ANALISIS PENGARUH PRODUK DAN MEDIA PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN MENGUNJUNGI OBJEK WISATA DI KAWASAN DANAU TOBA PADA KABUPATEN TAPANULI UTARA

  • Muhammad Halfi Indra Politeknik Pariwisata Medan

Abstract

Membenahi Kepariwisataan merupakan kewajiban yang harus diemban oleh setiap Kabupaten/Kota sebagai ujung tombak dalam penyelenggaran tugas-tugas pembangunan. Kesiapan daerah baik dari infrastruktur, fasilitas, Sumber Daya Manusia (SDM), serta kesiapan membenahi kepariwisataan masyarakat terkadang kurang terkoordinasi secara memadai. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya belum terciptanya kesamaan persepsi bagi seluruh elemen di daerah dalam menyikapi Pariwisata itu sendiri.Dalam menarik  minat  wisatawan untuk datang dan berkunjung dibutuhkan adanya produk wisata dan media promosi yang efektif dan tempat-tempat wisata yang menarik sehingga akan  mempengaruhi  minat  wisatawan untuk  mencoba  mengunjunginya. Mengingat keberadaan konsumen atau wisatawan merupakan faktor penting untuk mencapai tujuan pembangunan pariwisata seiring dengan otonomi daerah dengan berbagai kelemahan dan kelebihannya di kawasan Danau Toba Pada Kabupaten Tapanuli Utara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan wisatawan mengunjungi Kabupaten Tapanuli Utara. Penelitian deskriptif dilakukan untuk mengetahui nilai variabel independen. Dala hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa variabel produk wisata (X1) mampu menjelaskan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan mengunjungi objek wisata di Kawasan Danau Toba Pada Kabupaten Tapanuli Utara. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa variabel produk wisata (X1) Nilai thitung untuk variabel produk wisata 7.624 > ttabel 1.98472 dan nilai signifikan 0.006 > dari alpha 0.05. Dan untuk media promosi pengaruh signifikan dimana nilai thitung untuk variabel media promosi 7.624 > ttabel 1.98472.Dengan demikian variabel produk wisata dan media promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan bahwa secara simultan variabel  produk wisata (X1) dan media promosi (X2) sacara bersamaan berpengaruh terhadap signifikan keputusan wisatawan mengunjungi objek wisata di Kawasan Danau Toba Pada Kabupaten Tapanuli Utara.

References

Hermawan Kertajaya. 2002. Marketing Plus 2000; Siasat Memenangkan Persaingan Global, Jakarta: Granedia Pustaka Utama.
Husein Umar. 2001. Strategic Management in Action. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Indriyo, Gitosudarmo, Pengantar Bisnis Edisi 9. (Yogyakarta: BPFE, 2008)
Jayano I Made, Syaputra Muhammad Halfi, 2019, Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Laboratorium Praktik terhadap Kompetensi Mahasiswa Perhotelan pada Politeknik Pariwisata Medan. Jurnal Ilmia MEA(Manajemen,Ekonomi dan Akutansi.3 (3):2
Kotler, Philip, 2002. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. (Terjemahan). Salemba Empat. Jakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Swasta, Basu. 2002. Azas-azas Marketing. Liberty, Penerbit Yogyakarta.
Philip Kotler dan Gary Amstrong. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran.Jakarta: Erlangga,
Published
2021-08-18
How to Cite
Indra, M. (2021). ANALISIS PENGARUH PRODUK DAN MEDIA PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN MENGUNJUNGI OBJEK WISATA DI KAWASAN DANAU TOBA PADA KABUPATEN TAPANULI UTARA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(2), 1903-1917. https://doi.org/10.31955/mea.v5i2.1319