PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN TARIF TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT MATA CICENDO BANDUNG
Abstract
Riset ini memiliki tujuan analisa pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas serta tarif terhadap kepuasan pasien rawat inap pada RS mata Cicendo Bandung pada bulan Febuari-April 2021. Populasi riset yakni 3.104 pasien rawat inap dan di peroleh sampel penelitian sebanyak 97 orang pasien rawat inap di RS Mata cicendo Bandung. Data dikumpulkan melaluipenyebaran kuesioner terhadap 97 orang pasien rawat inap yang minimal sudah dirawat selama 1x24 jam dan sudah dalam keadaan diizinkan untuk pulang. Dalam penelitian ini jenis yang dipakai ialah penelitian asosiatif memakai pendekatan kuantitatif. Data diolah memakai uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda serta pengujian hipotesa, maka didapatkan hasil yakni kualitas pelayanan, fasilitas serta harga memberi pengaruh signifikan secara parsial ataupun simultan kepada kepuasan pasien rawat inap. Hasil penelitian didapat hasil sebesar 73,4% kepuasaan pasien bisa dijelaskan variabel kualitas pelayanan, fasilitas serta harga. Dan 26,6% kepuasaan pasien dipengaruhi variabel yang tak diteliti oleh peneliti.
References
Assauri, S. (2014). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.
Handayani, SB & Taufik, M. (2017). "Analisa Keputusan Konsumen Warung Angkringan ( Studi Kasus Pada Warga Kos di Kota Semarang )". Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 24(43), 9.
Jasa. (n.d.). https://accurate.id/bisnis-ukm/jasa-adalah/
Kotler, & A. (2012). "Prinsip-prinsip Pemasaran (13. Jilid 1 (Ed.)). Erlangga."
Pemasaran. (n.d.). https://kamus.tokopedia.com/p/pemasaran/
Ririn Tri, R. (2011). "Manajemen Pemasaran Jasa. Ghalia Indonesia."
Sugiyono. (2011). "Metode Peelitian Pendidikan. CV. Alfabeta."
Sugiyono. (2012). "Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta."
Sugiyono. (2013a). "Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta."
Sugiyono. (2013b). "Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta."
Tjiptono, F. (2012). "Manajemen Jasa. Andi offset."
Tjiptono, F. (2014a). "Pemasaran Jasa. Gramedia Cawang."
Tjiptono, F. (2014b). "Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Andi offset."
Yulius, Y. (2020). "Strategi Pemasaran Umkm Ditinjau Dari Bauran Pemasaran Untuk Menunjang Perekonomian Di Era Digital Pada Masa Pandemi". 1, 8.
Zeithaml, & B. (2013). Service Marketing (6th ed.). Mc Graw Hill.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.