PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PT.KAI BANDUNG

  • Tetralleniajr Tetralleniajr Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
  • Novita Anggraeni Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
  • Dian Candra Fatihah Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

Abstract

Kajian ini dijalankan dengan maksud untuk melihat pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan di PT. KAI Bandung, Penulis mengambil metode yang berjenis kuantitatif Serta memakai pendekatan deskriptif asosiatif. Data yang akan dipakai pada kajian ini dikumpulkan menggunakan teknik menyebar kuisioner kepada konsumen PT. KAI Bandung. Penulis mengambil teknik analisis regresi linear sederhana dan teknik korelasi untuk menunjukan apakah adanya pengaruh dari pelayanan prima terhadap kepuasan konsumen di PT. KAI Bandung. Menurut pengujian yang telah dijalankan memperoleh data serta temuan jika pelayanan prima memberi pengaruh positif serta memiliki hubungan yang kuat terhadap kepuasan konsumen di PT. KAI Bandung. Kemudian diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,722 artinya interval tingkat hubungan kedua variabel tersebut kuat. Kemudian besarnya nilai perhitungan koefisien determinasi sebesar 52,1%. Kemudian hasil uji t ada nilai t hitung lebih tinggi daripada t tabel (5,989 > 1,692). Saran yang diberikan yaitu perusahaan dapat meningkatkan fasilitas dan kenyamanan kepada konsumen, terutama fasilitas di loket untuk pembelian tiket kereta api dan fasilitas di dalam kereta api termasuk gerbong beserta tempat duduk nya.

References

Apriyani, D. A., & Sunarti. (2017). Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 51(2), 1–7.
Asih, N. S. (2016). Pengaruh Pelayanan Prima ( Service Excellence ) Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Agata Singaraja. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7(2), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/7797
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1), 1. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1463
Debora. (2016). Pengaruh Pelayanan Prima dan Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat. Manajemen Dan …, 7, 1–15. http://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/264
Dilla, I. N. A., & Tanty, S. (2017). Pengaruh Pelayanan Prima dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Restoran MC DONALD’S Cimahi). Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58.
Djafri, N. (2018). Manajemen Pelayanan (Berbasis Revolusi Mental). In Idea Publishing.
Dylan Trotsek. (2017). Analisis Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt Asuransi Multi Artha Guna, Tbk Cabang Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/1011/4/BAB_II.pdf
F, K. Ge. (1967). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 29–40.
Ii, B. A. B., & Teori, K. (2012). Bisa Dipandang Sebagai Sebuah Sistem Yang Terdiri Atas Dua Komponen Utama, Yakni. 7–31.
Khaerunnisa, H. (2014). Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Studi Akuntansi Dan Bisnis, 1. 1(1), 49.
Mukti, T. C. (2017). Pengaruh Standar Operasional Prosedur ( SOP ) Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Management Dan Kewirausahaan, 2(1), 14–26.
Palandeng, I., & Lumentut, F. (2014). Fasilitas, Servicescape, Dan Kualitas Pelayanan, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Mcdonaldâs Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 126–136. https://doi.org/10.35794/emba.v2i3.5352
Pradipto, N. A., Sukarelawati, S., & Kusumadinata, A. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Kesadaran Solidaritas Anggota Scooter Mods Bogor Indonesia. Jurnal Komunikatio, 3(2), 61–68. https://doi.org/10.30997/jk.v3i2.915
Sarkawi, D., Oktaviani, A., Priadi, A., & Khansa, T. (2018). Analisis Pelayanan Prima Atas Kepuasan Konsumen Pada Apotek K24 Bambu Apus Jakarta Timur. Petir, 11(2), 125–147. https://doi.org/10.33322/petir.v11i2.345
Sugiyono. (2014). Open Library - Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, M. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. In Bandung: Alfabeta.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2021-07-27
How to Cite
Tetralleniajr, T., Anggraeni, N., & Fatihah, D. C. (2021). PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PT.KAI BANDUNG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(2), 1554-1569. https://doi.org/10.31955/mea.v5i2.1337