ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DISTRIBUSI DAN MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN
Abstract
Masa pandemi covid-19 berdampak pada ketatnya persaingan level minimarket, namun dengan situasi tersebut berdiri unit usaha minimarket baru yang dipelopori oleh Suara Muhammadiyah dengan nama LOG-Mart. Sejak dirintis pada tahun 2020 hingga saat ini, jumlah gerai terus bertambah hingga kini mencapai 63 gerai. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian tentang variabel apa saja yang mempunyai pengaruh terhadap minat beli konsumen pada unit usaha LOG-Mart. Variabel yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah kualitas produk, harga, distribusi, dan merek. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen LOG-Mart yang pernah melakukan pembelian lebih dari satu kali. Data diolah dan dianalisis dengan rumus regresi berganda menggunakan SPSS. Hasilnya adalah variabel kualitas produk, distribusi dan merek mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat beli konsumen. Sedangkan variabel harga tidak mempunyai pengaruh terhadap minat beli konsumen.
References
Amailia, Suri, and M. Oloan Asmara. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa.” Jurnal Manajemen dan Keuangan Unsam 6(1): 660–69.
Aptaguna, Angga, and Endang Pitaloka. 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek.” Widyakala Journal 3: 49–56.
Arifin, Endro, and Achmad Fachrodji. 2015. “Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Ban Achilles Di Jakarta Selatan.” Jurnal MIX 5(1): 124–43.
Batu, Reminta Lumban, Nine Inten Suryani, Nita Septia, and Priska Febiola Sekaryahya. 2020. “Pengaruh Harga Dan Inovasi Layanan Aplikasi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Taksi Express: Survei Pada Pengunduh Aplikasi Express Taxis.” Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM 1(01): 1–22.
Dennisa, Eugenia Andrea, and Suryono Budi Santoso. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang).” Diponegoro Journal of Management 5(3): 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr.
Dewi, Putu Sundari Aprelia, and Ni Wayan Sri Suprapti. 2018. “Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Yang Dipengaruhi Oleh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Citra Merek (Studi Pada Produk Smartphone Merek Oppo).” Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan 12(2): 87.
Herawati, Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti, and Kardoyo. 2019. “Predicted Purchasing Decisions from Lifestyle , Product Quality and Price Through Purchase Motivation.” 8(1): 1–11.
Kotler, Philip, and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kusuma, Rizal Wahyu, and Suwitho. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 4(12): 1–17. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3143.
Listyoningrum, Anggit, and Albari Albari. 2012. “Analisis Minat Beli Konsumen Muslim Terhadap Produk Yang Tidak Diperpanjang Sertifikat Halalnya.” Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam 2(1): 40–51.
Mariadi, Ludfi, and Havidz Aima. 2014. “Pengaruh Brand Equity, Persepsi Harga Dan Distribusi Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Pakaian Merek Old Blue Company.” Journal of Chemical Information and Modeling 4(1): 42–56.
Negara, A.A Ngurah Diantara Esa, Zainul Arifin, and Inggang Perwangsa Nuralam. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Minat Beli.” 61(2): 202–9.
Pahlevi, Reza. 2021. “Nilai Penjualan Retail Minimarket Lampaui Supermarket Dan Hypermarket Pada 2020.” databoks.katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/24/nilai-penjualan-retail-minimarket-lampaui-supermarket-dan-hypermarket-pada-2020 (August 28, 2022).
———. 2022. “Gerai Hypermarket Di RI Terus Berkurang Sejak Pandemi.” databoks.katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/15/gerai-hypermarket-di-ri-terus-berkurang-sejak-pandemi (July 17, 2022).
Prasetya, Ibnu Stiki, and Nurul Widyawati. 2016. “Pengaruh Produk, Harga, Saluran Distribusi, Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Kukubima Ener-G.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5(7): 1–15.
Purnamasari, Widya, Ahadiati Rohmatiah, and Mintarti Indartini. 2021. “Pengaruh Harga, Promosi Dan Saluran Distribusi Semen Gresik Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Di Distributor PT Abadi Putera Wirajaya).” EKOMAKS Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi 10(1): 40–50.
Rizky, Muhammad Fakhru, and Hanifa Yasin. 2014. “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia SEI Mencirim Medan.” Jurnal Manajemen dan Bisnis 4(02): 135–43.
Saidani, Basrah, and Samsul Arifin. 2012. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market.” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia 3(1): 1–22.
Satria, Arief Adi. 2017. “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36.” Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis 2(1).
Sayyida, Sri Hartini, Sri Gunawan, Syarief Nur Husin. 2021. “The Impact of the Covid-19 Pandemic on Retail Consumer Behavior.” Agribusiness 37(1): 108–21.
Sembiring, Inka Janita, Suharyono, and Andriani Kusumawati. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan McDonaldâs MT.Haryono Malang).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 15(1).
Suharto, Clifen A.A, Altje L. Tumbel, and Irvan Trang. 2016. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Daya Tarik Iklan Terhadap MInat Beli Konsumen Pada PT. Remaja Jaya Mobilindo Manado.” Jurnal EMBA 4(3): 209–21.
Sukma, A, N Hermina, and D Novan. 2020. “Pengaruh Produk, Distribusi Dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Produk Umkm Binaan Kadin Jabar Pada Situasi Covid-19.” Manners 3(2): 91–102. http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/355.
Suyono, AG., Sri Sukmawati, and Pramono. 2012. Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Jasa. Jakarta: Intidayu Pres.
Tjia, Heru Sucianto, Suharno, and M.Amin Kadafi. 2017. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian.” 14(2): 92–97.
Tjiptono, Fandy, and Anastasia Diana. 2020. Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Wijaya, Mohamad H.P. 2013. “Promosi, Citra Merek, Dan Saluran Distribusi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Terminix Di Kota Manado.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1(4): 105–14.
Wirayanthy, Noverita, and Singgih Santoso. 2019. “Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara 1(1): 87–96.
Yustiawan, Ody. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Vario.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5(2): 1–20.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.