PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE, FITUR LAYANAN DAN PROMOSI CASH BACK OVO TERHADAP MINAT BELANJA MASYARAKAT DI KOTA MEDAN

  • Nyswee Alda Rinta Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Mario Salas Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Hendra Jonathan Sibarani Universitas Prima Indonesia, Medan

Abstract

Penelitian ini dilakukan terkait dengan era sekarang ini dimana teknologi sudah sangat maju dan canggih, semua dapat dilakukan dengan mudah dan praktik terutama dibidangan Fintech (Financial Technology) atau yang biasa kita ketahui yaitu pembayaran secara online menggunakan aplikasi. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Online, Fitur Layanan dan Promosi Cashback OVO terhadap Minat Belanja Masyarakat di Kota Medan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran angket atau kuesioner kepada sebanyak 100 orang responden sebagai sampel pada penelitian ini. Hasil pengujian pada penelitian ini adalah bahwa secara parsial untuk variabel Kemudahan Penggunaan Aplikasi Online adalah thitung 3,992 > ttabel 1,290, untuk variabel Fitur Layanan thitung 4,522 > ttabel  1,290 dan Promosi Cashback thitung 5,593 > ttabel 1,290,  maka dapat disimpulkan bahwa dari masing-masing variabel berpengaruh positif dan sifnifikan terhadap minat belanja masyarakat. Dari hasil uji F didapati hasil  350,565 >  2,70 berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belanja masyarakat di Kota Medan.

References

Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Atriani, dkk. Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital OVO. Volume 6 Nomor 1, Juni 2020.
Setyo, dkk. Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, fitur layanan dan kepercayaan terhadap minat menggunakan E-money card (studi pada pengguna jasa commuterline di Jakarta). Vol. 6, No. 1, 2015.
Syahfitri. 2020. Pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan, fitur layanan terhadap minat menggunakan financial technology (fintech) pada aplikasi ovo (studi kasus pada mahasiswa FEB UNGRIS angkatan 2016-2019).
Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Dianti, S. (2017). Pengaruh harga, pelayanan dan promosi terhadap keputusan jasa angkutan gojek pada mahasiswa jurusan pendidikan IPS UIN syarif hidayatullah Jakarta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatis. Bandung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.
Trisno. 2019. Pengaruh fitur, promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian menggunakan aplikasi layanan OVO (survey pada mahasiswa program studi manajemen konsentrasi pemasaran Universitas Pelita Bangsa angkatan 2015).
Fajrin Amalia. Pengaruh promosi penjualan dan e-service quality terhadap keputusan penggunaan aplikasi OVO. Vol. 11, No. 2, 2020
Ghozali. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariete dengan program IBM SPSS 23”. Badan penerbitan Universitas Diponegoro: Semarang.
Chelas, dkk. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Minyak Angin V-Fresh Aromatheraphy Pada Pt.Eagle Indo Pharma
Kotler, Keller. 2017 “ Manajemen Pemasaran”
Edisi 13. Erlangga : Jakarta
Published
2021-07-05
How to Cite
Rinta, N., Salas, M., & Sibarani, H. J. (2021). PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE, FITUR LAYANAN DAN PROMOSI CASH BACK OVO TERHADAP MINAT BELANJA MASYARAKAT DI KOTA MEDAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(2), 1100-1117. https://doi.org/10.31955/mea.v5i2.1253