PENGARUH KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY LOCAL FARMER EMPOWERMENT TERHADAP CITRA PIZZA HUT
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perusahaan berlomba – lomba untuk menciptakan kegiatan CSR terbaik, hal ini terjadi karena banyak dampak positif yang didapatkan perusahaan dari kegiatan CSR seperti mendapatkan citra yang positif dari masyarakat luas, keberadaan perusahaan dapat tumbuh dan berkelanjutan, diakui keberadaannya di mata masyarakat sehingga suatu perusahaan mampu mempertahankan keberadaanya di tengah persaingan bisnis. Pizza Hut menciptakan Kegiatan CSR yaitu pemberdayaan petani lokal. Pizza Hut melakukan kegiatan CSR kepada petani lokal Gerbang Emas dan Lembang Agri di Bandung. Pada kegiatan CSR ini para petani diberikan modal dana dan diajari untuk menggarap sejumlah tanaman hortikultura yang hasil panennya digunakan untuk pembuatan makanan di Pizza Hut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kegiatan Corporate Social Responsibility “Local Farmer Empowerment” terhadap citra Pizza Hut dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif, metode penelitian survei, Jenis penelitian pada penelitian ini adalah eksplanatif kausalitas. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan Pizza Hut yang berjumlah 99 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kegiatan CSR “Local Farmer Empowerment” terhadap citra Pizza Hut sebesar 53,3%.
References
Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta, Indonesia: Graha Ilmu.
Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta, Indonesia: Kencana Prenadamedia group.
Mardikanto, T. (2014). Corporate Social Responsibility. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Maulidiana, L. (2018). Pengaturan CSR Menuju Pembangunan Berkelanjutan. Bandar Lampung, Indonesia: Aura Publishing.
Nova, F. (2017). Crisis Public Relations. Depok, Indonesia: PT. Raja Grafindo Persada.
Pizza Hut. (2018, 04 01). Mengenal Pizza Hut. Diperoleh 1 Oktober 2019, dari https://www.pizzahut.co.id/tentang-kami/employee-engagement
PT Sari Melati Kencana Tbk. (2018). Laporan Tahunan External 2018. Diperoleh 1 Oktober 2019, dari https://www.idx.co.id/StaticData/NewsAndAnnouncement/ANNOUNCEMENTSTOCK/From_EREP/201904/e4506e1cc7_ba275e59fe.pdf
Sari, N. N., Fauzi, A., & Sunarti. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra (Survei pada Masyarakat yang Bekerja di Pabrik Gula Kebon Agung yang Bertempat Tinggal di Daerah Kebon Agung Malang). Jurnal Ilmu Administrasi, 8(2), p.2-5. Diperoleh pada 1 Oktober 2019, dari http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/368/563
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta, Indonesia: Kencana Prenadamedia Group.
Situmeang, I. V. (2016). Corporate Social Responsibility Dipandang dari Perspektif Komunikasi Organisasi. Yogyakarta, Indonesia: Ekuilibria.
Undang-Undang No.40 tahun 2007 pasal 74 ayat 1 tentang Perseroan Terbatas. Diperoleh 1 Oktober 2019 dari https://www.ojk.go.id/sustainable-finance/id/peraturan/undang-undang/Pages/Undang-Undang-No.-40-tahun-2007-tentang-Perseroan-Terbatas.aspx
Yunatan, C. N. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility "Alfamart Class"di SMK PGRI 3 Malang terhadap citra perusahaan Alfamart. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), p.1-3. Diperoleh pada 13 Oktober 2019, dari http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/4889/4497.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.