PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI PT BPR KERTA RAHARJA BANDUNG

  • Fazri Samia Raziawati Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
  • Lutfi Esa Herliyani Ma'rup Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

Abstract

Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan nasabah di PT BPR Kerta Raharja Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan studi pustaka, observasi, serta kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji validitas, realibilitas, koefisien determinasi, koefisien korelasi, serta uji hipotesis. Merujuk pada penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh kesimpulan bahwa pelayanan prima memiliki hubungan yang sedang pada kepuasan nasabah. Demikian diketahui dari nilai koefisien korelasi pelayanan prima pada kepuasan nasabah sebesar 0,574 berada pada interval tingkat hubungan yang sedang. Hasil uji hipotesis t menyatakan yakni ditemukan pengaruh antara pelayanan prima dengan kepuasan nasabah yang diterima karena perolehan t hitung melebihi t tabel (4, 439 > 1.683). Kemudian berdasarkan perhitungan nilai koefisien determinasi hasilnya yakni 0,330 atau 33,0% artinya bahwa Variabel Y (Kepuasan Nasabah) di BPR Kerta Raharja Bandung dipengaruhi oleh Variabel X (Pelayanan Prima) yaitu 33,0%, sementara 67,0% sisanya bergantung pada variabel lainnya yang tidak dilakukan penelitian.

References

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.
Asih, N. S. (2016). Pengaruh Pelayanan Prima ( Service Excellence ) Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Agata Singaraja. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7(2), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/7797
Daryanto, I. S. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Gava Media.
Farida, A., & Hardianawati. (2019). Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Cabang Pahlawan Revolusi Baru. Administrasi Bisnis, 3(2), 11–20.
Ilmu, F., Universitas, S., & Pelanggan, K. (2012). PELAYANAN PRIMA DAN KEPUASAN PELANGGAN DI KANTOR. 1–12.
Khaerunnisa, H. (2014). Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Studi Akuntansi Dan Bisnis, 1. 1(1), 49.
Kurniawan, A. (2010). Belajar Mudah SPSS untuk Pemula. Mediakom.
Madiun, M. K. C. P., & Fatmawati, W. N. (2021). Analisis Strategi Pelayanan Prima Dalam Complain Handling Sebagai Upaya Meningkatkan Kepuasan Nasabah ( Studi Kasus Pada Bank Skripsi.
Mukaromah, N. F., & Wijaya, T. (2020). Profit : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan 3 ( 1 ) 2019 . P : 45-51 Profit : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan, 4(1), 24–32. Https://Ejournal.Unuja.Ac.Id/Index.Php/Profit
Rini, V. W., Pujiastuti, A., Ekonomi, F., Panca, U., & Probolinggo, M. (2017). Pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan konsumen pada koperasi suka maju kabupaten probolinggo. Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Koperasi Suka Maju Kabupaten Probolinggo, 5(September), 22–28.
Sholeha, L., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 15. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6465
Wibisono, A., & , S. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. PERFORMANCE “ Jurnal Bisnis & Akuntansi,” 6(2), 32. https://doi.org/10.24929/feb.v6i2.268.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2021-08-16
How to Cite
Raziawati, F., & Ma’rup, L. E. (2021). PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI PT BPR KERTA RAHARJA BANDUNG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(2), 1870-1885. https://doi.org/10.31955/mea.v5i2.1410