April2018 Diakses 4 April 2021.
Databoks. 2016. Pada 2020, Android Diproyeksi Menjadi Raja Gadget Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/31/pada-2020-android-diproyeksi-jadi-raja-gadget-dunia Diakses 25 November 2020.
Detik Inet. 2020. Inilah 5 Penguasa Pasar Smartphone Dunia. https://inet.detik.com/business/d-4880069/inilah-5-penguasa-pasar-smartphone-dunia Diakses 27 November 2020.
Durianto, D., Budiman, L. J., & Sugiarto. 2017. Brand Equity Ten : Strategy Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
HP Sultan. 2021. 5 Merk Hp Terbaik di Dunia Tahun 2021, Siapa Juaranya? https://hpsultan.com/merk-hp-terbaik-di-dunia Diakses 20 Januari 2021.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Marketing Management. New Jersey: Pearson Education
Kotler, P., & Keller, K. L. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Index Kelompok Gramedia.
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di ITC Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Tekno Kompas. 2019, May 8. Google: Ada 2,5 Miliar Perangkat Android yang Aktif Dipakai. https://tekno.kompas.com/read/2019/05/08/13310017/google--ada-2-5-miliar-perangkat-android-yang-aktif-dipaka Diakses 25 November 2020.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##














