PENGARUH PROFESIONALISME, EXPERIENCE, AKUNTABILITAS DAN KOMPETENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI WILAYAH KOTA MEDAN

  • Deby Chatrine Pane Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Chryseis Paula Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Defi Apriliyani Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Namira Ufrida Universitas Prima Indonesia, Medan

Abstract

Laporan keuangan menyajikan bahan penilaian terhadap pertimbangan keputusan bagi pimpinan dari perusahaan. Kedudukan seorang auditor sangat berarti untuk keberlanjutan perusahaan. Riset ini bermaksud untuk memeriksa dan meneliti adakah pengaruh profesionalisme, Experience , Akuntabilitas, serta kompetensi Auditor terhadap Kualitas Audit. Riset disini memakai metode penelitian kuantitatif di dalamnya. Dengan populasinya merupakan beberapa auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) di Medan dengan sampelnya yang berjumlah 47 auditor. Metode sampel riset ini diambilnya memakai metode Purposive Sampling. Pengumpulan informasi yang dipakai pada riset ini yaitu memakai kuesioner. Kemudian analisis datanya mempergunakan sejumlah pengujian, meliputi analisis statistik deskriptif, Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas, Uji Heterokedastisitas, dan Uji Realibilitas serta uji hipotesis memanfaatkan dorongan SPSS versi 23.

References

Agusti, dan Pertiwi, N.P. 2013. Pengaruh Profesionalisme, Independensi, dan Kompetensi, terhadap Kualitas Audit. JURNAL EKONOMI Volume 21, Nomor 3 September 2013.
Arens, (2015).Auditing dan Jasa Assurance Pendekatan Terintegras. Buku 1. Erlangga. Basit, A. Fauzi N. “Pengaruh Pengalaman, Due Professional Care, dan Independensi
Auditor terhadap Kualitas Audit”, Jurnal FE Universitas Komputer Indonesia, 2013.
Bustami, A. 2013. Pengaruh Profesionalisme, Akuntabilitas dan independensi, Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di DKI Jakarta). Skripsi
Dayanara, 2015. Pengaruh Bukti Audit, Akuntabilitas dan Kompetensi Auditor Terhadap Kualitas Audit pada KAP di Yogyakarta. Skripsi.
Febriyanti, R. 2014. Pengaruh Akuntabilitas, Due Professional Care, dan Independensi Terhadap Kualitas Audit. (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan publik Di Kota Padang Danpekanbaru). Skripsi.
Feni.I, Yohannes.S.2012. Pengaruh Akuntanbilitas dan Kompetensi Auditor Terhadap Kualitas Audit. Semarang. Juraksi1 (1). 2301-9328.
Fitriani, I., Zulkarnaen, W., Sadarman, B., & Yuningsih, N. (2020). Evaluasi Kinerja Distribusi Logistik KPU Jawa Barat Sebagai Parameter Sukses Pilkada Serentak 2018. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 244-264. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp244-264
Fransiska, Betri. (2014). Pengaruh Independensi, Pengalaman Kerja, Kompetensi, Dan Etika Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik di Kota Palembang). Jurnal Jurusan Akuntansi STIE MDP.
Harsanti, P dan Whetyningstyas, A. (2014). Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Profesionalisme Auditor Terhadap Kualitas Audit.JURNAL ILMIAH MAHASISWA AKUNTANSI – Volume 7, Nomor 1, Juni 2014.
Mikhail, Nugraha. 2012. Pengaruh Profesionalisme, Kompetensi, Dan Independensi, Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Surabaya.
Muhammad,dkk. (2019). Pengaruh Kompetensi, Integritas, dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit (Studi empiris pada Inspektorat Kota Bogor). Universitas Pakuan Bogor.
Naomi, Clara . (2018). Pengaruh Kompetensi,Independensi, dan Profesionalisme Auditor Internal Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Akuntansi Bisnis, Vol. 16, No. 1.
Nugrahini. 2015. Pengaruh Kompetensi dan Profesionalisme Auditor Internal Terhadap Kualitas Audit. Skripsi diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurjanah, I.B. Andi K. (2016). Pengaruh Integritas, Objektifitas, Skeptisme Profesional Auditor, Pengalaman Auditor, Etika, Independensi, dan Kompetensi, Terhadap Kualitas Audit. Dinamika Akuntansi, Keuangan, Dan perbankan Vol. 5, No. 2.
Oklivia dan M. (2014). Pengaruh Kompetensi, Independensi, Dan Faktor- Faktor Dalam Diri Auditor Lainnya Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Vol. 16, No. 2.
Putri. 2013.Pengaruh Kompetensi, Independensi, Pengalaman Terhadap Kualitas Audit (Studi Pada Auditor Di KAP Surakarta dan Yogyakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rumengan,dkk. 2014. “Pengaruh Kompetensi,Independensi,dan Pengalaman Kerja Terhadap Kualitas Audit”. Skripsi . Universitas Telkom.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tandiontong. (2016), “Kualitas Audit dan pengukurannya”. Bandung, Alfabeta.
Tuanakotta. (2013). Audit Kontemporer. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5
Tahun 2011 Tentang Akuntan Publik.
Wiratama, WJ. dan ketut B. (2015).Pengaruh Akuntabilitas, Due Profesional Care, PengalamanKerja, dan Independensi, Terjadap Kualitas Audit. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana (Vol.1).
Published
2021-05-21
How to Cite
Pane, D., Paula, C., Apriliyani, D., & Ufrida, N. (2021). PENGARUH PROFESIONALISME, EXPERIENCE, AKUNTABILITAS DAN KOMPETENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI WILAYAH KOTA MEDAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(2), 312-331. https://doi.org/10.31955/mea.v5i2.1100