STRATEGI PEMASARAN DENGAN PEMANFAATAN FENOMENA VIRAL DAN KOMUNIKASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH MELALUI SOSIAL MEDIA DI INDONESIA

  • Mona Karina Universitas M.H. Thamrin
  • Fery Hernaningsih Universitas M.H. Thamrin
  • Rinto Rivanto Universitas M.H. Thamrin

Abstract

Meningkatnya kecepatan internet di negara Indonesia menyebabkan peningkatan dalam melakukan media sosial di Indonesia. Hal ini kemudian meningkatkan potensi dalam iklan di sosial media. Penelitian ini kemudian dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat mengenai bagaimana fenomena viral dan komunikasi electronic word of mouth (E-WOM) dapat digunakan sebagai strategi pemasaran di media sosial. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi literatur. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa potensi dari internet sangat tinggi, sehingga pemanfaatan media sosial sebagai media untuk beriklan perlu dimaksimalkan. Kemudian memilih media sosial yang tepat di waktu yang tepat dapat membantu untuk menemukan calon pembeli yang lebih potensial dan lebih baik dibandingkan dengan melakukan pengiklanan tradisional. Fenomena viral dan juga komunikasi E-WOM sangat memiliki keuntungan yang cukup tinggi untuk digunakan sebagai strategi pemasaran di Indonesia.

References

Amanah, D., & Harahap, D. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Perusahaan Terhadap Kesadaran Merek Pelanggan. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 11(3), 207-216.
Andreas, R., & Arymami, D. (2022). Hasrat Konsumsi Virtual dalam Permainan Daring Mobile Legends: Perspektif Deleuze dan Guattari. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 8(2), 209-242.
Anggara, S., & Pratama, H. S. (2022). Masyarakat Jejaring, Media Sosial, dan Transformasi Ruang Publik: Refleksi Mengenai Fenomena Arab Spring dan “Teman Ahok”. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 9(3), 5.
Anugrah, R. J. (2020). Efektifitas penerapan strategi online marketing oleh umkm dalam masa pembatasan sosial berskala besar (psbb) corona viruses disease 2019 (covid-19). Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 55-65.
Anwar, F., & Rahim, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Tematik Pada Pembelajaran Secara Daring Kelas 5 Madrasah Ibtidayah Persatuan Umat Islam Haurkolot. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(1), 49-64.
Arindita, R. (2019). Personal Branding Mom-Influencer dan Representasi Ibu Millenial di Media Sosial. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 11-24.
Asse, R. A. A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank Di Makassar). KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 219-231.
Darmayanti, L. P. E., & Abiyasa, A. P. (2022). Adaptasi Social Media Marketing sebagai Strategi Mempertahankan Eksistensi di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 13(2), 252-266.
Dimitha, D. V., Ibrahim, A., & Ahmadsyah, I. (2021). Analisis Persepsi Nasabah terhadap Strategi Pemasaran Bank Aceh Syariah di Kota Banda Aceh. Journal of Sharia Economics, 2(1), 42-58.
Fadhilah, F., & Saputra, G. G. (2021). Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z. INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen, 17(3), 505-512.
Geisfarad, H. (2022). Pengaruh Jingle Iklan Gulaku Terhadap Brand Awareness Audience Ibu-Ibu Arisan Komplek Meruya–Jakarta Barat. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(01).
Himawan, A. F. I. (2019). Digital marketing: peningkatan kapasitas dan brand awareness usaha kecil menengah. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 17(2), 85-103.
Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kemampuan Softskill Dan Hardskill Bidang Keahlian Pemasaran Pada Siswa Jurusan Pemasaran Smk Nuris Hidayat Desa Curahnongko, Kec. Tempurejo Kab. Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 34-40.
Lasmi, A., & Yusrizal, Y. (2022). Personal Selling Dalam Meningkatkan Penjualan Polis Asuransi PT Prudential Life Assurance Syariah Cabang Binjai. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(6), 1199-1205.
Maualana, H. F. (2018). Strategi Di Media Sosial Dalam Meningkatkan Promosi Pariwisata Di Kabupaten Muna. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 26-34.
Maulana, A., Sadikin, M., & Izzuddin, A. (2018). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Inventaris Berbasis Web Di Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi–BPPT. Setrum: Sistem Kendali-Tenaga-Elektronika-Telekomunikasi-Komputer, 7(1), 182-196.
Miati, I., & Tresna, P. W. (2020). Bauran Pemasaran Pada Batik Gendheis Kota Banjar. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 5(2), 129-143.
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1-20.
Permana, R. S. M., & Suzan, N. (2018). Menelisik Industri Dan Struktur Pasar Media Massa Di Indonesia. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 8(2).
Santoso, T. I. (2021). Media Sosial Dalam Konteks Data Kependudukan Di Era Prosumsi Digital. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(02).
Sari, J. I., & Susilo, J. (2021). Strategi Bertahan Cafe Melalui Pendekatan Integrated Marketing Communication di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 117-130.
Satria, F., & Munggaran, N. R. D. (2022). Komunikasi Pemasaran Paket Data Internet Freedom. Dialog, 7(1), 53-79.
Sofiyawati, N., & Halimah, S. N. (2022). Perilaku Muzakki dalam Menyalurkan Zakat di Era Digital. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 22(1), 45-64.
Sya’bana, A., Sutanto, A., & Asakdiyah, S. (2019). Pengaruh Biaya Promosi Dan Periklanan Pada Pt. Papua Pasifik Permai Jayapura (Studi Kasus Periode 2014–2017). Jurnal AKSI (Akuntansi dan Sistem Informasi), 4(1).
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2022-10-24
How to Cite
Karina, M., Hernaningsih, F., & Rivanto, R. (2022). STRATEGI PEMASARAN DENGAN PEMANFAATAN FENOMENA VIRAL DAN KOMUNIKASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH MELALUI SOSIAL MEDIA DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 924-942. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2506