PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TANAMERA COFFEE PACIFIC PLACE
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan adanya pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Tanamera Coffee Pacific Place. Tujuan penelitian untuk menjelaskan apakah kualitas produk dan kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan Tanamera Coffee Pacific Place. Teori yang digunakkan dalam penelitian ini adalah Teori Kepuasan (the expectancy disconfirmation model), Komunikasi Pemasaran, dan Bauran Pemasaran. Dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif sehingga dapat menjelaskan dengan angka dan menggunakan teknik sampling purposive dan menggunakan kuesioner online dengan sampel 100 orang. Hasil dari penelitian ini yakni bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, implikasi pada penelitian ini yakin bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kedepannya diharapkan Tanamera Coffee Pacific Place harus mempertahankan kualitas produk dan kualitas pelayanan yang diberikan dan melakukan sesuatu yang lebih inovativ terkait dengan kepuasan pelanggan.
References
Gaspersz, V. (2011). Total Quality Management, Untuk Praktisi Bisnis dan Industri. Bogor: Vinchristo Publication.
Hair, J. F. (2014). Multivariate Data Analysis. Harlow. England: Pearson Education Limited.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2016) Marketing Management. 15th Global Edition: Pearson Education Limited, Edinburgh Gate.
Kotler, P. & Armstrong, G. (2014) Pinciples of Marketing. New Jersey : Pearson Education Limited.
Lovelock, C. & Wirtz, J. (2011). Service Marketing, People, Technology, Strategy. Prentice Hall Upper Sadle River. New Jersey
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran Teori Dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2012) Perilaku Konsumen jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Nasehudin, T. S., & Gozali, N. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia
Priyatno, D. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom
Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada Ranch Market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1-22.
Saraswati, P., Kumadji, S., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Survey Pada Pelanggan Coffee Shop Starbucks di Surabaya dan Kuala Lumpur). JAB-Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1), 1-8.
Sembiring, I. J,. Suharyono,. & Kusumawati, A. (2014). Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonald’s MT.Haryono Malang). ). JAB- Jurnal Administrasi Bisnis. 15(1), 1-10.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS, Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen, Dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumarwan, U. (2017). Perilaku Konsumen, Teori, dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Wijaya, T. (2011). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta:Indeks.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.