PENDEKATAN MANAJEMEN STRATEGI DALAM PENGEMBANGAN SEKTOR UMKM DI KABUPATEN LAMONGAN

  • Ika Purwanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KH. Ahmad Dahlan, Lamongan
  • Umar Yeni Suyanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KH. Ahmad Dahlan, Lamongan

Abstract

Penelitian ini bertujuan merumuskan model strategi pengembangan UMKM berbasis keunggulan bersaing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu melakukan identifikasi berkaitan dengan berbagai masalah yang dihadapi oleh UMKM di Kab. Lamongan dan menganalisisnya dengan menggunakan analisis SWOT, kemudian merumuskan model strategi untuk mengatasinya. Analisis QSPM digunakan untuk penentuan prioritas strategi. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh UMKM yang berada di Kabupaten Lamongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian berupa model strategi pengembangan UMKM berbasis keunggulan bersaing. Berdasarkan analisis internal dan eksternal UMKM di Kab. Lamongan diperoleh hasil bahwa yang menjadi strategi utama adalah strategi pertahanan dan pemeliharaan dengan strategi yang digunakan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Prioritas strategi pengembangan yang dapat diterapkan UMKM di Kabupaten Lamongan adalah melakukan inovasi produk yang diolah; menjaga dan mempertahankan kualitas bahan baku, kualitas produk, dan harga yang tetap bersaing; serta meningkatkan sarana dan prasarana pengembangan UMKM.

References

Aaker, D.A. (2013). Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi Kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.
Abosede, A.J., Obasan, K.A., dan Alese, O.J. (2016). Strategic Management and Small and Medium Enterprises (SMEs) Development: A Review Literature. International Review of Management and Business Research (IRMBR) Journal, 5 (1). 315 – 335.
Agwu, ME. (2018). Analysis of the Impact of Strategic Management on the Business Performance of SMEs in Nigeria. Academy of Strategic Management Journal, (17) 1. 19396104.
Al Badi, K.S. (2018). The Impact of Marketing Mix on The Competitive Advantage of The SME Sector in The Al Buraimi Governorate in Oman. SAGE, 1-10.
Alghamdi, H. dan Bach, C. (2013). Quality As Competitive Advantage. International Journal of Management & Information Technology, 8(1), 1265-1272.
A. Amin Dwi, D. S. (2013). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Berbasis Industri Kreatif Di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X), 1–40.
Anggraeni, F.D., Hardjanto, I., dan Haayat, A. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik, 1 (6): 1286-1295.
Ariani, A., & Utomo, M. (2017). Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 13(2), 99-118.
Aribawa, D. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 20 (1): 8-18.
Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lamongan. (2016). Hasil Pendaftaran (Listing) Usaha/Perusahaan Sensus Ekonomi 2016 No. 01/06/3524/Th.II, https://adoc.pub/berita-resmi-statistik6b0e3e48d4741136ba9a66086a156f1678743.html
David, F.R. (2012). Manajemen Strategis. Salemba Empat. Jakarta.
Hasnatika, I.F. dan Nurnida, I. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM "Duren Kamu Pasti Kembali" di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 4(3), 1-9.
Ireland, R.D., Hoskisson, R.E., Hitt, M.A. (2008). The Management of Strategy Concepts and Cases, Tenth Edition. Nelson Education, Ltd. Canada.
Istiqomah dan Andriyanto, I. (2017). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis. BISNIS, 5(2), 363-382.
Kamran, M., Fazal, M.R., dan Mudassar, M. (2020). Towards Empowerement of The Renewable Energy Sector for Sustainable Energy Evolution: SWOT Analysis, Renew. Energy 146, 543-558.
Mulyono, Y.G., Verawati, R., Nugraha, A.T. 2015. Pengaruh Dana Bergulir Kementerian Koperasi dan UKM LPDB-KUMKM terhadap Pengembangan Usaha Koperasi Simpan Pinjam Agribisnis di Kabupaten Majalengka. Jurnal Agribisnis, 9(1), 71-96.
Munandar. (2016). The Strategy Development and Competitive Advantages of Micro Small Medium Enterprise Business Institution Toward Regional Development. AdBispreneur, 1(2), 103-112.
Nuryakin. (2018). Competitive Advantage and Product Innovation: Key Successs of Batik SMEs Marketing Performance in Indonesia. Academy of Strategic Management Journal, 17(2).
Panggabean, F.Y., Dalimunthe, M.B., Aprinawati, A., dan Napitupulu, B. (2018). Analisis Literasi Keuangan terhadap Keberlangsungan Usaha Kuliner Kota Medan.
Pattipeilohy, V.R. (2018). Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing: Pengaruhnya terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Nasi Kuning di Kelurahan Batu Meja Kota Ambon). Jurnal Maneksi (Manajemen Ekonomi dan Akuntansi), 7(1), 66-73.
Pratiwi, D., Arti Sri., Anggraeni, S.P., Faruk, M., dan Barkah, C.R. (2019). Pengaruh Desain dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing. Business Management and Entrepreneurship Journal, 1 (1).
Purwaningsih, R. dan Kusuma, P.D. (2015). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja UKM dengan Metode SEM. Prosiding SNST ke-6.
Purwanti, I., & Mu'ah. (2019). Pengaruh Intangible Asset Terhadap Kinerja Keuangan dengan Keunggulan Bersaing sebagai Mediasi. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 72-87.
Radomir, P., Adam, P., dan Karel, S. (2013). Strategic Planning and Business Performance of Micro, Small, and Medium-Sized Enterprises. Journal of Competitivenessi, 5(4): 57-72.
Rahmadani, I., Simin, S., dan Indiahono, D. (2020). Implementasi Program Pinjaman Dana Bergulir bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 8(1), 47-61.
Rahman. J.F, dan Rahmah, D.M. (2018). Identifikasi Proses dan Strategi Bisnis pada Kadatuan Koffie Menggunakan Analisis SWOT. Industria: Junal Teknologi dan Manajemen, 7 (3). 161 – 169.
Rangkuti, F. (2009). PT Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Said, M.F. (2015). Strategi pemberdayaan UMKM pada Dinas Koperindag Kabupaten Maros (Studi Kasus pada Sektor Perdagangan).
Sandra, A. dan Purwanto, E. (2015). Pengaruh Faktor-faktor Eksternal dan Internal terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah di Jakarta. Business Management Journal, 11(1), 98-124.
Setyorini, H., Effendi, M., dan Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 5 (1): 46-53.
Situmeang, R.R., Yuwanndy., Veronika., dan Yeohan, C. (2020). Pengaruh Kualitas produk, Saluran Distribusi dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Fatona Jaya Sukses. Jurnal Ilmiah MEA, 4 (3): 840 – 849.
Wheelen, T.L. dan Hunger, D.J. (2012). Strategic Management and Business Policy: Toward Global Sustainability, Thirteenth Edition. Pearson Education, Inc. New Jersey.
Widayanti, R., Damayanti, R., dan Marwanti, F. (2017). Pengaruh Financial Literacy terhadap keberlangsungan Usaha (Business Sustainability) pada UMKM Desa Jatisari. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18 (2): 153-163.
Winata, K.A. (2019). Menciptakan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Melalui Budaya Organisasi, Strategi, dan Kinerja Operasi. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 13 (1). 47 – 55.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2021-03-12
How to Cite
Purwanti, I., & Suyanto, U. Y. (2021). PENDEKATAN MANAJEMEN STRATEGI DALAM PENGEMBANGAN SEKTOR UMKM DI KABUPATEN LAMONGAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(1), 735-757. https://doi.org/10.31955/mea.v5i1.636