PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP TRUST BELIEF DALAM BERBELANJA ONLINE TOKOPEDIA DI KOTA MEDAN

  • Eka Dewi Setia Tarigan Universitas Medan Area, Medan

Abstract

Tokopedia sebagai salah satu market place yang paling bamyak diminatiAdapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah online customer review berpengaruh secara parsial terhadap trust belief? (2) apakah e service quality berpengaruh secara parsial terhadap trust belief, (3) apakah online customer review dan e serice quality berpengaruh secara simultan terhadap trust belief. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode survey. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi liner berganda, teknik analisis data ini menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil pengolahan data yang menggunakan analisis regresi liner berganda maka dapat diperoleh nilai t hitung lebih besar dari table yaitu 2,052 > 1,99 maka hipotesis pertama (1) diterima. Untuk variable online customer review diperoleh nilai t hitung sebesar 4,756 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena t hitung lebih besar dari tabel yaitu 4,756> 1,99 maka hipotesis kedua dapat diterima. Nilai f hitung diperoleh 14,528 > f table 3,09 sehingga hipotesis yang ke tiga diterima yang berarti variable e service quality dan variable online customer review memiliki pengaruh terhadap trust belief, dengan tingkat signifiikansi sebesar  0,000 yang berarti sangat signifikan.

References

lfiah Indahsari, T. I. (2020). Pengaruh Service E Quality Dan Relationship Marketing Terhadap Trust Pada Sociolla . Jurnal Ekonomi dan Perbankan.
Mc Knight, D. V. (2002). Developing And Validating Trust Measure For E-Commerce: An Interactive Typology InformationSystem Research. 334-359.
McKeever, M. W. (2016). Assessing the influence of customer reviews on trust and online purchasing behavior. Fukuoka Japan.
Mukherjee. A., &. N. (2007). A Model Pf Trust in Online Relationship Banking . International Journal Of Bank Marketing , 5-15.
Parasuraman, A. V. (1985). A Conseptual Model Of Service Quality and its Implication For Future Research. Journal Of Marketing, 12-40.
Park, C. l. (2009). Information direction, website reputation and e WOMeffect: A Moderating role of A Product Type. journal Of Bussiness Research.
Schlosser, A. W. (2006). Converting Web Site Visitors Into Buyers: How web site investment increases consumer trusting beliefs and onlinepurchase intntion . Journal Of Marketing, 133-148.
Zeithaml. (2006). Service Marketing. United State of America: McGraw-Hill.
Zhu, F. &. (2010). Impact of Online Consumer Reviews on Sales : The Moderating Role of Product and Consumer Characteristics. Journal Of Marketing, 134-138.
Zulkarnaen, W., et al. (2020). Comparative Study of Tax Policy Related to COVID-19 in ASEAN Countries. International Journal of TEST Engineering & Management. 83(2),6519-6528. https://testmagzine.biz/index.php/testmagzine/article/view/8548.
Published
2021-04-22
How to Cite
Tarigan, E. D. S. (2021). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP TRUST BELIEF DALAM BERBELANJA ONLINE TOKOPEDIA DI KOTA MEDAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(1), 1685-1698. https://doi.org/10.31955/mea.v5i1.1340