Analisis Faktor-Faktor Penentu Proses Penempatan Kerja Karyawan pada PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali

  • Ni Putu Shellin Melinda Dewi Telkom University
  • Nadya Novandriani Universitas Telkom, Bandung

Abstract

Penempatan kerja karyawan merupakan salah satu cara pengalokasian karyawan yang dilakukan oleh perusahaan ke unit kerja lain, baik dari segi wilayah maupun jabatan. Penelitian ini dilakukan di PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, karena perusahaan selalu melakukan penempatan kerja, terutama mutasi pada pegawai setiap semesternya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penentu dalam proses penempatan kerja karyawan di PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali. Penelitian ini menggunakan 8 faktor. Faktor-faktor tersebut ialah pendidikan, pengetahuan kerja, keterampilan kerja, pengalaman kerja, kesehatan, usia, minat dan hobi, dan kemampuan. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 62 karyawan di PT PLN (Persero) Unit Induk Distribsui Bali dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan menggunakan teknik analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor dominan dari 8 faktor tersebut, antara lain faktor kemampuan dan usia. Kemampuan dengan factor loadingnya sebesar 89,7%, sementara usia dalam analisis deskriptifnya sebesar 80%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan dan usia menjadi faktor dominan yang menjadi penentu dalam proses penempatan kerja karyawan di PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali. Dalam penelitian ini juga menghasilkan faktor baru yaitu faktor Karakteristik Individu dengan variabel terbesarnya adalah Kemampuan.

References

[1]Sasangka, I., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengembangan Model Seleksi Dalam Upaya Membentuk Integritas & Independensi Anggota Kpu Kabupaten/Kota. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 95-115.
[2]Elmi, F. (2018). Telisik Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Mitra Wacana Media.
[3] Arif, M. &. (2019). Analisis Faktor Penempatan Jabatan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Zaman Teknindo Pekanbaru. Costing : Journal of Economic, Business and Accounting, Vol 2 Nomor 2.
[4] Santoso, S. (2018). Mahir Statistik Multivariat dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.
[5] Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
[6] Agustriyana, D. (2015). Analisis Faktor-Faktor Penempatan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di PT. Yuniko Asia Prima di Kota Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 9, No. 2.
Published
2020-09-08
How to Cite
Dewi, N. P. S., & Novandriani, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Penentu Proses Penempatan Kerja Karyawan pada PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 202-208. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss3.pp202-208