PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pembelajaran daring merupakan solusi pembelajaran ketika masa pandemi covid-19. Tanpa terkecuali SMK Ketintang Surabaya yang juga menggunakan sistem pembelajaran daring dengan memanfaatkan sarana online, seperti google meet, whatsapp group, zoom, edu learning, dan media aplikasi lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran daring bagi hasil belajar murid di saat pandemi covid 19 di kelas X jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Ketintang Surabaya, Riset ini memakai penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini bersifat deskriptif memakai analisis data primer dengan menyebarkan angket melalui google form secara online dan analisis data sekunder dengan pengambilan data dokumentasi yaitu nilai UAS. Riset ini memakai sampel yang diambil secara acak siswa kelas X OTKP sebanyak 64 siswa. Teknik analisis data, antara lain 1. Analisis butir soal yang meliputi uji validitas dan reliabilitas; 2. Analisis hasil belajar murid yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, uji t (hipotesis). Hasil riset menunjukan jika hasil hasil uji t mendapat t-hitung sejumlah 8.396 dengan sig 0,000 maka nilai t-tabel dengan taraf kepercayaan 95% (α=0,05) adalah 1.997. hingga H0 ditolak dan H1 diterima dan dinyatakan adanya dampak pembelajaran daring bagi hasil belajar murid pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMK Ketintang Surabaya.
References
alessandro, b. (2018). Digital skills and competence, and digital and online learning. Turin: european training foundationle.
andrianto pangondian, r., insap santosa, p., & nugroho, e. (2019). Faktor - faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60. Https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html
anugrahana, a. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: jurnal pendidikan dan kebudayaan, 10(3), 282–289. Https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
baber, h. (2020). Determinants of students’ perceived learning outcome and satisfaction in online learning during the pandemic of covid19. Journal of education and e-learning research, 7(3), 285–292. Https://doi.org/10.20448/journal.509.2020.73.285.292
bahasoan, a. N., wulan ayuandiani, muhammad mukhram, & aswar rahmat. (2020). Effectiveness of online learning in pandemic covid-19. International journal of science, technology & management, 1(2), 100–106. Https://doi.org/10.46729/ijstm.v1i2.30
batubara, i. H. (2020). Pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar pengemabnagan silabus pembelajaran matematika pada masa pandemic covid 19. Jurnal penelitian, pendidikan dan pengajaran, 1(2), 13–17.
bloom, benjamin s., e. (1956). Taxonomy of educational objectives : the classification of educational goals, handbook i cognitive domain. Longmans, green and co.
citra, c. A., & rosy, b. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas x smk ketintang surabaya. Jurnal pendidikan administrasi perkantoran (jpap), 8, 261–272. Https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8242/4081
elde mølstad, c., & karseth, b. (2016). National curricula in norway and finland: the role of learning outcomes. European educational research journal, 15(3), 329–344. Https://doi.org/10.1177/1474904116639311
ferazona, s., biologi, p., & riau, u. I. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar. Journal of research and education chemistry, 2(2), 102–110. Https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(2).5826
haviana, s. F. C. (2016). Sistem informasi angket pengukuran skala kebutuhan materi pembelajaran tambahan sebagai pendukung pengambilan keputusan di sekolah menengah atas menggunakan skala likert. Transistor elektro dan informatika, 1(2), 1–12.
ibrahim, h. A. (2017). Pemaparan metode penelitian kuantitatif. 1–16.
indrayanto, m. Q. (2019). Pengaruh self regulated learning terhadap hasil belajar bahasa arab siswa sma negeri 20 gowa. Shaut al arabiyyah, 6(2), 142. Https://doi.org/10.24252/saa.v6i2.7125
kuntarto, e. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa indonesia di perguruan tinggi. Journal indonesian language education and literature, 3(1), 53–65. Http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/%0apembelajaran
leni rahmawati, a. T. A. H. (2020). Pengaruh model pembelajaran inquiry berbasis daring terhadap hasil belajar dan keterampilan berargumen pada muatan pelajaran ips di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 3(2), 524–532.
lin, m., & chen, h. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. 8223(7), 3553–3564. Https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a
meidawati, s., rani, bayu, & n, s. A. (2019). Pengaruh daring learning terhadap hasil belajar ipa siswa sekolah dasar abstrak. Seminar nasional sains & entrepreneurship, 1(1), 1–5. Https://scholar.google.co.id/scholar?Hl=id&as_sdt=0%2c5&q=pengaruh+d+a+ri+n+g+l+e+a+r+n+i+n+g+terhadaphasilbelajaripasiswasekolahdasar&btng=
nugraha, s. A., sudiatmi, t., & suswandari, m. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal inovasi penelitian, 1(3), 265–276.
prestiadi, d. (2020). Effectiveness of e-learning implementation as a distance learning strategy during coronavirus disease (covid-19) pandemic. Proceeding “international webinar on education 2020", 0(0), 47–53. Http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pro/article/view/5950
ruseffendi, e. T. (2010). Dasar-dasar penelitian pendidikan dan bidang noneksakta lainnya. Tarsito.
sobron, a. ., bayu, rani, & s, m. (2019). Pengaruh daring learning terhadap hasil belajar ipa siswa sekolah dasar abstrak. Seminar nasional sains & entrepreneurship, 1(1), 1. File:///c:/users/asus/downloads/documents/204-article text-325-1-10-20191014.pdf
sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.
surat edaran kemendikbud dikti no. 4. (2020). Surat edaran mendikbud no 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (covid- 1 9). 1.
sutriyani, w. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap minat dan hasil belajar matematika mahasiswa pgsd era pandemi covid-19. Jurnal pendidikan dasar : jurnal tunas nusantara, 2(1), 155–165.
syah, m. (1999). Psikologi belajar. Pt raja grafindo persada.
wulandari, s. S. (2018). Employee commitment and service performance. Human systems management, 37(4), 381–386. Https://doi.org/10.3233/hsm-17122
Zulkarnaen, W., et al. (2020). Comparative Study of Tax Policy Related to COVID-19 in ASEAN Countries. International Journal of TEST Engineering & Management. 83(2),6519-6528. https://testmagzine.biz/index.php/testmagzine/article/view/8548
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.