PENGARUH PERSEPSI PELAYANAN BIDAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN (STUDI KASUS PRAKTIK MANDIRI BIDAN, TANGERANG SELATAN)

  • Maryanah Maryanah Politeknik Kesehatan Jakarta III
  • Indra Supradewi Politeknik Kesehatan Jakarta III

Abstract

Kepuasan pasien telah digambarkan sebagai hasil absolut yang dicapai dalam pelayanan  kesehatan dan merupakan ukuran penting dari kualitas pelayanan  yang memberikan informasi tentang keberhasilan penyedia dalam memenuhi nilai-nilai dan harapan pasien yang merupakan hal-hal yang menjadi tujuan utama pasien. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis-deskriptif. Data yang digunnakan merupakan data primer. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada 22 orang responden dengan usia 20-40 tahun. Data tersebut kemudian dianalisis untuk ditarik sebuah kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa bahwa persepsi pelayanan bidan sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien. Namun persepsi tersebut lebih cenderung bersifat behavior dan fisik dari tempat pelayanan dan lebih memenuhi kualifikasi untuk mengukur dimensi kualitas fungsional, seperti kebersihan klinik, daripada aspek kualitas teknis.

References

Ahmad, F. (2019). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Titi Papan Kecamatan Medan Deli Tahun 2019 (Doctoral dissertation, Universitas islam Negeri Sumatera Utara).
Az-Zahroh, T. N. (2017). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Dewasa Umum Rumah Sakit X Kabupaten Gresik. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi), 12(2), 99-111.
DI, T. T. K. K. B. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Faktor Manajemen Kebidanan Terhadap Tingkat Kepuasan Kerja Bidan di Ruang Rawat Inap RSUD Andi Makkasau Parepare. Jurnal Kesehatan Lentera Acitya Vol, 4(4), 21.
Esthi, F. S., Mindarsih, E., & Murni, M. (2017). Faktor-Faktor Mutu Pelayanan Kebidanan Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Di Poli Kebidanan RSUD Wonosari. Jurnal Kesehatan Ibu dan Anak, 11(2), 102-109.
Hastuti, S. K. W., Mudayana, A. A., Nurdhila, A. P., & Hadiyatama, D. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 11(2), 161-168.
Hermanto, D. (2010). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan di RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Bulungan Kalimantan Timur (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).
Iryadi, R., Prihartini, A. R., & Irmawati, S. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Kebidanan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Kebidanan. Jurnal Kesehatan Pertiwi, 1(2), 48-52.
Kahar, A. W., Palu, B., & Raodhah, S. (2017). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Barru Sulawesi Selatan Tahun 2017. Al-Sihah: The Public Health Science Journal, 9(2).
Mulyadi, D. (2020). Pengaruh Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (SMK3) Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Post Energy Indonesia. Papatung: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan Dan Politik, 3(3), 28-41.
Mursyida, R. F., Mawarni, A., & Agushybana, F. (2012). Kepuasan ibu hamil dan persepsi kualitas pelayanan antenatal care di puskesmas tanjung kabupaten sampang madura. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 11(2), 174-181.
Ratnawati, L. (2015). Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien KIA Puskesmas Ngesrep Kota Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Setia, L., Muhyi, R., & Husaini, H. (2016). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Persepsi Kepuasan Pasien Di Laboratorium Puskesmas Kota Banjarbaru Tahun 2016. Jurnal berkala kesehatan, 3(1), 9-17.
Sinaga, S. E. (2018). Analisis Persepsi Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di RS Misi Lebak. Jurnal Skala Kesehatan, 9(2).
Sukamti, S., & Antarsih, N. R. (2020). Effectiveness of Counseling on Mother’s Ability in Early Detection of Young Baby Hazard Signs. International Journal of Science and Society, 2(4), 220-226.
Sukarwan, A., Peristiowati, Y., & Ellina, A. D. (2021). The Role of Emergency Nurses in Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) of Cardiac Arrest Patients: A Literature Review. ENDLESS: International Journal of Future Studies, 4(1), 148-158.
Suryadi, Y. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Layanan Antenatal Care (ANC) Terhadap Kepuasan Ibu Hamil Di Puskesmas Lamepayung Kabupaten Kuningan Tahun 2009. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(4), 133-145.
Tatan, H., Tri, A. J. L., Ulfah, H. H., Widya, N. S., Wishal, A. L., Yanti, S., Yulianti, P., & Dewi, K. (2020). Analisis Tingkat Kesehatan Keuangan Perusahaan Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Bumn No. Kep- 100/Mbu/2002 (Studi Kasus Pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Periode 2017-2019). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 2(2), 123 - 135.
Trimumpuni, E. N. (2009). Analisis pengaruh persepsi mutu pelayanan asuhan kepelayanan terhadap kepuasan klien rawat inap di rsu puri asih salatiga (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).
Winarsih, S. (2007). Pengaruh Persepsi Mutu Pembelajaran Praktek Laboratorium Kebidanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Program Studi Kebidanan Magelang Poltekkes Semarang Tahun 2007 (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).
Wira, D., Suarjana, W. G., & Wijaya, I. P. G. (2014). Hubungan antara persepsi daya tanggap dan persepasi empati dengan kepuasan pasien di RSUD Wangaya Denpasar. J Prev Med Public Health, 2(2), 150-155.
Zulkarnaen, W., Bagianto, A., Sabar, & Heriansyah, D. (2020). Management accounting as an instrument of financial fraud mitigation. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(3), 2471–2491. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I3/PR201894
Published
2021-05-10
How to Cite
Maryanah, M., & Supradewi, I. (2021). PENGARUH PERSEPSI PELAYANAN BIDAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN (STUDI KASUS PRAKTIK MANDIRI BIDAN, TANGERANG SELATAN). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(2), 193-202. https://doi.org/10.31955/mea.v5i2.1140