PERSEPSI PELANGGAN PADA ASPEK ATMOSFER BISNIS KAFE DI SURABAYA

  • Hendrik Rizqiawan Universitas Wijaya Putra
  • Iful Novianto Universitas Wijaya Putra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atmosfer yang seperti apa yang dipertimbangkan oleh para pelanggan sebelum mengunjungi kafe di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran. Pada pendekatan kualitatif melibatkan 27 narasumber yang menghasilkan data terkait persepsi pelanggan pada atmosfer bisnis kafe di Surabaya yang menjadi pertimbangan mereka ketika akan berkunjung ke sebuah kafe, yaitu antara lain pada variabel eksterior, interior, serta desain & penataan ruangan. Pada variabel eksterior terdiri dari area pintu masuk, kaca bangunan, ukuran/luas bangunan, kondisi area bagian luar, dinding bagian luar & ketersediaan tempat parkir. Pada variabel interior berupa skema warna, pencahayaan, musik, aroma, suhu & kebersihan. Sedangkan pada variabel desain & penataan ruangan mencakup properti dan hiasan yang dipajang, pajangan produk kafe, penempatan area kasir, spot foto dan tema tertentu. Kemudian pada pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 60 responden, ditemukan hasil bahwa keseluruhan indikator pada varibel eksterior, interior, serta desain & penataan ruangan mendapatkan skor yang cukup tinggi yang berarti indikator-indikator tersebut dianggap menjadi pertimbangan responden sebelum melakukan kunjungan ke sebuah kafe di Kota Surabaya.

References

Aaron, A. & Nugroho, E. A. (2014). Analisa Persepsi Konsumen Perokok dan Non Perokok terhadap Seberapa Pentingnya Fasilitas Smoking Area di Restoran. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 2(2), 192-202.
AbuThahir, S. B. S. & Krishnapillai, G. (2018). How does the Ambience of Cafe Affect the Revisit Intention Among its Patrons? A S on the Cafes in Ipoh, Perak. MATEC Web of Conferences, 150(2018). Https://doi.org/10.1051/matecconf/201815005074.
Andrianto, A., Wardono, P. & Saphiranti, D. (2016). Pengaruh Variabel Interior dan Musik terhadap Persepsi Pengalaman Romantis Pengunjung Cafe. Jurnal of Visual Art & Design, 8(1), 34-45.
Annisa, D. A. N. & Lestari, K. K. (2021). Pengaruh Pemilihan Jenis dan Warna Pencahayaan pada Suasana Ruang serta Kesan Pengunjung Cafe. SINEKTIKA: Jurnal Arsitektur, 18(1), 78-84.
Audrey, J., Wibowo, M. & Nilasari, P. F. (2020). Perancangan Interior Cafe Thematic di Surabaya. Jurnal Intra, 8(1), 24-29.
Azhari, P. P. & Rubiyanti, R. N. (2016). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Nom Nom Eatery Bandung. E-Proceeding of Management, 3(1), 512-516.
Akmal, Imelda. (2013). Contemporary restaurant. Jakarta: Imaji Media Pustaka.
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (2021). Provinsi Jawa Timur dalam Angka. Surabaya: Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur.
Begum, E. a., Yavuz, K. & Piotr, K. (2020). Impact of Social Media in Coffee Retail Business. Journal of Business and Economic Development, 5(1), 44-55.
Bimamurti, H. & Sukawi, S. (2017). Penerapan Material Finishing Interior Kafe di Tembalang, Semarang. MODUL, 16(2), 94-100. Https://doi.org/10.14710/mdl.16.2.2016.94-100.
Bitner, M. J. (1992). Servicescapes: The Impact of Physical Surroundings on Customers and Employess. Journal of Marketing, 56(April), 57-71.
Berman, B., & Evans, J. R. (2010). Retail Management: A Strategic Approach (11th ed.). London: Pearson Education, Inc.
Blackmon, J. (2001). Expert Advice for Successful Restaurant Music. Journal of Restaurant & Foodservice Marketing, 4(2), 87-93.
Budiman, S. & Radyan, D. (2021). The Effect of Cafe Atmosphere on Purchase Decision: Empirical Evidence from Generation Z in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(4), 483-490.
Cabrian, S. (2021). Bagaimana Kedai Kopi Ohayou Meningkatkan Proses Keputusan Pembelian Konsumen di Kota Bandung. JAB: Jurnal Administrasi Bisnis, 17(1), 40-60.
Creswell, J. W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dharma, A. W. (2013). Store Atmosphere Sebagai Stimuli Minat Beli Konsumen Generasi Y. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen: JUMMA, 2(4).
Dhillon, J. K., Nadhilah, N., Veronica, N. & Widyani, A. I. (2018). Pengaruh Elemen Interior terhadap Kenyamanan Pengunjung Kaitannya dengan Gaya Hidup Modern di Ardent Cofee Pesanggrahan Jakarta Barat. Mezanin: Jurnal Ilmiah Desain Interior, 1(1), 60-70.
