PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MULTIVITAMIN ENERVON-C PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Regina Febiola Anjani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Salim Siregar Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Dalam era digitalisasi perkembangan teknologi dan informasi serta perekonomian menjadi terus meningkat. Namun, saat ini di seluruh dunia sedang mengalami terjadinya Pandemi Covid-19 termasuk Indonesia. Perekonomian Indonesia menurun karena terjadinya pandemi, salah satunya dibidang industri. Tetapi, tidak semua bidang industri mengalami penurunan, seperti industri Kimia, Farmasi dan Obat Tradisional. Riset ini dilakukan agar bisa tau Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Multivitamin Enervon-C di Kabupaten Karawang Pada Masa Pandemi Covid-19. Metode yang dipakai pada riset adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Dengan sampel 100 responden diperoleh dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Untuk menganalisis data digunakan teknik skala likert  dan analisis jalur. Hasilnya memperlihatkan secara deskriptif variabel Citra Merek, Kepercayaan dan Keputusan Pembelian berada pada kategori baik, artinya Citra Merek yang dibangun Enervon-C sudah baik yang membuat konsumen di Kabupaten Karawang percaya sehingga mempengaruhi Keputusan Pembelian konsumen. Berdasarkan nilai korelasi antara Citra Merek dengan Kepercayaan menunjukkan hubungan yang kuat. Didapat pengaruh parsial Citra Merek dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian yaitu sebesar 18,34% dan 66,89%. Terdapat pengaruh simultan antara Citra Merek dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 85,23%. Dan, sisanya 14,77% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

References

Fatihudin, D. (2020). Metodologi Penelitian Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi-Edisi Revisi Lengkap Contoh Kasus. Surabaya: Zifatama Publishing.
Firmansyah, M. A. 2019. Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Surabaya: Penerbit Qiara Media.
Gunawan, G. L. C. (2020). Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis
Jusuf, D. I. 2021. Perilaku Konsumen Di Masa Bisnis Online. Yogyakarta: Penerbit Andi
Muliana, M., Suleman, A. R., Arif, N. F., Simatupang, S., Sitepu, C. N. B., Wahyuddin, W & Sudirman, A. (2020). Pengantar Manajemen. Yayasan Kita Menulis.
Sudarsono, H. 2020. Manajemen Pemasaran. Surabaya: Pustaka Abadi.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarjo, S. Sos., M. Ab. 2019. Metode Penelitian. Yogyakarta: Deepublish
http://www.darya-varia.com/id/about/about-us (Diakses oleh penulis, 21 Maret 2021 pukul 02.39 WIB)
https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/ (Di akses oleh penulis, 17 Maret 2021 pukul 20.12 WIB).
Zulkarnaen, W., et al. (2020). Comparative Study of Tax Policy Related to COVID-19 in ASEAN Countries. International Journal of TEST Engineering & Management. 83(2),6519-6528. https://testmagzine.biz/index.php/testmagzine/article/view/8548
Published
2021-09-14
How to Cite
Anjani, R., & Siregar, S. (2021). PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MULTIVITAMIN ENERVON-C PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 396-412. https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1481