PENGARUH MODEL PROMOSI FLASH SALE TERHADAP MINAT PEMBELI DAN KEPUTUSAN PEMBELI DI MARKETPLACE ONLINE

  • Herlina Herlina Universitas Bunda Mulia, Jakarta
  • Julia Loisa Universitas Bunda Mulia, Jakarta
  • Teady Matius S.M Universitas Bunda Mulia, Jakarta

Abstract

Flash Sale Countdown Timer merupakan bagian dari promosi produk di marketplace online seperti tokopedia, shopee, lazada biasanya letaknya di home menyajikan barang dalam bentuk flash sale yang telah diberikan diskon besar-besaran pada produk tertentu dalam waktu yang terbatas. Flash Sale Countdown timer merupakan layanan promosi menggiring konsumen pengunjung marketplace online untuk berpikir cepat melakukan pembelian selagi diskon besar-besaran dalam waktu terbatas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi dan korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 85 responden yang diambil secara exsidental. Tujuan dari penelitian ini adalah 1)mengetahui promosi model Flash Sale Countdown timer memiliki pengaruh pada minat beli konsumen, 2)mengetahui promosi  Flash Sale Countdown timer memiliki  pengaruh pada keputusan pembelian produk. Hasil penelitian ini adalah 1)promosi model Flash Sale Countdown timer memiliki pengaruh yang signifikan terhadap  minat beli konsumen dengan nilai sig 0,000 dan nilai t =6,507. Promosi model Flash Sale Countdown timer memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap  minat beli konsumen dengan sig 0,000 dan kontribusinya dalam menjelaskan minat beli sebesar 33.8%, 2) promosi model Flash Sale Countdown timer memiliki pengaruh yang signifikan terhadap  keputusan pembelian konsumen dengan nilai sig 0,000 dan nilai t =7,923.

 

Kata Kunci: Flash Sale Countdown timer, Minat Beli, Keputusan Pembelian.

 

References

Afifi, G. R. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cirebon (Pas Mart). Jurnal Promosi - Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 8(1), 9–17.
Ahyuna, Hamzah, M. D., & HM, M. N. (2013). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran. Jurnal Komunikasi KAREBA, 2(1), 30–40.
Alfajri, A. (2018). Hubungan Strategi Promosi Dengan Keputusan Pembelian Gadget Di Toko. 6(3), 599–608.
Andina, C. (2013). Hubungan Promosi Penjualan Bukalapak Dengan Minat Beli Konsumen. Manajemen Komunikasi ISSN: 2460-6537.
Ati, U. S. P., Islamudin, & Fintharisari, M. (2020). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Elektronik dan Polytron. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(2).
Bisma, M. A., & Pramudita, A. S. (2020). Analisa Minat Pembelian Online Konsumen Pada Saluran Distribusi Digital Marketplace Online di Kota Bandung. Competitive, 14(2), 36–44.
Daud, Z. U. (2018). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 174.
Debora, R., & Meyzi Herianto. (2015). Pengaruh Promosi Terhadap Minat Konsumen. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 2(2).
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25.
Katrin, L. I., Setyorini, D., & Masharyono. (2016). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Restouran JAvana Bistro Bandung. The Journal GastronomiyTourism, 3(1), 246–254.
Kotler; Philip. (2000). Marketing Management, The Millnennium Edition (Seventh). Prentice-Hall, Inc.
Kotler, P. (2000). Marketing Management, The Millnennium Edition. Prentice Hall International, Inc.
Kotler, P. (2008). Manajemenen Pemasaran. PT Indeks.
Kristinae, V. (2018). Pengaruh Produk , Harga dan Promosi Terhadap Minat Konsumen Untuk Melakukan Pembelian Kerajinan Tangan Rotan. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 25–30.
Liang, T. P., & Lai, H. J. (2000). Electronic store design and consumer choice: an empirical study. Proceedings of the Hawaii International Conference on System Sciences, 152.
Liao, Z., & Tow, M. (2001). Internet-based e-shopping and consumer attitudes : an empirical study. 38, 299–306.
Lilia, W., Bahri, A. D., Windyalim, J., Sugasnini, & Pertiwi, P. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Penjualan dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Angeline Shoes Medan. Jurnal Ilmiah MEA(Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1).
Lukman, & Wijaya, A. (2016). Pembelajaran Menyenangkan Dalam E-Learning (Klasiber) Pada Mahasiswa Pai Universitas Islam Indonesia. Millah, 16(1), 127–146.
Maoyan, Zhujunxuan, & Sangyang. (2014). Consumer Purchase Intention Research Based on Social Media Marketing. International Journal of Business and Social Science, 5(10), 92–97.
Mardiani, E., & Imanuel, J. O. (2013). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Media Online (E- marketing). 4(November).
Martono, M., & Irian, S. S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Batik Sendang Duwur Lamongan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(2), 687–699.
Njoto, D. P. (2018). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian konsumen wenak tok. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3.
Otovianti, D., & Hendri Herman. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pembelia di Wendy’s. Jurnal AKRAB JUARA, 5(3), 134–146.
Periyadi, P., Junaidi, J., & Maulida, N. (2020). Pengaruh Strategi Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli Kain Sasirangan Bordir. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(2), 152–162.
Prasetiyo, B., & Rismawati, Y. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Harjagunatama Lestari. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Harjagunatama Lestari, 21(8), 793–794.
Rachman, F., Ginting, R., & Amir, H. (2015). Pengaruh Stimulus Produk , Harga , dan Promosi terhadap Minat Beli Produk Baru Jenis Fashion yang Dipasarkan di Forum Jual Beli Kaskus. Epigram, 11(2), 173–182.
Reza, F. (2016). Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.Co.Id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64–74.
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Setiawan, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Aprilia Bakery. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 59–65.
Sinurat, R., & Sinurat, J. (2020). Pengaruh Perilaku Konsumen dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Instan Merek Sedap di Desa Medan Estate. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 191–197.
Sri Wdyanti Hastuti, M. A., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99–102.
Suhari Yohanes. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Volume XII(2), 140–146.
Tanata, H. F., & Christian, S. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk Hungtata. 4(6).
Tulangow, S. G., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 35.
Ujianto, A. (2004). Analisis Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 6(1), 34-53 Jurusan.
Wijaya, petra surya mega, & Teguh, C. (2012). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Di Online Shop Specialis Guess. Jrmb, 1, 147–160.
Published
2021-08-05
How to Cite
Herlina, H., Loisa, J., & S.M, T. M. (2021). PENGARUH MODEL PROMOSI FLASH SALE TERHADAP MINAT PEMBELI DAN KEPUTUSAN PEMBELI DI MARKETPLACE ONLINE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(2), 1637-1652. https://doi.org/10.31955/mea.v5i2.1139