Edyansyah, T., Ilham, R. N., Ahyar, J., Chalirafi, C., & Sullaida, S. (2022). The Effect of Cafe Atmosphere, Product Quality and Service Quality on Consumer Satisfaction at Premium Coffee Stations in Lhokseumawe City for The 2020-2021 Period. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(2), 1993-2003. Https://doi.org/10.31955/mea.v6i2.2539.
Gajanayake, R., Gajanayake, S. & Surangi, H.A.K.N.S. (2011). The Impact of Selected Visual Merchandising Techniques on Patronage Intentions in Supermarkets (Study Based on Colombo District). 2nd International Conference on Business and Economic Research (2nd Icber 2011) Proceeding, 1130-1154.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.
Hartawati, C. B. & Setiawan, A. P. (2016). Perancangan Interior Cafe Edukasi dan tempat Wisata Di Surabaya. Jurnal Intra, 4(2), 239-252.
Hawes, B. K., Brunye, T. T., Mahoney, C. R., Sullivan, J. M. & Aall, C. D. (2012). Effects of Four Workplace Lighting Technologies on Perception, Cognition and Affective State. International Journal of Industrial Ergonomics, 42(1) 122-128.
Hoffman, K.D. & Turley, L.W. (2002). Atmospherics, Service Encounters and Consumer Decision Making: An Integrative Perspective. Journal of Marketing Theory and Practice, 10(3), 33-47.
Khoirul, M., Yudana, G. & Rahayu, P. (2019). Faktor Utama Pemilihan Lokasi Kafe di Kota Surakarta. Desa Kota, 1(2), 108-120.
Lee, A. H., Guillet, B. D. & Law, R. (2016). Tourists’ Emotional Wellness and Hotel Room Colour. Current Issues in Tourism, 21(8), 856-862.
Lestari, L. & Alhamdan, M. R. (2014). Penerapan Material Kaca dalam Arsitektur. Langkau Betang, 1(2), 30-42.
Kotler, P. (1973). Atmospherics as A Marketing Tool. Journal of Retailing. 49(4), 48–64.
Liu, Y. & Jang, S. (2009). The Effects of Dining Atmospheric: An Extended Mehrabian–Russell Model. International Journal of Hospitality Management, 28(4), 494-503.
Mishra, A. (2013). Business model for Indian retail sector: The Cafe Coffee Day case in conversation with V.G. Siddhartha, Chairman, Coffee Day. IIMB Management Review, Vol. 25, 160-170.
Nofiawaty, N. & Beli, Y. (2014). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Outlet Nyenyes Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 12(1).
North, A. C. & Hargreave, D. J. (1998). The Effect of Music on Atmosphere and Purchase Intentions in a Cafeteria. Journal of Applied Social Psychology, 28(24), 2254-2273.
Nurjanah, N., Kresnowati, L. & Mufid, A. (2014). Gangguan Fungsi Paru dan Kadar Cotinine Pada Urin Karyawan yang Terpapar Asap Rokok Orang Lain. KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 43-52.
Nurmalasari, E. & Agustin, H. (2019). Peran Pokdarwis dalam Pembinaan Perilaku Buang Sampah pada Wisatawan (Studi Kasus Di Pantai Goa Cemara, Kabupaten Bantul, D.I.Y). Bachelor Thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Ozkul, E., Boz, H. & BilgiliWhat, B. (2020). Colour and Light Do in Service Atmospherics: A Neuro-Marketing Perspective. Advances in Culture, Tourism and Hospitality Research, Vol. 16, 223–244. DOI: 10.1108/S1871-317320190000016022.
Pramatatya, V., Najib, M. & Nurrochhmat, D. R. (2015). Pengaruh Atmosfer Kedai Kopi Terhadap Emosi dan Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 12(2), 126-136.
Pujiyanti, D. W., Prasetyo, V. W. T. & Windyaningrum, T. L. (2022). Analisis Peluang dan Perancangan Usaha Korean Cafe di Kota Madiun. Seminar Nasional Teknik Industri Waluyo Jatmiko 2022, 38-42.
Purnomo, A. K. (2017). Pengaruh Cafe Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Gen Y pada Old Bens Cafe. Jurnal Manajemen Maranatha, 16(2), 133-212.
Puspoyo, A. C., Setiawan, A. P. & Wondo, D. (2015). Perancangan Interior Kafe dan Resto The Historic Of Blitar. Jurnal Intra, 3(2), 80-91.
Putra, I. E., Asrini, A. & Veronica, D. (2022). Pengaruh Desain Interior dan Penampilan Karyawan terhadap Keputusan Pembeli Konsumen Dine dan Chat Kafe and Resto Jambi. Develop, 6(1), 47-68.
Putri, D. N. & Deliana, Y. (2019). Perbedaan Preferensi Konsumen Generasi Z antara Coffee Shop Besar dan Coffee Shop Kecil di Kecamatan Coblong Kota Bandung. MIMBAR AGRIBISNIS: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 77-89.
