PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, DAN DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA PERIODE 2014-2018
Abstract
Profitability, leverage, company size, company age, and board of independent commissioners are used in the research to assess the effect toward the implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) in a company. The sampling method used is purposive sampling by taking companies listed on the Indonesia Stock Exchange mining sector which get a total population of 41 companies and a sample of 16 companies from year 2014-2018. SPPS version 17 is used in research to test multiple linear regression analysis. The results of the research are profitability, leverage, company size, company age, and board of independent commissioners simultaneously influence Corporate Social Responsibility (CSR) . The partial results of the research that have no effect and are not significant in the implementation of Corporate Social Responsibility are profitability, leverage, and board of independent commissioners, while company size and company age have significant effect on the implementation of Corporate Social Responsibility.
References
Dermawan, D. & Deitiana, T., 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 16(2), pp. 158-165.
Dewi, S. P. & Keni, 2013. Pengaruh Umur Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Karya Ilmiah Dosen, pp. 1-29.
Hamzah, H., 2017. Pengaruh Kepemilikan Manajemen dan Ukuran Dewan Komisaris Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 1(2), pp. 148-153.
Handoyo, S. & Jakasurya, T., 2017. Analisa Variabel yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 11(2), pp. 178-187.
Krisna, A. D. & Suhardianto, N., 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tanggung Jawab Sosial : Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Airlangga.
Kurnianingsih, H. T., 2014. Pengaruh Profitabilitas dan Size Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Riset Akuntansi & Bisnis, 13(1), pp. 93-111.
Miftah, D. & Arifin, Z., 2015. Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility). Jurnal Al-Iqtishad, 9(1), pp. 1-11.
Munawwarah, C., Gusnardi & Makhdalena, 2013. Pengaruh Ukuran dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Tahun 2010-2011). Economic Education, 1(1), pp. 1-7.
Mutia, E., Zuraida & Andriani, D., 2011. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi, 4(2), pp. 187-201.
Nur, M. & Priantinah, D., 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility di Indonesia : Studi Empiris pada Perusahaan Berkategori High Profile yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 1(2), pp. 22-34.
Nuryaman, 2009. Pengaruh Konsentrasi Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Sukarela. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 6(1), pp. 89-116.
Oktariani, W., 2013. Pengaruh Kepemilikan Publik, Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, 8(2), pp. 100-117.
Safari, T., Zulkarnaen, W ., & Nurhanipah, H. (2019) ‘Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Pd. Bpr Lpk Garut Kota Cabang Bayongbong. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(2), 134-149. https://doi.org/10.31955/mea.vol3.iss2.pp134-149
Saputra, S. E., 2016. Pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Size Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Journal of Economic and Economic Education, 5(1), pp. 75-89.
Setyowati, E., 2014. Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Dewan Komisaris dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2011-2013. Universitas Dian Nuswantoro.
Sha, T. L., 2014. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi, 18(1), pp. 86-98.
Susilatri, Agusti, R. & Indriani, D., 2011. Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Size, Umur Perusahaan dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan : Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Listing di BEI Tahun 2004-2008). Pekbis Jurnal, 3(1), pp. 412-428.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.