PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KUALITAS LULUSAN PESERTA DIDIK SMA ALFA CENTAURI DI KOTA BANDUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Kualitas Lulusan SMA Alfa Centauri Kota Bandung secara simultan maupun parsial. Ada tiga dimensi studi, seperti: Pengawasan Kepala Sekolah (terdiri dari: perencanaan supervisi; pelaksanaan supervisi; tindak lanjut kegiatan supervisi). Kompetensi guru (kompetensi pedagogik; kompetensi kepribadian; kompetensi profesional; kompetensi sosial.Kualitas lulusan (prestasi akademik; prestasi non akademik).
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif analitik. Instrumen pengumpulan data terdiri dari kuesioner dan studi dokumentasi. Kuesioner telah dibagikan kepada 37 guru yang mengajar ke-12 dan studi dokumen telah dilakukan dengan studi pustaka. Analisis jalur telah menjadi kerangka konseptual penelitian dan hipotesis telah dibuktikan dengan menggunakan program SPSS versi 16.0, versi windows 7, dan laptop axioo untuk menghitung hasilnya.
Hasil penelitian adalah Pengaruh supervisi Kepala Sekolah terhadap Kualitas Lulusan sebesar 79,2%.;Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kualitas Lulusan sebesar 39,3%.; Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Kualitas Lulusan sebesar 83,8%; Pengaruh supervisi Kepala Sekolah terhadap kompetensi guru sebesar 17,2%. Kesimpulan penelitian menunjukkan Pengaruh antara supervisi Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Kualitas Lulusan mempunyai hubungan yang signifikan secara simultan. Hal ini memperlihatkan hubungan yang erat apabila dilaksanakan oleh sekolah maka besar pengaruhnya terhadap Kualitas lulusan peserta didik di SMA Alfa Centauri di Kota Bandung.
References
Amstrong, Michael. 1998. Manajemen Sumber Daya Manusia. Alih Bahasa. Sofyan. Cikmat dan Haryono. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Amin Ibrahim. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Bandung : Bandar Maju
Cucu Suhana. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT. Refika Aditama
Christine Manopo, 2011. Competency Based Talent And Performance Management System. Jakarta : Salemba Empat
Chaizi Nasucha. 2004. Reformasi Administrasi Publik: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Dadang Suhardan. 2010. Supervisi Profesional Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Era Otonomi Daerah. Bandung : Alfabeta
Dwight Waldo. 1979. Pengantar Studi Public Administration., Aksara Barn, Jakarta.
Edy Sutrisno, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Felix A. Nigro dan L. Loyd G. Nigro. 1970.Administrasi Publik. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Harbani Pasolong. 2007. Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta
Husein Umar. 2007, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Iskandar Agung, dkk. 2014. Mengembangkan Profesionalitas Guru Upaya Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Kinerja Guru. Jakarta : Bee Media Pustaka
Pfiffner, John M and Presthus, Robert V. 1960. Public Administration. New York : The Ronald Press Company.
Mukhtar dan Iskandar. 2013. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta : Referensi (Gaung Persada Press Group)
Moeheriono, 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia
Nurtain. 1989. Supervisi Pengajaran (teori dan Praktek). Jakarta: Depdikbud, Dirjen. Dikti
Stillman II. Richard J. 1992. Public Administration. Concept and Cases. 7 th ed, Houghton Mifflin Company.
Sugiyono. 2005. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2007, Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Penerbit Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta
Supardi. 2013. Sekolah Efektif Konsep Dasar Dan Praktiknya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Tjutju Yuniarsih dan Suwatno. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta
Uma Sekaran. 2007. Research Methods For Business. Jakarta : Salemba Emp at.
Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Edisi Ketiga. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada
Yeremias T Keban. 2004. Enam Dimensi Strategis Admistrasi Publik, Konsep, Teori, dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.
Zainal Aqib. 2009. Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional Bandung : Yramawidya
Jurnal :
Ariyadi Raberi,Happy Fitria,Yessi Fitriani. 2020. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru.
Edi Rismawan. 2015. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru.
Yopi Aprida, Happy Fitria, Nurkhalis Nurkhalis, 2020. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Sumber Lain-Lain
Undang-Undang Tentang Guru dan Dosen Pasal 1 ayat 10) tentang kompetensi
UU RI No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.