PERAN INFLUENCER DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN APLIKASI TIKTOK PADA MAHASISWA EKONOMI UNIVERSITAS TRIDINANTI PALEMBANG
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari, internet memiliki pengaruh yang penting bagi manusia seperti dalam hal sosial, ekonomi dan politik. Setiap tahunnya, internet sangat memengaruhi kehidupan umat manusia. Tak dapat dipungkiri bahwa teknologi telah merubah peradaban dunia dengan cepat (APJII, 2020). Internet menjadi hal yang wajib dan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Melalui internet hampir seluruh kebutuhan dapat dipenuhi sehingga pengeluaran terus bertambah untuk mengakses internet. Tujuannya yaitu untuk mengetahui pengaruh peran dan E-WoM terhadap Keputusan menggunakan aplikasi tiktok. Metode kuantitatif digunakan didalam penelitian.
Disimpulkan bahwa variabel influencer memilki pengaruh terhadap keputusan mahasiswa menggunakan aplikasi Tiktok. Sehingga, langkah yang digunakan untuk dapat meningkatkan keputusan mahasiswa dengan menggunakan influencer sudah tepat. Selain itu, variabel E-WoM juga mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa menggunakan aplikasi Tiktok. Menginformasikan secara elektronik mempunyai dampak yang signifikan dalam meningkatkan penggunaan aplikasi Tiktok. Begitu juga variabel influencer dan E-WoM memilki pengaruh terhadap variabel keputusan menggunakan aplikasi Tiktok secara simultan.
References
A. Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Brown Duncan & Hayes, Nick. 2008. Influencer Marketing, Who really influences your customers. UK: Elsevier Ltd
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., and Marticotte, F. 2010. E-WoM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context, Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5-23.
Gruen,T.W et al (2006), E-WoM: The Impact Of Customer-To-Customer Online Knowhow Exchange On Customer Value And Loyalty. Journal Of Business Research. Vol. 59. No.4, Pp. 449-456.
Hair, et al, 2014, Multivariate Data Analysis, New International Edition., New Jersey : Pearson.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Lengkawati, A. 2021. Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. PRISMAKOM, 18(1),33-38.
Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.
Min Liu, et al. 2006. Middle school students' self-efficacy, attitudes, and achievement in a computer-enhanced problem-based learning environment. Journal of interactive learning research.
Pratama, Sandi Marga, dan Muchlis.(2020). Pengaruh Aplikasi TikTok Terhadap Ekspresi Komunikasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri (Uin) Sunan Ampel Surabaya Tahun 2020. INCARE: International Journal of Education Resources. 1(2).
Rahadi, Dedi Rianto dan Leon A. Abdillah. 2013. The Utilization of Social Networking As Promotion Media (Case Study: Handicraft Business in Palembang). Jurnal Sosial dan Informasi, Vol. 3, No. 1, Hal: 1-6.
Riani R, dan Samatan N. 2020. Pengaruh Influencer Marketing Dan Viral Marketing Terhadap Pengambilan Keputusan Penggunaan Aplikasi Tiktok. International Journal of Communication, Management and Humanities AID Conference, Hal: 145-156.
Sari A, Saputra M dan Husein J. 2017. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.Com. Jurnal Manajemen Magister, Vol. 03. No.01.
Siswanto, Tito. 2013. Optimalisasi Sosial Media sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Jurnal Liquidity, Vol. 2, No. 1, Hal: 80-86.
Sudha, M & Sheena K. 2017. ”Impact Of Influencers In Consumer Decision Process: The Fashion Industry.” Jurnal A Quartely (14-30). SCMS Of Indian Management
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/19/ragam-alasan-orang-menggunakan-media-sosial# diakses tanggal 17 Mei 2021
https://id.wikipedia.org/wiki/TikTok diakses tanggal 18 Mei 2021
https://www.statista.com/statistics/1168819/indonesia-social-media-platforms-used-daily/ diakses tanggal 17 Mei 2021
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.