PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU KIMBER (@KIMBERSHOES)
Abstract
Tujuan riset ini untuk mengetahui pengaruh langsung media sosial instagram @kimbershoes terhadap keputusan pembelian sepatu Kimber. Riset ini mempergunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi follower instagram Kimber Shoes sebesar 310.000 pengikut dan diambil sebagai sampel sebanyak 102 orang responden setelah melalui perhitungan rumus Slovin. Kuesioner merupakan instrumen utama untuk mengumpulkan data. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online pada follower instagram Kimber Shoes. Selain kuesioner, data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka sebagai data sekunder. Metode analisis memakai analisis regresi linier sederhana dan koefisien korelasi dengan diproses menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan signifikannya keberpengaruhan variabel (X) media sosial instagram terhadap variabel (Y) keputusan pembelian. Sebesar 68,8% yang variabel bebas (X) dapat memberi pengaruh pada variabel terikat (Y) dan sisanya 31,2% dipengaruhi komponen lain di luar variabel penelitian.
References
Alyusi, S. D. (2016). Media Sosial: Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Jakarta: Kencana.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Anggraini, D. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan Pakaian Wanita Almira Shop di Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Followers. Jom Fisip, 2(2), 1–15. Retrieved from http://www.portalgaruda.org
Bakhtiar dkk. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Di Toko Nindy Pernak Pernik Pangkalan Bun. Magenta, 8(2), 87–92.
Ekasari, N. (2014). Pengaruh promosi berbasis sosial media terhadap keputusan pembelian produk jasa pembiayaan kendaraan pada PT. BFI Finance Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora, 16(2), 43450. Journal of Chemical Information and Modeling, 16, 81–102.
Hartono, R., Arifin, R., & Hufron, M. (2016). Pengaruh Strategi Promosi Sosial Media (Instagram) Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Mbok taya. E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 167–184.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296
Jashari, F., & Rrustemi, V. (2016). The Impact of Social Media on Consumer Behavior in Kosovo. SSRN Electronic Journal, VII(1), 1–21. https://doi.org/10.2139/ssrn.2850995
Kimber. (n.d.). Retrieved July 8, 2021, from https://www.kimber.id/page/tentang-kami
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Permadi, I., & Fathussyaadah, E. (2021). Survivability Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Adopsi Media Sosial sebagai Media Pemasaran. JIMEA, 5(1), 347–356.
Refiani, A. S., & Mustikasari, A. (2021). Analisis Pengaruh Sosial Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada This! By Alifah Ratu Tahun 2020. EProceedings of Applied Science, 6(3), 2753–2758.
Sugianto Putri, C. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
We Are Social & Hootsuite. (2020). Indonesia Digital report 2020. Global Digital Insights, 43.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.