Riaz, H. & Mazhar, A. (2015). Effect of Store Atmosphere on Consumer Purchase Intention. International Journal of Marketing Studies, 7(2), 35-43.
Rizqiawan, H., & Prihantono, D. (2020). Analisis Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan: Perbandingan pada Modern Retail Minimarket dengan Toko Kelontong di Kota Surabaya. Jurnal Manajerial Bisnis, 3(3), 201–210. https://doi.org/https://doi.org/10.37504/mb.v3i3.256.
Rizky, R. (2021). Bisnis Kafe serta F&B Terus Bertumbuh di Surabaya. https://www.jawapos.com/surabaya/12/10/2021/bisnis-cafe-serta-fb-terus-bertumbuh-di-surabaya/.
Saputra, J., & Kusumaningrum, A. (2022). Analisis SWOT Penggunaan Media Online Instagram sebagai Alat Promosi di Cafe Kopipapi Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(3), 1802-1818. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2542
Sany, Y. K. & Isfiaty, T. (2018). Peran Warna Dalam Interior yang Bertema Futuristik (Studi Kasus: Interior Maxxi Museumkarya Zaha Hadid). Waca Cipta Ruang: Jurnal Ilmiah Desain Interior, 4(1), 275-281.
Sholihah, I. A. (2020). Pengaruh Suasana Cafe dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen di Merdeka Cafe Nganjuk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(1), 750-756.
Siswanto, C. & Setiawan, A. P. (2015). Persepsi VisualPengunjung terhadap Elemen Interior Stilrod Cafe di Surabaya. Jurnal Intra, 3(2), 143-150.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarno, G. & Nirawati, L. (2016). Kontribusi Human Capital dan Customer Capital dalam Menggapai Kinerja Cafe dan Resto di Surabaya. Jurnal Ilmu Sosial, 15(2), 137-149.
Soekresno, S. (2000). Manajemen Food and Beverage. Edisi ke II. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Surdarto, M. (20170. Peluang Usaha IKM Kopi. Jakarta: Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.
Susanti, A., Dewi, P. S. T. & Putra, I. W. Y. A. (2021). Desain Interior Coffee Shop di Denpasar dan Loyalitas Konsumennya: Generasi Y dan Z. Waca Cipta Ruang: Jurnal Ilmiah Desain Interior, 7(1), 1-17.
Tiro, M. A., Sukarna, & Aswi. (2006). Analisis Faktor (Cetakan Pertama). Makassar: Andira Publisher.
Tirta, A., Tjahjadi, V. & Harianto, A. (2018). Faktor-Faktor yang Mendorong Mahasiswa untuk Berkunjung ke The Lounge and Cafe Universitas Kristen Petra. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 6(2), 255-268.
Turley, L. W. & Milliman, R. E. (2000). Atmospheric Effects on Shopping Behavior: A Review of the Experimental Evidence. Journal of Business Research, 49(2), 193–211.
Wardhani, F. K.& Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Pada Pelanggan Coffee Shop Rustic Market Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 510-521.
Weimar, D., Deutscher, C. & Decker, R. (2020). The Sales Effect of In-Store Product Displays: The Special Case of Total Product Relocation. Journal of Business and Retail Management Research, 15(1), 1-14.
Wicaksono, R., Saroh, S & Zunaida, D. (2021). Analisis Pengaruh Physical Evidence, Price Discount, People dan Packaging Terhadap Impulse Buying pada Produk Kuliner. JIAGABI: Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, 10(1), 64-74.
Widarti, P. (2019). Pertumbuhan Kafe & Restoran di Surabaya Dongkrak Pendapatan Daerah.Https://surabaya.bisnis.com/read/20190613/532/933444/pertumbuhan-cafe-restoran-di-surabaya-dongkrak-pendapatan-daerah.
Widiantoro, B., Widjaja, R. R. & Nugroho, A. (2015). Pengaruh Pencahayaan pada Bangunan di Malam Hari terhadap Pembentukan Persepsi Pengguna Jalan di Kawasan Retail Kota Semarang. Prosiding Temu Ilmiah IPLBI 2015, 23-30.
Yupardhi, T. H. & Noorwatha, I. K. D. (2019). Instagrammable Interior: Studi Preferensi Tampilan Estetik dan Kreatif Interior Tempat Kuliner untuk Generasi Milenial (Instagrammable Interior: Aesthetics Appeal Preference Study of Culinary Places Interior for Millenial Generation). Seminar Nasional Sandyakala 2019, 46-55.
Zein, A. O. S., Agvirafani, R. & Hanani, S. (2014). Tinjauan Pencahayaan dan Penggunaan Material pada Desain Interior Cafe Hummingbird Eatery Jalan Progo Bandung. Jurnal Rekajiva, 2(1), 1-12.
Published
2023-04-23
How to Cite
Rizqiawan, H., & Novianto, I. (2023). PERSEPSI PELANGGAN PADA ASPEK ATMOSFER BISNIS KAFE DI SURABAYA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 628-652. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2613